Kenali Ciri Down Syndrome dan Perawatan yang Dibutuhkan

Anak dengan sindrom down, direkomendasikan menjalani beberapa perawatan khusus.
Anak dengan down syndrome, memerlukan sejumlah perawatan khusus.

Jika anak Anda terlahir dengan down syndrome, Anda tentu ingin membuat pilihan terbaik untuk perawatan mereka agar dapat membantu si kecil tumbuh dengan baik. Para dokter meyakini bahwa anak-anak yang lebih dini mendapatkan perawatan, maka kemungkinan mereka untuk hidup sesuai potensi maksimal mereka akan semakin besar.

Anak Anda mungkin memerlukan bantuan dengan cara yang berbeda, dari merangkak dan berjalan ke berbicara serta belajar cara bersosialisasi. Anak down syndrome mungkin juga perlu perhatian ekstra di sekolah. Selain itu, anak pun mungkin memiliki masalah medis yang memerlukan perawatan teratur.

Intervensi Dini untuk Down Syndrome

Program-program pelayanan bagi anak yang berusia 3 tahun ke bawah dapat meningkatkan pertumbuhan fisik dan mental anak down syndrome. Mereka biasanya memiliki terapis dan guru yang dilatih khusus untuk membantu anak-anak mempelajari berbagai keterampilan, seperti halnya:

  • Makan dan berpakaian sendiri
  • Berguling, merangkak, dan berjalan
  • Bermain dan berada di sekitar banyak orang
  • Berpikir dan menyelesaikan masalah
  • Bicara, mendengar, dan memahami orang lain

Banyak anak dengan down syndrome bersekolah di lingkungan yang sama dengan anak-anak lain. Ini bisa menjadi hal yang baik bukan hanya untuk anak Anda, tetapi untuk anak-anak lain juga.

Anak Anda juga memiliki hak untuk bersekolah di sekolah umum agar mereka mendapatkan pendidikan terbaik yang bisa mereka dapatkan, terlepas dari tantangan yang mungkin dihadapinya.

Sebagai bagian dari upaya ini, lebih baik Anda bekerjasama dengan sekolah untuk mengembangkan program pendidikan individual (IEP). Hal ini membantu memastikan anak Anda mendapat dukungan yang sesuai dengan kebutuhannya, termasuk hal-hal seperti bekerja sama dengan spesialis membaca atau ahli terapi bicara.

Sekolah umum mungkin sesuai untuk banyak anak, namun perlu diketahui bahwa ada jenis sekolah lain yang lebih fokus pada kebutuhan anak-anak down syndrome. Dokter, terapis, dan guru anak Anda dapat membantu mencari tahu mana yang terbaik untuknya.

Perawatan untuk Anak Down Syndrome

Beberapa masalah kesehatan lebih sering terjadi pada anak-anak dengan down syndrome. Mungkin banyak anak tidak memiliki masalah-masalah tersebut, tetapi jika anak Anda memilikinya, Anda bisa mendapatkan perawatan bagi anak Anda untuk:

1. Kehilangan Pendengaran

Banyak anak-anak dengan down syndrome mengalami gangguan pendengaran pada satu atau kedua telinganya. Karena itu, anak Anda kemungkinan akan membutuhkan kunjungan rutin dengan dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) untuk mendeteksi masalah apapun sejak dini. Kadang-kadang masalah pendengaran pada anak down syndrome disebabkan oleh penumpukan cairan di telinga.

2. Masalah Penglihatan

Masalah dengan penglihatan juga sering terjadi. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter mata dan mungkin memerlukan kacamata, operasi, atau perawatan lainnya. Penting bagi anak Anda untuk mengikuti tes telinga dan mata, karena masalah penglihatan dan pendengaran dapat menyebabkan keterlambatan dalam belajar dan berbicara.

3. Masalah Jantung

Sekitar setengah bayi yang lahir dengan down syndrome memiliki masalah dengan bentuk jantung mereka atau cara kerjanya. Ada beberapa kondisi yang bahkan lebih serius daripada anak yang lain dan memerlukan pembedahan. Dalam kasus lain, anak Anda mungkin perlu meminum obat tertentu.

4. Sleep Apnea yang Mengganggu

Ini adalah kondisi ketika pernapasan seseorang berhenti dan memulai kembali beberapa kali saat mereka tidur. Biasanya, seorang anak dengan down syndrome mungkin akan dicek untuk melihat adanya indikasi sleep apnea pada usia 4 tahun. Selama pengecekan, dokter akan memeriksa untuk melihat apakah pernapasan anak Anda berhenti dan memulai kembali. Jika demikian, dia mungkin perlu memakai masker saat tidur. Masker terpasang ke mesin yang akan membantu anak bernapas secara normal. Kadang-kadang, tonsil dan adenoid yang lebih besar menyebabkan sleep apnea. Dalam hal ini, dokter Anda mungkin menyarankan operasi untuk mengangkatnya.

5. Leukemia

Anak-anak dengan down syndrome mengalami peningkatan 10 hingga 20 kali lipat untuk mengalami kanker darah ini. Namun risikonya masih 2% dan penyakit ini dapat disembuhkan.

6. Tiroid

Gangguan tiroid lebih banyak terjadi pada anak-anak dengan down syndrome.

7. Masalah Medis Lain

Anak Anda mungkin juga memiliki masalah lain yang kurang umum dan memerlukan perawatan, seperti:

  • Penyumbatan di Usus

    Beberapa bayi dengan down syndrome mengalami penyakit Hirschsprung, di mana bagian usus tersumbat. Gangguan medis ini dapat dirawat dengan operasi.
  • Infeksi

    Bayi dengan down syndrome juga memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah, sehingga mereka dapat lebih sering sakit. Tidak ada perawatan untuk ini.
  • Masalah Tiroid

    Tiroid menghasilkan hormon yang diperlukan tubuh Anda. Pada anak-anak dengan down syndrome, terkadang hormon yang dihasilkan tidak cukup. Jika hal ini terjadi, anak Anda mungkin perlu meminum obat untuk membantu.

Untuk mengantisipasi kondisi down syndrom pada bayi, wanita hamil disarankan menjalani pemeriksaan rutin. Kementerian Kesehatan menyatakan, usia wanita ketika hamil, ikut berpengaruh. Sebab, seiring bertambahnya usia, risiko terhadap kelainan kromosom, yang berkontribusi pada down syndrome. Pemeriksaan USG mampu mendeteksi adanya kelainan berupa Down Syndrome pada kehamilan trimester pertama.

WebMD. https://www.webmd.com/children/understanding-down-syndrome-treatment
Diakses pada Oktober 2018

Kementerian Kesehatan RI. http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin%20kelainan%20bawaan.pdf
Diakses pada 15 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed