logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

8 Cara Menghilangkan Sifat Pemalu agar Lebih Percaya Diri

open-summary

Terdapat banyak cara menghilangkan sifat pemalu yang bisa dicoba, seperti mencari tahu sumber perasaan malu, menyelidiki pemicu rasa malu, hingga belajar untuk senyum.


close-summary

4.2

(5)

12 Nov 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

cara menghilangkan sifat pemalu

Ada banyak cara menghilangkan sifat pemalu, salah satunya belajar untuk tersenyum.

Table of Content

  • 8 cara menghilangkan sifat pemalu yang dinilai ampuh

Perasaan malu dianggap sebagai suatu hal yang manusiawi. Akan tetapi, jika rasa tersebut terjadi secara berlebihan, berbagai aspek di dalam kehidupan dapat terganggu, seperti karier, kesehatan, hingga persahabatan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan sifat pemalu?

Advertisement

8 cara menghilangkan sifat pemalu yang dinilai ampuh

Rasa malu dipercaya dapat menutup banyak peluang di dalam hidup. Sebab, perasaan ini bisa membuat seseorang menghindari situasi publik hingga berbicara dengan orang lain.

Kabar baiknya, rasa malu dapat diatasi. Berikut adalah berbagai cara agar tidak malu dan percaya diri yang bisa diterapkan kepada anak-anak atau orang dewasa.

1. Melatih diri untuk tersenyum

Ternyata, tersenyum dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan sifat pemalu yang manjur, khususnya pada anak-anak. Pasalnya, tersenyum dapat berdampak baik pada suasana hati Anda.

Di dalam sebuah studi yang dimuat dalam situs American Psychological Association, tersenyum dapat membantu anak-anak mengatasi rasa malu dan kecemasan sosial di dalam situasi menakutkan.

2. Berbicara dengan teman

Cara agar tidak malu dan percaya diri selanjutnya adalah berbicara dengan teman sambal menatap matanya.

Bagi seseorang yang pemalu, mungkin hal ini dapat terasa menakutkan. Namun, cobalah cari teman dekat yang dapat Anda percaya dan bicaralah kepadanya.

Dikutip dari Psych Central, inisiatif untuk memulai pembicaraan dan mengekspresikan diri kepada teman dapat membantu Anda mengatasi rasa malu dan kecemasan sosial.

Dengan begitu, Anda pun bisa merasa lebih nyaman dan terbiasa untuk memulai percakapan dengan orang lain.

3. Cari tahu sumber perasaan malu yang dirasakan

Cara mengubah sifat pemalu jadi pemberani dapat dilakukan dengan mencari tahu sumber perasaan malu yang Anda rasakan.

Ketika Anda sudah mengetahui akar dari rasa malu yang ada di dalam diri, Anda dapat lebih mudah mencari tahu solusinya.

Misalnya, terdapat satu momen traumatis yang membuat Anda malu. Cobalah untuk melupakan momen tersebut dan pelajari kesalahan apa yang Anda lakukan pada momen tersebut.

Cara ini juga bisa diaplikasikan pada anak yang mungkin pernah terlibat dalam situasi memalukan di sekolahnya. Bantu anak untuk belajar dan melupakan momen tersebut, serta minta si kecil belajar dari kesalahannya.

Cara melatih mental anak agar berani ini dinilai efektif supaya ia bisa melupakan masa lalunya dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

4. Mengidentifikasi pemicu rasa malu yang dirasakan

Setiap orang memiliki pemicu rasa malunya masing-masing, seperti berbicara di depan publik, berhadapan dengan atasan, atau mengajak seseorang untuk makan malam.

Pada anak-anak, pemicu rasa malunya dapat berupa masuk ke sekolah baru atau membacakan puisi di depan teman-temannya.

Ketika Anda atau anak sudah mengetahui apa pemicu rasa malu, Anda dapat melatih diri untuk menghadapi situasi tersebut. Cara mengatasi anak pemalu dan penakut ini diharapkan dapat membantu si kecil dalam melawan rasa malunya.

5. Mengeksplor bakat dan kelebihan diri

Terkadang, rasa malu yang dirasakan anak-anak atau orang dewasa bisa datang akibat merasa tidak percaya diri dengan kekurangan yang dimiliki.

Cara mengatasi anak pemalu dan penakut yang bisa dicoba adalah mengeksplorasi bakat dan kelebihan diri. Mintalah bantuan teman atau keluarga untuk mengutarakan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh anak Anda.

Cara mendidik anak yang pemalu dan penakut ini diharapkan bisa membuat si kecil lebih percaya diri terhadap apa yang ia miliki.

6. Ajak orang terpercaya pada situasi tertentu

Ketika Anda atau anak merasa malu saat harus datang ke sebuah pesta atau pertemuan penting, Anda dapat membawa orang-orang tepercaya untuk ikut, seperti sahabat, keluarga, atau pasangan.

Cara menghilangkan sifat pemalu ini dipercaya dapat membuat Anda lebih percaya diri dalam menghadapi situasi sosial.

Lambat laun, Anda diharapkan dapat terbiasa dan tidak perlu lagi mengajak orang lain saat harus mendatangi acara-acara tersebut di lain kesempatan.

7. Melatih kemampuan bersosialisasi

Salah satu penyebab anak pemalu yang perlu diatasi adalah minimnya kemampuan bersosialisasi. Untuk mengatasinya, orangtua perlu lebih getol lagi dalam mengajaknya berkomunikasi.

Jika memang anak belum siap untuk mempraktikkan kemampuan sosialnya di tengah masyarakat, ajaklah ia berlatih di dalam rumah. Jadikan orangtua sebagai lawan bicaranya.

Jika anak sudah merasa nyaman dan siap, barulah Anda boleh 'mengujinya' di tengah masyarakat. Cara melatih mental anak agar berani ini dinilai ampuh menumbuhkan sifat percaya diri di dalam diri si kecil.

Perlu diketahui, anak pemalu menurut para ahli dapat mengalami kekurangan percaya diri, merasa ragu akan kemampuannya, dan berpikiran bahwa mereka tidak sebaik anak-anak yang lain. Sebagai orangtua, bantulah mereka untuk menyingkirkan berbagai hal tersebut.

8. Berikan hadiah pada diri sendiri

Jika Anda sudah berhasil mengalahkan rasa takut dan malu, tak ada salahnya memberikan hadiah untuk diri Anda sendiri. Hal ini dapat memotivasi Anda untuk lebih percaya diri lagi saat harus berhadapan dengan situasi sosial.

Cara mengubah sifat pemalu jadi pemberani ini juga bisa dipraktikkan pada anak supaya ia bisa lebih semangat dalam mengalahkan rasa malunya.

Hadiah yang dimaksud tidak melulu berupa materi. Makan di restoran favorit, menonton film di bioskop, atau jalan-jalan ke pusat perbelanjaan dapat menjadi hadiah berarti bagi diri Anda.

Baca Juga

  • Film Anak-anak Ini Cocok Ditonton Bersama Si Kecil di Rumah
  • 6 Bahaya Posisi Duduk W yang Tak Disarankan untuk Anak Kecil
  • Berbagai Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil yang juga Baik Bagi Janin

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingibu dan anakkesehatan anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved