Anak Rambut Mempersulit Hairstyling? Ini Dia Solusinya


Anak rambut atau baby hair adalah rambut tipis yang terkadang tumbuh di sekitar garis tepi rambut. Tekstur anak rambut di dahi atau tengkuk berbeda dengan rambut lainnya karena lebih ringan dan sulit diatur. Meski namanya baby hair, anak rambut biasanya muncul ketika seseorang menginjak usia dewasa. Bukan hanya di kepala, anak rambut juga bisa tumb

0,0
27 Oct 2021|Azelia Trifiana
Anak rambutAnak rambut lebih sulit ditata dibandingkan rambut panjang
Anak rambut atau baby hair adalah rambut tipis yang terkadang tumbuh di sekitar garis tepi rambut. Tekstur anak rambut di dahi atau tengkuk berbeda dengan rambut lainnya karena lebih ringan dan sulit diatur.
Itulah mengapa, banyak orang inin tahu cara mengatasi anak rambut yang berdiri. Sebab, bisa saja rambut sudah tertata rapi tapi menjadi berantakan karena ada anak rambut.

Fakta seputar anak rambut

Meski namanya baby hair, anak rambut biasanya muncul ketika seseorang menginjak usia dewasa. Bukan hanya di kepala, anak rambut juga bisa tumbuh di dada, tangan, dan juga kaki.Namun biasanya ketika orang menyebut anak rambut, itu adalah yang tumbuh di pelipis, dahi, tengkuk, dan di atas telinga. Adanya anak rambut ini membuat tepian rambut menjadi tidak beraturan.Bahkan, menata rambut bisa jadi lebih sulit karena anak rambut cenderung tidak bisa ditata dengan alat catok atau blow dry.Namun sebenarnya, ada manfaat dari tumbuhnya anak rambut, seperti:
  • Melindungi kulit dari iritasi
  • Menahan keringat
  • Menjaga tubuh tetap hangat
Lebih jauh lagi, ketebalan, warna, dan kekuatan anak rambut berbeda-beda antara satu orang dan lainnya. Pada sebagian orang, anak rambut hanya akan terlihat saat berada di bawah cahaya terang dan jarak dekat.Struktur dari vellus atau anak rambut sebenarnya sama dengan rambut lainnya. Keduanya tumbuh dari folikel rambut. Setiap folikel mengandung kelenjar yang mengeluarkan sebum. Inilah zat semacam minyak yang membuat kulit dan rambut tetap lembut.

Pola pertumbuhan rambut

Selain anatomi rambut, menarik pula melihat bagaimana pola pertumbuhan rambut – baik yang utama maupun anak rambut – pada seseorang. Tahapannya bisa berupa:
  • Anagen

Periode pertumbuhan rambut aktif, yaitu saat rambut tumbuh lebih panjang. Sementara anak rambut biasanya memiliki fase anagen lebih singkat.
  • Katagen

Periode transisi ketika folikel rambut mengalami transisi dan membatasi sirkulasi darah. Pada fase ini, rambut cenderung lebih mudah rontok.
  • Telogen

Periode istirahat ketika rambut sama sekali tidak tumbuhSetiap individu pasti akan mengalami rambut tumbuh pada ketiga fase tersebut. Itulah mengapa terkadang rambut bisa tumbuh segera setelah tercabut, namun ada kalanya perlu waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Cara mengatasi anak rambut yang berdiri

Ada beberapa cara menghilangkan anak rambut atau mengatasi anak rambut yang berdiri, yaitu dengan:
  • Menata rambut mengikuti arah tumbuhnya anak rambut, bukan melawan arah
  • Gunakan hair gel atau sedikit air untuk menarik anak rambut dan menyisirnya
  • Menggunakan jepit atau bobby pins, tata rambut agar menutupi babyhair sehingga tidak terlalu terlihat
  • Buat rambut ikal yang melingkari wajah sehingga anak rambut tidak terkesan mencuat
  • Gunakan sisir khusus untuk membuat anak rambut mengikuti bentuk rambut, utamanya bagi yang memiliki rambut keriting
  • Ketika mengepang rambut, tak perlu melibatkan anak rambut karena akan membuat kepangan menjadi kurang rapi

Cara menghilangkan anak rambut

Selain mencoba beberapa teknik mengatasi anak rambut yang berdiri, Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan anak rambut. Salah satunya bisa dengan waxing. Sayangnya, apabila untuk menghilangkan anak rambut di dahi atau tengkuk, sulit mendapat hasil rapi dengan waxing.Opsi lainnya bisa dengan menggunakan laser. Bukan hanya menghilangkan anak rambut, metode ini juga akan mengubah penampilan tepian rambut secara permanen.Namun perlu diingat bahwa metode laser hanya akan menghilangkan beberapa anak rambut. Sementara anak rambut lain yang lebih pendek, berwarna pucat, dan sangat halus bisa saja kembali tumbuh.

Catatan dari SehatQ

Adanya anak rambut di dahi, tengkuk, atas telinga, atau bagian tubuh lainnya adalah hal yang normal. Bahkan, ada manfaat dari adanya anak rambut ini. Hanya saja, terkadang orang mengeluhkan keberadaannya karena mempersulit proses menata rambut.Tapi, ada beberapa cara mengatasi anak rambut yang berdiri. Jika sama sekali tidak menginginkan pun, metode seperti waxing dan laser juga bisa menjadi cara menghilangkan anak rambut.Untuk berdiskusi lebih jauh seputar kapan anak rambut dikatakan tumbuh berlebihan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkulit dan kecantikankesehatan rambut
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-baby-hairs
Diakses pada 11 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319881#takeaway
Diakses pada 11 Oktober 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/cosmetic/hair-removal/laser-hair-removal-faqs
Diakses pada 11 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait