Amankah Makan Udang untuk Ibu Hamil? Ini Faktanya

(0)
08 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Makan udang untuk ibu hamil aman dan bermanfaatUdang termasuk makanan laut yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil
Bagi ibu hamil, pemilihan makanan sangat penting untuk diperhatikan guna menjaga kesehatan diri dan janin. Maka tidak mengherankan jika ibu hamil mematuhi berbagai pantangan makanan supaya kehamilan berjalan dengan lancar.Salah satu makanan yang sering dikhawatirkan dan dijadikan pantangan adalah udang. Pasalnya, udang dan beberapa jenis seafood lainnya disebut-sebut mengandung kadar merkuri tinggi yang bisa berbahaya bagi kehamilan. Lantas, amankah mengonsumsi udang untuk ibu hamil?

Keamanan mengonsumsi udang untuk ibu hamil

Perlu Anda ketahui bahwa udang termasuk jenis makanan laut yang aman untuk dikonsumsi karena kandungan merkuri dan lemaknya rendah. Di sisi lain, udang justru tinggi protein sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Akan tetapi, pastikan udang memiliki kualitas yang baik dan jangan sampai memilih yang busuk. Selanjutnya, masaklah udang dengan matang secara menyeluruh. Udang mentah atau setengah matang dikhawatirkan mengandung bakteri maupun parasit lainnya yang dapat menyebabkan infeksi hingga keguguran. Hindari juga konsumsi udang secara berlebihan. Cukup 2-3 kali makan dalam seminggu atau tak lebih dari 340 gram.Selain udang, makanan laut lain yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil, yakni ikan salmon, ikan trout, ikan kod, nila, pollack, sarden, dan lele. Sedangkan, makanan laut yang harus dihindari ibu hamil karena mengandung merkuri tinggi adalah ikan hiu, ikan pedang, ikan tenggiri, tilefish, dan king mackerel. Makanan dengan kandungan merkuri tinggi dapat merusak sistem saraf bayi yang sedang tumbuh.

Manfaat makan udang untuk ibu hamil

Udang menyehatkan karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa manfaat makan udang untuk ibu hamil, yaitu:
  • Kaya akan omega-3

Menurut sebuah penelitian, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam makanan laut seperti udang berpotensi menurunkan risiko kelahiran prematur jika dikonsumsi saat hamil. Selain itu, ibu yang mendapat asupan omega-3 dengan cukup bisa menurunkan risiko berat lahir bayi rendah. Omega-3 bahkan juga diyakini penting bagi perkembangan otak dan mata janin. 
  • Kaya akan protein

Udang termasuk makanan laut yang kaya akan protein. Protein penting untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu. Nutrisi ini dapat membantu dalam pembentukan darah, mempertahankan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan tulang. 
  • Mengandung vitamin dan mineral penting

Kalsium, kalium, natrium, dan magnesium adalah mineral penting yang dibutuhkan selama kehamilan. Sejumlah nutrisi tersebut mampu meningkatkan kesehatan tulang, mengatur produksi enzim, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Bukan hanya itu, udang juga mengandung fosfor, selenium, vitamin A, D, E, B12, dan B3. Kalsium dan fosfor penting bagi perkembangan tulang bayi, sedangkan selenium dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu.
  • Sumber zat besi

Rata-rata 100 gram udang mengandung sekitar 1,8 mg zat besi. Kandungan zat besi dalam udang juga dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak darah untuk ibu maupun janin. Kandungan ini bermanfaat untuk melawan anemia defisiensi besi sekaligus membuat ibu hamil lebih berenergi selama kehamilan. Selain itu, zat besi juga dapat membantu mengurangi persalinan prematur. 
  • Rendah lemak

Udang merupakan makanan laut yang rendah lemak. Hal ini baik untuk ibu hamil karena makanan yang tinggi lemak dapat menghambat perkembangan otak janin. Selain itu, semakin tinggi lemak dalam makanan, semakin tinggi pula kalorinya sehingga berpotensi mengganggu proses metabolisme janin. Meski memiliki banyak manfaat, pastikan Anda tidak alergi terhadap udang sebelum mengonsumsinya. Jika setelah makan udang timbul gejala tak biasa, seperti gatal-gatal, ruam, mual, pusing, batuk, atau muntah, segera hubungi dokter. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter mengenai asupan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari selama kehamilan.
nutrisi ibu hamilkehamilanmakanan mengandung omega 3
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/is-it-safe/eating-shrimp-pregnancy-9950
Diakses pada 25 Agustus 2020
The Bump. https://www.thebump.com/a/shrimp-pregnant
Diakses pada 25 Agustus 2020
Cochrane. https://www.cochrane.org/CD003402/PREG_omega-3-fatty-acid-addition-during-pregnancy
Diakses pada 25 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/can-pregnant-women-eat-shrimp#precautions
Diakses pada 25 Agustus 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-shrimp-pregnancy_0089114/
Diakses pada 25 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait