Amankah Makan Nanas untuk Asam Lambung?


Orang dengan masalah asam lambung tidak dilarang makan nanas. Akan tetapi, nanas memang bersifat asam yang bisa memicu kenaikan asam lambung. Mengetahui cara aman makan nanas bisa membuat Anda mendapat manfaatnya.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
nanas untuk asam lambung gerdNanas bersifat asam sehingga perlu diwaspadai untuk penderita masalah asam lambung (sakit maag)
Biasanya, orang yang punya masalah asam lambung cenderung menghindari makanan yang asam. Termasuk buah-buahan, seperti nanas. Akan tetapi, apa benar nanas tidak baik untuk orang yang punya masalah asam lambung? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya. 

Apakah nanas aman untuk penderita asam lambung?

Nanas termasuk buah tropis yang bersifat asam. Itu sebabnya banyak orang yang punya masalah asam lambung, seperti gastroesophageal reflux disease (GERD)menghindarinya. Terlebih jika makan nanas saat perut kosong.Nanas memang memiliki kadar pH 3-4 yang tergolong asam tingkat sedang. Hal inilah yang kemudian dapat memicu naiknya asam lambung dan memperburuk kondisi. GERD sendiri terjadi ketika asam lambung naik hingga ke kerongkongan (esofagus) sehingga menyebabkan sensasi terbakar (heartburn) di area ulu hati sampai ke dada. Kondisi ini terjadi ketika stingfer esofagus bagian bawah melemah dan gagal menutup sehingga asam lambung naik ke kerongkongan. Ketika hal ini terjadi, Anda akan merasa tidak nyaman di perut dan heartburn, bahkan bisa menimbulkan komplikasi berupa sesak napas hingga jantung berdebar. Pada kondisi kronis, penyakit ini dikenal dengan istilah GERD. Pada umumnya, naiknya asam lambung adalah hal yang umum terjadi. Namun, jika kondisi ini terjadi hingga 3 kali atau lebih dalam seminggu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Meski dapat memicu asam lambung naik bagi penderita GERD, tidak serta-merta penderita GERD sama sekali dilarang makan nanas. Para ahli menyebutkan bahwa kandungan bromelain dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, walau masih sedikit pula studi yang menunjukkan keampuhannya.BACA JUGA: Kenali Ciri-Ciri Asam Lambung Naik agar Bisa Diatasi dengan Tepat

Adakah cara makan nanas yang aman untuk penderita asam lambung?

U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa buah nanas memang sebaiknya dihindari oleh penderita masalah asam lambung. Akan tetapi, nanas tetap memiliki manfaat kesehatan karena kandungan vitamin, mineral, dan senyawa bromelain tadi.Seperti yang telah disebutkan, bromelain dalam nanas disebut dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Hal ini karena sifat alkali (basa) yang bisa bermanfaat bagi orang dengan refluks asam lambung.Selain itu, bromelain punya sifat anti-inflamasi dan antikanker, serta dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri. Meski begitu, untuk mendapatkan manfaatnya bagi pemilik masalah asam lambung, nanas harus dimakan dalam keadaan segar. Richard I. Rothstein, MD. dari Department of Medicine dari Dartmouth-Hitchcock Medical Center menyatakan bahwa kadar bromelain dalam nanas bisa berkurang bahkan hilang melalui proses pengolahan atau pemasakan. Bahkan, memotong nanas menjadi ukuran kecil atau membuatnya dalam bentuk jus juga bisa mengurangi kadar bromelain. Itu sebabnya, makan selai nanas dalam kemasan atau minum jus nanas tidak disarankan bagi penderita asam lambung. Orang dengan masalah asam lambung bisa saja menikmati buah nanas dengan membuat smoothies, tapi tambahkan campuran bahan lain untuk meningkatkan pH sehingga tidak terlalu asam. Anda bisa mencampurkannya dengan susu, pisang, alpukat, atau sayuran hijau untuk meningkatkan pH. Sebelum mengonsumsi nanas untuk penderita asam lambung, Anda juga harus memperhatikan apa yang Anda makan dan kapan biasanya refluks asam terjadi. Anda bisa mendiskusikan beberapa hal berikut ini dengan dokter sebelum mengonsumsi nanas, antara lain:
  • Pastikan tidak makan nanas saat perut kosong
  • Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang
  • Pola makan sedikit tapi sering bisa menjadi solusi mencegah asam lambung naik
  • Catat pola makan Anda setidaknya selama 5-7 hari
  • Catat jenis dan waktu Anda meminum obat
Sekali lagi, mengingat nanas sangat rentan memicu asam lambung naik, pastikan Anda tidak makan nanas secara berlebihan.BACA JUGA: Panduan Makan yang Aman untuk Penderita Asam Lambung dan GERD

Buah yang tidak boleh dan boleh untuk penderita masalah asam lambung

Pada umumnya, semua buah yang memiliki rasa asam sebaiknya dihindari atau dibatasi untuk penderita asam lambung. Beberapa buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung dalam kondisi perut kosong, antara lain:
  • Nanas
  • Jeruk dan sejenisnya
  • Apel
  • Cranberry dan buah beri lainnya 
  • Tomat 
Sebagai pengganti, beberapa buah berikut tergolong aman untuk lambung, antara lain:
  • Pisang
  • Melon
  • Buah ara
  • Pepaya
  • Semangka
BACA JUGA: Resep Olahan Nanas yang Segar dan Mudah Dibuat di RumahKondisi asam lambung yang sering naik merupakan kondisi serius dan sangat membuat tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan komplikasi. Menjaga pola makan, menghindari makanan penyebab asam lambung naik, seperti yang asam, berlemak, dan pedas, mengonsumsi obat, dan rutin berkonsultasi dengan dokter bisa mencegah dan mengatasi gejala asam lambung naik. Nanas termasuk buah asam yang sebaiknya dihindari ketika Anda memiliki penyakit asam lambung. Jika Anda ingin mengonsumsinya, pastikan tidak makan nanas dalam perut kosong atau menambahkan bahan lain yang bisa meningkatkan pH.Jika masih ragu terkait nanas untuk asam lambung, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
asam lambunggerdnanas
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/445953-is-pineapple-good-or-bad-if-you-have-acid-reflux/
Diakses pada 11 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/pineapples-acid-reflux
Diakses pada 11 November 2021
Inflammatory Bowel Diseases. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2991605/
Diakses pada 11 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait