Amankah Makan Banyak Semangka untuk Ibu Hamil?


Buah semangka memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, Semangka untuk ibu hamil dianggap dapat meredakan mual hingga mencegah anemia. Meski banyak manfaatnya, konsumsi semangkan tidak boleh berlebihan

(0)
20 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Semangka untuk ibu hamil dapat memberikan banyak manfaatSemangka merupakan buah yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk ibu hamil
Manfaat semangka untuk ibu hamil ada beragam, mulai dari menghilangkan rasa mual (morning sickness), meredakan anemia, hingga mencegah terjadinya preeklampsia. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, semangka juga dapat menimbulkan efek samping merugikan bagi ibu hamil. Hal ini disebabkan karena buah ini mengandung gula atau fruktosa yang cukup tinggi, sehingga dalam jumlah banyak, bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional.

Kandungan dalam buah semangka

Dalam buah semangka, komposisi daging buahnya sebetulnya hanya terdiri dari dua bagian terbesar, yakni air (91 persen) dan karbohidrat (7,5 persen). Sementara bicara kandungan nutrisi per 100 gram buahnya, semangka juga memiliki komposisi sebagai berikut:
  • Kalori: 30
  • Protein: 0,6 gram
  • Gula: 6,2 gram
  • Serat: 0,4 gram
Kandungan karbohidrat terbesar pada semangka terdiri dari gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, serta sedikit serat. Di samping itu, semangka juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ibu hamil, seperti vitamin C, A, B5, potasium, dan tembaga.Semangka juga kaya akan asam amino citrulline dan lycopene. Sayangnya, tidak seperti buah-buahan lainnya, semangka secara umum bukanlah sumber antioksidan yang bagus untuk tubuh.

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil

Konsumsi buah semangka untuk ibu hamil sebetulnya mengundang reaksi beragam dari dokter kandungan. Ada dokter yang memperbolehkan ibu hamil mengonsumsi semangka dalam jumlah tertentu, ada pula yang menyarankan untuk menjauhinya.Di luar kontroversi tersebut, buah semangka bisa berguna untuk ibu hamil, di antaranya adalah:
  • Menghilangkan rasa mual

Bagi beberapa ibu hamil, semangka dapat menghilangkan rasa mual dan ingin muntah yang kerap muncul terutama di trimester pertama kehamilan, terutama saat pagi hari (morning sickness). Anda dapat mengonsumsi semangka dalam bentuk segar maupun telah diolah menjadi jus maupun es krim.
  • Meredakan heartburn

Manfaat semangka untuk ibu hamil ini diperoleh karena kandungan air yang sangat besar pada semangka dapat meredakan rasa panas di dada akibat peningkatan asam lambung. Selain itu, kandungan air ini dapat mencegah dehidrasi dan kram otot, terutama di trimester akhir kehamilan.
  • Menurunkan risiko preeklampsia

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di International Journal of Gynecology and Obstetric, konsumsi makanan yang kaya akan lycopene dapat menurunkan risiko terjadinya preeklampsia hingga 50 persen. Semangka sendiri terbukti memiliki kandungan lycopene yang lebih tinggi dari tomat sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Menyehatkan perkembangan janin

Manfaat semangka tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil, melainkan bagi janin yang ada dalam rahim. Kandungan vitamin A, C, dan B6 pada buah semangka terbukti dapat menyehatkan janin, terutama untuk perkembangan indera penglihatan, otak, sistem saraf, dan sistem imun janin.
  • Mencegah anemia

Asosiasi Ibu Hamil Amerika Serikat (APA) menyertakan semangka sebagai salah satu sumber zat besi yang baik bagi ibu hamil. Konsumsi zat besi pada ibu hamil dapat mencegah anemia dan memastikan asupan nutrisi kepada janin tetap lancar.Hanya saja, sifat zat besi yang berasal dari tumbuhan (termasuk semangka) biasanya bersifat nonheme alias sulit diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda disarankan mengonsumsi semangka berbarengan dengan sumber vitamin C (misalnya jeruk dan jambu biji) yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.Untuk mencegah anemia, Anda juga disarankan mengombinasikan makan semangka dengan sumber zat besi yang berasal dari hewan, misalnya hati sapi. Bila perlu, Anda juga dapat meminum suplemen yang direkomendasikan oleh dokter.
  • Menurunkan risiko komplikasi pada kehamilan

Selama kehamilan, kebutuhan cairan tubuh akan meningkat. Hal ini dikarenakan, ibu hamil memproduksi lebih banyak darah untuk menyokong kehidupan janin di rahim sehingga diperlukan lebih banyak cairan untuk mendukung sirkulasi agar tetap bisa berjalan lancar. Cairan juga dibutuhkan untuk menjaga kadar air ketuban.Di saat yang bersamaan, proses pencernaan di tubuh ibu hamil juga akan semakin lambat. Gabungan dari meningkatnya kebutuhan cairan dan lambatnya proses pencernaan akan meningkatkan risiko ibu hamil mengalami konstipasi ataupun ambeien.Kekurangan cairan selama masa kehamilan juga telah kerap dihubungkan dengan gangguan perkembangan janin serta meningkatnya risiko bayi lahir prematur maupun lahir dalam kondisi mengalami cacat.Buah semangka adalah buah yang mengandung banyak air, sehingga bisa membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan cairan hariannya.

Semangka untuk ibu hamil tidak boleh dikonsumsi berlebihan

Secara umum, ibu hamil boleh makan semangka karena buah ini mengandung banyak manfaat untuk Anda dan janin. Hanya saja, dalam kasus yang jarang terjadi, ibu hamil dapat mengalami efek samping akibat terlalu banyak makan semangka.Kandungan gula yang tinggi pada semangka dapat mengakibatkan diabetes gestasional (diabetes yang hanya terjadi selama hamil). Efek negatif semangka untuk ibu hamil ini terjadi karena buah tersebut memiliki indeks glikemik (IG) rendah sehingga kadar gula darah Anda bisa naik dengan cepat setelah makan semangka.Selain diabetes gestasional, konsumsi semangka untuk ibu hamil juga harus dibatasi karena buah ini minim serat dan kaya fruktosa. Mengonsumsi makanan yang seperti ini dapat mengakibatkan munculnya masalah pencernaan. Perlu diperhatikan juga bahwa semangka bukan pengganti obat, vitamin, atau suplemen prenatal yang diresepkan oleh dokter. Jika Anda mengalami masalah kehamilan, segera periksakan ke dokter.
nutrisi ibu hamilbuah dan sayuranmanfaat semangka
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/watermelon
Diakses pada 19 Januari 2020
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/why-you-need-more-watermelon-in-your-pregnancy-diet/
Diakses pada 19 Januari 2020
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/naturally/get-iron-naturally-pregnancy/
Diakses pada 19 Januari 2020
Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/watermelon-in-pregnancy-is-it-safe-to-eat/
Diakses pada 19 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-during-pregnancy
Diakses pada 23 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait