Aman dan Efektif, Ini Cara Menghilangkan Kumis Tipis pada Wanita

Meski kumis identik tumbuh pada wajah pria, beberapa wanita juga ada yang memiliki kumis tipis di wajahnya. Sayang, walaupun bisa membuat penampilan wajah terlihat manis, beberapa wanita berkumis ada yang mengalami penurunan rasa percaya diri.

Nah, bagi Anda yang merasa kurang percaya diri memiliki kumis di wajah, tak perlu khawatir. Pasalnya ada beberapa cara menghilangkan kumis pada wanita yang bisa Anda lakukan, baik secara alami, sederhana, hingga tindakan medis.

Cara menghilangkan kumis pada wanita yang aman dan efektif

Wanita berkumis dalam dunia medis dikenal dengan istilah hirsutisme. Hirsutisme adalah suatu kondisi tumbuhnya rambut di bagian wajah dan tubuh tertentu seorang wanita.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan wanita memiliki kumis di wajahnya, yaitu faktor genetik atau keturunan, peningkatan hormon testosteron (androgen), konsumsi beberapa jenis obat-obatan, hingga kondisi medis tertentu.

Berikut adalah berbagai pilihan cara menghilangkan kumis pada wanita yang bisa Anda coba.

1. Mencukur kumis

Mencukur adalah cara paling mudah dan terjangkau untuk menghilangkan kumis tipis. Cara ini juga tidak terlalu menyakitkan untuk menghilangkan rambut di bibir atas yang merupakan salah satu area kulit wajah yang sensitif.

Anda bisa menggunakan pisau cukur biasa atau yang listrik. Jangan lupa membersihkan pisau cukur sebelum digunakan. Selain itu, jangan gunakan pisau cukur yang sudah tumpul atau berkarat.

Sebelum mencukur kumis, basahi kulit terlebih dahulu menggunakan sabun atau krim cukur. Setelah mengoleskan area bibir atas dengan krim, cukurlah kumis searah tumbuhnya rambut.

Ingat, jangan dengan gerakan menggosok, tetapi seret perlahan lalu angkat. Kemudian, ulang kembali dari arah tumbuhnya rambut.

Perlu diketahui bahwa mencukur kumis tidak mampu menghilangkan kumis tipis secara permanen. Akibatnya, kumis mungkin dapat tumbuh lagi 3 hari kemudian sehingga Anda harus mencukurnya kembali.

Meski metode ini cenderung aman dilakukan, mencukur kumis dapat menimbulkan efek samping berupa ingrown hair, yakni kondisi rambut yang tumbuh ke dalam kulit.

2. Mengoleskan krim hair removal

Produk krim hair removal atau krim penghilang rambut umumnya aman digunakan bagi pemilik kulit wajah yang sensitif, termasuk bagian bibir atas.

Krim hair removal adalah larutan sangat basa yang mengandung sejumlah bahan kimia, seperti natrium, titanium dioksida, dan barium sulfida, yang mampu memecah ikatan protein di rambut sehingga membuatnya larut. Dengan demikian, rambut tipis di area atas bibir menjadi lebih mudah rontok.

Cara menggunakannya, oleskan krim ke kulit bibir atas sesuai petunjuk penggunaan. Kemudian, diamkan selama beberapa menit dan bilas setelahnya.

Mengoleskan krim hair removal merupakan cara menghilangkan kumis pada wanita yang aman dan mudah, tetapi efeknya tidak lama. Pasalnya, krim ini tidak mencabut rambut hingga ke akar sehingga bisa dengan mudah tumbuh kembali.

Jika Anda pertama kali menggunakan krim hair removal, pastikan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu guna menghindari iritasi pada kulit.

Caranya, oleskan krim ke area kulit lainnya sebelum mengoleskan ke area bibir atas. Tunggu selama minimal 24 jam setelah melakukan tes alergi. Perhatikan apakah muncul beberapa tanda reaksi, seperti kemerahan, rasa gatal, hingga benjolan atau tidak. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera hentikan penggunaannya.

3. Mencabut dengan pinset

Langkah ini dilakukan dengan mencabut rambut-rambut halus yang tumbuh di kulit dan sulit dihilangkan menggunakan pisau cukur. Metode ini cocok digunakan untuk menghilangkan rambut di area kulit yang tidak terlalu luas, termasuk bagian atas bibir.

Sebelum mencabut kumis dengan pinset, bersihkan kulit wajah terlebih dahulu. Lalu, gunakan pinset untuk mencabut helaian rambut dari bibir atas. Pastikan pinset yang Anda gunakan bersih, bila perlu disterilkan menggunakan alkohol baik sebelum dan sesudah digunakan mencabut rambut.

Kemudian, lakukan cara menghilangkan kumis tipis dengan langkah berikut ini:

  • Tahan kulit dengan menarik bibir atas ke arah bawah.
  • Jepit rambut menggunakan pinset dan tarik searah tumbuhnya rambut.
  • Bilas area kulit yang rambutnya telah dicabut dengan air dingin.

Meski biasanya tidak menyakitkan, mencabut kumis dengan pinset dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika Anda merasa sakit, tempelkan beberapa buah es batu yang dibungkus handuk bersih ke area kulit guna mengurangi peradangan dan kemerahan.

Sama seperti mencukur, mencabut kumis dengan pinset juga dapat menimbulkan efek samping rambut tumbuh ke dalam kulit.

4. Metode hot waxing

Untuk menghilangkan rambut di bibir atas, Anda bisa melakukan hot waxing. Meski bisa menimbulkan rasa sakit, waxing kumis bisa memberikan hasil yang lebih tahan lama karena dapat mencabut seluruh helaian rambut dari akarnya.

Umumnya, hot waxing dilakukan dengan mengoleskan campuran lilin yang sudah dipanaskan di atas kulit. Lalu, menempelkan handuk atau kain kassa di atasnya, ditekan-tekan, lalu ditarik dengan seketika sesuai arah tumbuhnya rambut.

Waxing dapat menimbulkan efek samping berupa kemerahan. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami infeksi di area folikel rambut.

5. Elektrolisis

Cara menghilangkan kumis pada wanita berikutnya adalah elektrolisis. Elektrolisis adalah prosedur yang dilakukan dokter dengan cara memasukkan jarum kecil ke setiap folikel rambut.

Selanjutnya, aliran listrik akan diberikan guna merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhannya. Kerusakan ini dapat membantu mencegah rambut untuk tumbuh kembali.

Maka dari itu, prosedur ini dianjurkan bagi Anda yang ingin menghilangkan rambut secara permanen.

6. Laser hair removal (terapi laser)

Selanjutnya, cara menghilangkan kumis pada wanita yang efektif adalah dengan laser hair removal (terapi laser).

Terapi laser dilakukan dengan memanfaatkan sinar laser yang bertujuan untuk merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhan kumis. Prosedur ini perlu dilakukan beberapa kali guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara menghilangkan kumis tipis tanpa rasa sakit

Menghilangkan kumis pada wanita dengan cara alami sebenarnya bukanlah hal yang tidak mungkin. Kendati demikian, langkah ini membutuhkan proses yang lebih lama alias tidak instan.

Anda sebaiknya harus melakukannya secara konsisten guna mendapatkan hasil yang efektif. Berikut adalah cara menghilangkan kumis pada wanita dengan mudah yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Masker madu dan jus lemon

Cara menghilangkan kumis pada wanita dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan campuran madu dan jus lemon. Madu diyakini dapat membantu menarik folikel rambut. Caranya:

  • Campurkan 1 sendok makan madu dan ½ sendok makan jus lemon.
  • Oleskan campuran madu dan jus lemon ke area bibir bagian atas.
  • Diamkan mengering selama kurang lebih 20 menit.
  • Sementara menunggu masker mengering, rendam handuk kecil ke dalam air hangat.
  • Peras handuk kecil yang sudah direndam dalam air hangat, lalu bersihkan masker madu dan lemon dengan lembut.
  • Selanjutnya, bilas area bibir bagian atas menggunakan air dingin.

2. Masker putih telur

  • Kocok 1 butir putih telur dengan ½ sendok teh tepung jagung dan 1 sendok makan gula pasir hingga merata dan lembut.
  • Oleskan campuran bahan-bahan alami tersebut pada area bibir bagian atas.
  • Diamkan selama 20 menit hingga mengering.
  • Lepas masker yang sudah mengering ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan kumis.
  • Bilas area bibir bagian atas menggunakan air dingin

Ingatlah untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan masker atau produk alami apa pun pada wajah Anda. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker wajah alami sebagai cara menghilangkan kumis tipis.

Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, sah-sah saja untuk menggunakan masker ini. Namun tentu berbeda reaksinya bagi orang-orang dengan jenis wajah atau masalah kulit tertentu.

Catatan dari SehatQ

Memang, adanya kumis pada wanita dapat menurunkan kepercayaan diri Anda, akan tetapi sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan selagi tidak ada keluhan lain yang menyertai.

Ada berbagai cara menghilangkan kumis tipis pada wanita. Mulai dari mencukur kumis, mencabut dengan pinset, waxing, mengoleskan krim hair removal, elektrolisis, hair removal, hingga cara alami tanpa menimbulkan rasa sakit.

Jika ragu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi cara menghilangkan kumis pada wanita yang tepat untuk Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-facial-hair#threading

Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-facial-hair

Diakses pada 11 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325021.php#threading

Diakses pada 11 Februari 2020

Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/for-women-only-best-choices-for-hair-removal#2

Diakses pada 11 Februari 2020

Web Md. https://www.webmd.com/women/guide/hirsutism-hair-women#1

Diakses pada 11 Februari 2020

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14523-excessive-hair-growth-hirsutism/management-and-treatment

Diakses pada 11 Februari 2020

Artikel Terkait