Anak 1 Tahun Susah Makan, Fase Wajar yang Bikin Orangtua Cemas

Penyebab anak 1 tahun susah makan bisa beragam karena tiap anak itu unik
Pada usia 1 tahun, anak memiliki kemampuan baru untuk menentukan kendali atas berbagai hal, termasuk menolak untuk makan

Tidak ada yang bisa memprediksi atau berharap anak terus menerus gampang makan. Bahkan, anak 1 tahun susah makan adalah salah satu fase yang hampir pasti dialami setiap orangtua. Namun tak perlu terlalu khawatir, itu adalah perilaku khas anak-anak.

Pada usia 1 tahun, anak memiliki kemampuan baru untuk menentukan kendali atas berbagai hal. Termasuk ketika anak 1 tahun susah makan, mereka sedang mempraktikkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara mandiri.

Reaksi anak 1 tahun susah makan

Anak 1 tahun susah makan sayur
Biasanya anak menolak makanan tertentu seperti sayur karena warna dan teksturnya

Penyebab anak 1 tahun susah makan bisa beragam karena tiap anak itu unik. Beberapa penyebab yang mungkin mendasari terjadinya fase ini adalah:

  • Tidak terbiasa mengonsumsi table foods atau makanan yang sama dengan seluruh keluarga
  • Sensitif terhadap tekstur tertentu
  • Sulit mengunyah karena masih dalam tahap belajar
  • Ada masalah medis yang mengganggu nafsu makan
  • Fase picky-eating yang normal

Ada banyak reaksi berbeda ketika anak 1 tahun susah makan. Bahkan, bisa saja fase yang biasa disebut GTM (gerakan tutup mulut) ini berlangsung sebelum atau setelah 1 tahun. Beberapa reaksi yang umum dilakukan adalah:

  • Menolak makanan tertentu berdasarkan warna atau teksturnya
  • Memilih jenis makanan baru dan hanya mau mengonsumsi makanan itu
  • Tidak mau mencoba makanan baru
  • Tidak tertarik lagi pada makanan yang sebelumnya jadi favorit
  • Hanya mau makan dengan sendok atau garpu

Cara mengatasi anak 1 tahun susah makan

Ajari anak makan sayur dengan memberinya contoh
Jadilah contoh dengan ikut serta makan bersama anak

Tentu memaksa anak agar mau makan bukan hal yang bijak karena justru bisa membuat mereka merasa waktu makan adalah hal yang menyiksa. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi anak 1 tahun susah makan:

1. Sesuaikan porsi

Sebisa mungkin, sesuaikan porsi dengan usia anak. Contohnya untuk anak berusia satu tahun, hanya perlu menghabiskan satu sendok makan dari tiap jenis makanan yang disajikan. Tak perlu memaksa mereka menghabiskan porsi besar karena justru rentan ditolak.

2. Tetap sabar

Tak sedikit yang mengatakan bahwa fase MPASI adalah fase yang lebih menguras kesabaran, dibandingkan dengan fase lain seperti menyusui. Jangan kehabisan ide untuk menawarkan makanan baru dari waktu ke waktu dengan cara semenarik mungkin. Jangan patah arang ketika berkali-kali memasak namun tidak juga mampu membuat si Kecil membuka mulut.

3. Ajak anak terlibat

Cara mengatasi anak 1 tahun susah makan lain adalah mengajak mereka berpartisipasi dalam kegiatan memasak atau menyiapkan makanan. Bahkan, hal ini bisa dilakukan sejak berbelanja ke supermarket. Biarkan mereka memilih apa yang ingin dimakan, termasuk mengajak mereka ikut sibuk di dapur.

4. Tampilan semenarik mungkin

Manusia adalah makhluk visual, begitu pula dengan anak-anak. Jangan kehabisan ide untuk membuat tampilan makanan menjadi menarik. Tentukan tema tertentu makanan mereka dengan bentuk yang lucu, atau beri julukan tertentu bagi tiap lauk yang ada di piring mereka.

5. Minta anak memilih

Lagi-lagi anak sedang berada di fase memiliki kontrol, jadi berikan mereka ruang untuk mengambil keputusan. Salah satu cara sederhana adalah dengan meminta anak memilih antara sayur brokoli atau wortel, hingga ayam atau ikan. 

6. Berikan contoh

Jadilah contoh dengan ikut serta makan bersama mereka. Sebelum waktu makan tiba, katakan bahwa sebentar lagi makanan akan siap. Cara ini bisa membantu anak bersiap karena terkadang mereka tak ingin waktu bermainnya diinterupsi.

7. Jangan menghukum atau mengancam anak

Menghukum atau mengancam anak bukanlah solusi ketika anak 1 tahun susah makan. Sebisa mungkin, hindari membuat kesepakatan yang berhubungan dengan reward and punishment. Cara ini dapat membentuk kebiasaan yang kurang baik.

Wajar ketika orangtua merasa khawatir saat anak 1 tahun susah makan. Meski demikian, jangan tunjukkan kekhawatiran Anda di depan anak-anak. Bisa saja, fase ini hanyalah fase mereka mencari perhatian. 

Ketika Anda menunjukkan rasa khawatir atau bahkan kesal, hal ini seakan memberi validasi atas cara mereka mencari perhatian.

Selama anak masih bertumbuh dalam kurva pertumbuhan yang stabil sejak lahir, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Tidak makan menu dengan nasi, lauk, serta sayur setiap hari bukan berarti tidak mendapatkan nutrisi. Ganti dengan alternatif snack sehat sehingga kebutuhan nutrisi mereka tetap terpenuhi.

Family Doctor. https://familydoctor.org/when-your-toddler-doesnt-want-to-eat/
Diakses 28 Januari 2020

BBC. https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/why-has-my-child-stopped-eating
Diakses 28 Januari 2020

Raising Children. https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/common-concerns/toddler-not-eating
Diakses 28 Januari 2020

Your Kids Table. https://yourkidstable.com/8-things-you-can-do-when-a-toddler-refuses-to-eat/
Diakses 28 Januari 2020

Artikel Terkait