Amnesia Anterograde, Saat Memori Baru Menjadi Hilang Begitu Saja


Amnesia anterograde adalah amnesia yang membuat seseorang menjadi sulit menyimpan ingatan baru pasca mengalami peristiwa pemicu tertentu. Amnesia ini bisa bersifat sementara maupun permanen.

0,0
06 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Amnesia anterograde adalah amnesia yang membuat seseorang tidak dapat atau sulit menyimpan memori baruPenyebab amnesia anterograde berkaitan dengan dengan trauma atau stres pada otak
Amnesia atau hilang ingatan utamanya terbagi atas dua jenis, yakni amnesia retrograde serta amnesia anterograde. Pada amnesia retrograde, seseorang menjadi tidak mampu mengingat mengingat kejadian-kejadian di masa lalu atau informasi sebelumnya. Namun, pada amnesia anterograde, penderitanya menjadi sulit atau tidak dapat menyimpan ingatan baru. Artikel ini akan spesifik membahas amnesia anterograde serta kemungkinan penyebabnya.

Mengenal amnesia anterograde lebih jauh

Amnesia anterograde adalah kondisi yang membuat seseorang menjadi sulit atau tidak mampu menyimpan ingatan baru pasca mengalami peristiwa pemicu tertentu. Misalnya, seseorang mengalami cedera otak pada tanggal 1 Januari pukul 7 pagi. Ia kemudian akan sulit atau tidak mampu mengingat memori atau peristiwa yang terjadi setelah jam tersebut – seolah-olah ingatannya berhenti pada tanggal 1 Januari pukul 7 pagi.Amnesia anterograde bisa bersifat sementara atau mungkin bersifat permanen. Kasus amnesia anterograde sementara, misalnya, bisa terjadi saat seseorang mengalami blackout akibat konsumsi alkohol. Setelah efek alkohol hilang, ia akan kembali bisa menyimpan dan mengingat memori-memori baru.  Amnesia anterograde berbeda dengan amnesia retrograde. Apabila amnesia retrograde membuat seseorang tidak bisa mengingat kejadian di masa lalu, maka amnesia anterograde menimbulkan ketidakmampuan untuk menyimpan dan mengingat memori baru pasca kejadian pemicu.

Ragam gejala amnesia anterograde

Gejala amnesia anterograde utamanya dapat memengaruhi penyimpanan memori jangka pendek. Namun, kondisi ini tetap dapat memicu kebingungan dan frustrasi pada orang yang mengalaminya. Seseorang yang menderita amnesia anterograde dapat melupakan hal-hal “sederhana” berikut ini:
  • Nama orang yang baru saja ditemui
  • Nomor telepon yang baru ia terima
  • Jenis makanan yang baru dikonsumsi
  • Nama-nama orang terkenal
  • Perubahan pada peristiwa hidup, seperti perubahan pekerjaan
Ingatan yang tidak bisa tersimpan pada amnesia anterograde bisa bersifat total atau bersifat sebagian, dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda pada masing-masing pasien.

Apa saja penyebab dan faktor risiko amnesia anterograde?

Ada beberapa kemungkinan penyebab amnesia anterograde – yang semuanya berkaitan dengan dengan trauma atau stres pada otak. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya anterograde amnesia meliputi:

1. Penggunaan obat-obatan

Amnesia anterograde jangka pendek dapat terjadi akibat penggunaan obat-obatan tertentu, termasuk benzodiazepin. Benzodiazepin dikaitkan dengan anterograde amnesia, bersama dengan penggunaan obat penenang non-benzodiazepin seperti zolpidem.

2. Cedera otak traumatis

Kerusakan pada bagian otak yang disebut hipokampus atau area sekitarnya dikaitkan dengan anterograde amnesia. Gegar otak atau cedera olahraga juga berisiko memicu amnesia ini.

3. Peradangan otak dan stroke

Peradangan pada otak juga dapat meningkatkan risiko amnesia anterograde, termasuk ensefalitis. Selain peradangan di otak, penyakit lain yang menyerang otak seperti stroke juga bisa meningkatkan risiko amnesia anterograde. 

4. Menjalani operasi otak 

Pasien yang menjalani pengangkatan bagian otak tertentu berisiko mengalami gangguan yang berhubungan dengan amnesia anterograde.

5. Hilang ingatan setelah konsumsi alkohol 

Seseorang yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan dalam waktu singkat dapat mengalami hilangan ingatan untuk beberapa lama (blackout). Namun, fungsi ingatan peminum alkohol akan kembali normal bila ia kembali sadar dari episode blackout-nya.

6. Alkoholisme kronis

Selain terjadi saat episode blackout, individu yang kecanduan alkohol kronis dapat mengalami defisiensi tiamin (vitamin B1). Defisiensi vitamin B1 dapat mengarah ke sindrom Korsakoff – yang kemudian juga menyebabkan masalah signifikan dalam fungsi memorinya.

7. Menjalani terapi elektrokonvulsif

ECT atau terapi elektrokonvulsif adalah pengobatan yang efektif untuk menangani depresi. Namun terapi ini dapat memicu efek samping berupa amnesia anterograde. Amnesia anterograde sebagai efek samping ECT dilaporkan bersifat sementara atau jangka pendek.

Apakah amnesia bisa disembuhkan? 

Hingga saat ini, tidak ada obat atau penanganan yang dapat menyembuhkan amnesia. Strategi perawatan dari dokter akan berkonsentrasi pada manajemen kondisi yang dialami pasien.Pilihan strategi manajemen kondisi untuk amnesia anterograde dapat berupa:
  • Pemberian suplemen vitamin B1 jika pasien mengalami defisiensi
  • Terapi okupasi untuk membantu pasien menjalani aktivitas mendasar dalam hari-harinya
  • Pelatihan memori
  • Intervensi teknologi, seperti penggunaan aplikasi pengingat
Walau pada beberapa kasus amnesia anterograde bersifat sementara, beberapa pasien dapat mengalami hilang ingatan yang sifatnya permanen dengan gejala yang memburuk. Bila Anda merasa mengalami gejala-gejala hilang ingatan, terlebih tidak bisa dijelaskan penyebabnya, Anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Catatan dari SehatQ

Amnesia anterograde adalah amnesia yang membuat seseorang tidak dapat atau sulit menyimpan memori baru. Kondisi ini bisa bersifat sementara atau mungkin bersifat permanen. Jika masih memiliki pertanyaan terkait amnesia anterograde, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang setia memberikan informasi terkait kesehatan yang terpercaya.
gegar otaktraumakecanduan alkoholsering lupaamnesia
Healthline. https://www.healthline.com/health/amnesia/anterograde-amnesia
Diakses pada 23 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/amnesia
Diakses pada 23 Desember 2020
Improve Memory. https://www.improvememory.org/blog-posts/memory-loss/amnesia/difference-between-retrograde-anterograde-amnesia
Diakses pada 23 Desember 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/amnesia/symptoms-causes/syc-20353360
Diakses pada 23 Desember 2020
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/an-overview-of-anterograde-amnesia-4581313
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait