6 Alternatif Daging Vegetarian, Rasa dan Teksturnya Sangat Mirip!

(0)
06 Aug 2020|Azelia Trifiana
Jamur hingga nangka dapat diolah menjadi daging vegetarianDaging vegetarian dapat terbuat dari jamur
Hampir semua makanan yang dibuat dari daging hewan memiliki rasa yang enak. Namun, terlepas dari Anda merupakan seorang vegetarian, vegan, atau orang yang masih mengonsumsi daging sekalipun, tentunya kita setuju bahwa memakan daging berlebihan tidak sehat.Untungnya, ada kabar baik bagi Anda yang vegetarian, vegan, dan pemakan daging yang ingin merasakan sensasi makan daging tanpa harus mengorbankan prinsip dan kesehatan. Anda bisa mengganti daging hewani dengan “daging vegetarian” di menu masakan Anda.Daging vegetarian yang dimaksud adalah produk nabati yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi pengganti daging namun tetap dengan sensasi rasa yang sama. Kandungan proteinnya pun tak kalah dengan daging hewani. Apa saja?

Alternatif daging vegetarian

Ada banyak alasan mengapa seseorang menjadi vegetarian. Entah itu faktor kesehatan, agama, nilai sosial, dan banyak lagi. Menjadi vegetarian bahkan vegan kini semakin mudah karena alternatif daging vegetarian bisa diolah dari banyak bahan yang mudah ditemukan di sekitar, seperti:

1. Tahu

Sejak beberapa dekade silam, tahu telah sering digunakan sebagai bahan makanan yang lezat. Bisa dikonsumsi langsung, sering pula dijadikan campuran olahan seperti tumisan atau sup. Sebagai alternatif daging, tahu mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin B12, dan juga zat besi.Biasanya, tahu digunakan oleh mereka yang vegan sebagai pengganti keju atau telur. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan bisa memenuhi 11 gram kebutuhan di tiap 113 gram sajiannya.

2. Tempe

Berbanggalah Indonesia memiliki tempe sebagai salah satu sajian dari olahan kedelai yang bisa menjadi alternatif daging vegetarian. Kandungan protein, serat, dan juga vitamin tempe lebih tinggi dibandingkan dengan tahu karena terbuat dari biji kedelai utuh.Mengolahnya pun mudah bisa dengan digoreng, dipanggang, dikukus, atau dijadikan campuran dalam tumisan sayur. Menambahkan tempe dalam salad sayuran juga bisa jadi alternatif sarapan yang sehat. Dan jangan salah, Anda bisa menggunakan bahan satu ini untuk membuat sate tempe.

3. Jamur

Pada banyak olahan protein untuk vegan dan vegetarian, jamur adalah alternatif daging vegetarian yang sangat diandalkan. Rasanya mirip seperti daging dan mudah diolah. Ada banyak olahan jamur yang bisa dimasak hingga bentuknya menyerupai ayam dan juga daging.Kelebihan lainnya adalah jamur sangat tinggi serat dan rendah kalori, jadi pas bagi orang yang sedang menjalani diet untuk mencapai berat badan ideal. Meski demikian, kandungan protein rata-rata jenis jamur hanya sekitar 5 gram di setiap 121 gram sajiannya.

4. Nangka

Sayur dan tumisan nangka sudah bukan hal asing lagi bagi orang-orang Indonesia. Rupanya, nangka dengan teksturnya yang kenyal kerap dijadikan alternatif daging vegetarian. Meski demikian, perlu diingat bahwa kandungan karbohidrat dalam nangka cukup tinggi sekitar 40 gram dan proteinnya lebih rendah, hanya 2,4 gram.

5. Terong

Tekstur terong yang juga kenyal seperti daging membuatnya kerap dipilih menjadi alternatif makanan vegetarian. Mengolahnya pun mudah, bisa dipanggang hingga ditumis. Terong termasuk salah satu olahan plant-based yang mudah diolah dan berpadu dengan baik ketika diberi bumbu-bumbu rempah.

6. Kembang kol

Tak hanya dikonsumsi sebagai sayuran, kembang kol juga bisa dijadikan menu pendamping baik vegan maupun vegetarian. Cukup dengan menghancurkan kembang kol, bisa diolah menjadi seperti telur dalam salad. Tak hanya itu, kembang kol juga bisa diolah menjadi bakso atau ayam dalam olahan kuliner.Selain keenam alternatif daging vegetarian dan olahan plant-based di atas, ada banyak lagi bahan-bahan yang bisa diolah. Contohnya seperti biji-bijian hingga lentil. Resep untuk mengolah sendiri bahan-bahan nabati menjadi daging vegetarian pun mudah ditemukan di mana-mana.

Catatan dari SehatQ

Apabila seseorang menjadi vegan atau vegetarian karena faktor kesehatan seperti riwayat alergi, pastikan selalu membaca label komposisi bahan yang digunakan secara seksama. Perhitungkan pula berapa kadar sodium apabila tidak ingin terlalu banyak mengonsumsi sodium setiap harinya.Olahan daging vegetarian yang paling baik adalah yang tidak diproses atau bukan berasal dari makanan beku. Jadi, akan lebih baik jika pengolahan plant-based food dilakukan sendiri atau dengan membeli makanan vegetarian minim proses.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vegan-meat-substitutes
Diakses pada 24 Juli 2020
Eating Well. http://www.eatingwell.com/article/289565/9-vegetarian-vegan-protein-substitutes/
Diakses pada 24 Juli 2020
Proveg International. https://proveg.com/plant-based-food-and-lifestyle/vegan-alternatives/vegan-meat-alternatives/
Diakses pada 24 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait