Awas! Ciuman dari Orang Lain Bisa Sebabkan Herpes pada Bayi

Pada bayi, penularan herpes bisa terjadi selama proses kelahiran dan kontak langsung lainnya dengan penderita herpes.
Penderita herpes dengan cold sore di bibir, bisa menularkan penyakit itu pada bayi yang diciumnya.

Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV), dan sangat menular. Tidak hanya pada orang dewasa, herpes juga berpotensi dialami bayi. Penyakit ini dapat menjadi kondisi yang berbahaya apabila menyerang bayi, karena sistem imun tubuh yang belum terbentuk sempurna.

Penyebab herpes pada bayi bisa beragam, tergantung kondisi serta lingkungan di sekitarnya. Salah satunya, lewat ciuman dari orang lain Untuk itu, kewasapadaan mengenai herpes pada bayi perlu lebih ditingkatkan, agar anak Anda dapat terhindar dari kondisi ini.

[[artikel-terkait]]

Apa penyebab herpes pada bayi?

Seperti yang telah disebutkan, herpes disebabkan oleh virus HSV. Jenis virus HSV-1 umumnya akan mengakibatkan infeksi herpes di mulut. Sementara itu, jenis virus HSV-2 dapat menyebabkan infeksi herpes di alat kelamin.

Pada bayi, proses penularan herpes dapat berlangsung selama persalinan ibu, ketika bayi masih berada di kandungan, maupun menjelang kelahiran.  

1. Penularan saat di dalam kandungan dan proses kelahiran

Penyebab herpes pada bayi yang terinfeksi saat proses kelahiran dan saat dalam kandungan adalah karena Ibu yang menderita penyakit herpes genitalia (alat kelamin) untuk pertama kalinya pada 6 minggu terakhir kehamilan.

Risiko bayi tertular herpes akan muncul apabila proses kelahiran dilakukan secara normal. Sedangkan risiko tersebut akan menurun apabila sebelumnya ibu belum pernah menderita herpes.

Jika sedang mengandung dan memiliki riwayat penyakit herpes, maka Anda disarankan untuk memberitahukan kondisi ini kepada dokter. Apabila infeksi tersebut masih aktif menjelang persalinan, dokter mungkin akan menyarankan operasi Caesar, untuk mengurangi risiko penularan herpes ke bayi.

2. Penularan herpes pada bayi setelah dilahirkan

Penyakit ini juga dapat ditularkan melalui kontak antara penderita herpes yang memiliki lepuhan-lepuhan kecil (cold sores) dengan bayi. Contoh yang paling umum terjadi adalah ketika penderita herpes tersebut memiliki cold sores di bibir, kemudian tanpa menyadari bahayanya, mencium bayi karena merasa gemas.

Selain itu, penyebab herpes yang dialami bayi adalah paparan cold sore dari payudara ibu menyusui, kepada bayi. Cold sore pada payudara bisa terjadi setelah ibu memegang lepuhan kecil di area tubuh lain sebelumnya.

Bayi paling berisiko terkena herpes, pada empat minggu pertama setelah dilahirkan. Anda disarankan untuk tidak mencium bayi, apabila sedang memiliki cold sores untuk mengurangi risiko penularan.

Cara mencegah penularan herpes pada bayi

Jika pada area kemaluan Anda muncul lepuhan-lepuhan atau benjolan tertentu, konsultasikan kondisi tersebut kepada dokter. Bisa jadi, hal tersebut merupakan tanda infeksi herpes. Dengan begitu, dokter Anda akan dapat merencanakan tindakan pengobatan yang tepat.

Jika Anda sedang terinfeksi herpes dan muncul cold sores, maka lakukan hal berikut sebagai langkah pencegahan penularan pada bayi.

  • Jangan mencium bayi
  • Cuci tangan sebelum melakukan kontak dengan bayi
  • Cuci tangan sebelum menyusui dan tutupi lepuhan-lepuhan yang muncul, untuk menghindari risiko tidak sengaja menyentuh cold sores, lalu secara tidak sadar memegang payudara.

Herpes pada bayi perlu Anda waspadai. Pasalnya, penyakit ini begitu mudah ditularkan dan dapat berbahaya bagi kesehatan sang buah hati. Segera periksakan ke dokter, apabila Anda menemukan tanda maupun gejala herpes yang muncul pada anak, agar anak segera mendapatkan perawatan yang tepat dan efektif.

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/babies-and-cold-sores
Diakses 11 Februari 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/neonatal-herpes/
Diakses 11 Februari 2019

UT Southwestern Medical Centre. https://utswmed.org/medblog/herpes-simplex-pregnancy-baby/

Diakses 11 Februari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed