Alter Ego, Mengenal Manfaat dan Bahayanya bagi Mental Anda

Alter ego adalah kepribadian kedua yang bisa Anda ciptakan
Ilustrasi seorang wanita dengan alter egonya

Bagi sebagian orang, alter ego adalah penyelamat mereka dalam berbagai situasi. Padahal, kondisi ini juga bisa memunculkan bahaya yang tidak main-main bila dibiarkan menguasai kepribadian utama pada diri manusia.

Apa yang dimaksud dengan alter ego itu? Dalam dunia psikologi, alter ego adalah kepribadian kedua yang ada dalam diri seseorang dan memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibanding sifat utama pada orang tersebut.

Alter ego ini kadang diciptakan sendiri oleh orang yang mengalaminya. Contoh sederhana dari alter ego ini mirip ketika Anda menciptakan karakter virtual di sebuah game simulasi, yang kemudian Anda gunakan untuk berinteraksi di dunia maya dengan gaya dan sifat karakter itu sendiri.

Mengenal lebih jauh tentang alter ego

Siapa pun dapat menciptakan alter ego di dalam dirinya sendiri. Saat kepribadian kedua itu muncul, Anda akan membayangkan tengah menjalani kehidupan seperti alter ego ciptaan Anda.

Proses terbentuknya alter ego kira-kira seperti ini:

  • Alter ego biasanya muncul ketika Anda tertekan dan merasa tidak bisa melakukan hal yang ingin Anda lakukan.
  • Anda kemudian akan ‘meminta bantuan’ kepribadian lain dalam diri Anda untuk mewujudkan mimpi Anda tersebut.

Dalam banyak kasus, alter ego dalam diri seseorang memiliki tujuan hidup yang sama dengan kepribadian asli orang tersebut. Hanya saja, untuk mencapai tujuan tersebut, si alter ego ini memiliki pendekatan yang berbeda dari kepribadian asli.

Banyak orang tidak menyadari bahwa diri mereka memiliki alter ego, tapi tidak sedikit juga yang mengenalinya. Penyanyi internasional Beyonce, misalnya, mengaku pernah memiliki alter ego bernama Sasha Fierce atau rapper Eminem yang memiliki kepribadian kedua bernama Slim Shady.

Berdasarkan keterangan Beyonce, Sasha Fierce digambarkan sebagai persona yang lucu, sensual, lebih agresif, dan glamor sehingga kepribadian yang satu ini kerap ia panggil ketika berada di atas panggung. Beyonce bahkan mengabadikan alter egonya ini sebagai nama album nya yang berjudul "I am… Sasha Fierce” pada 2008 silam.

Meski demikian, wanita berjuluk Queen B tersebut mengaku sudah melepas alter ego Sasha Fierce sejak 2010 lalu. Beyonce mengaku mengambil keputusan itu setelah merasa Sasha tidak lagi memiliki satu visi dengan kepribadian utamanya yang kini lebih ingin tampil lebih dewasa dan mengeksplorasi kekuatan wanita yang sesungguhnya.

Apakah alter ego adalah gangguan psikologis?

Memiliki alter ego adalah gambaran seseorang yang memiliki dua kepribadian, namun kondisi ini belum tentu dapat dikategorikan sebagai gangguan psikologis. Alter ego tidak sama dengan kepribadian ganda yang tergolong kelainan identitas disosiatif.

Pada kelainan identitas disosiatif, orang yang memiliki kepribadian ganda kerap merasa ada kepribadian lain di luar kontrol tubuhnya yang selalu mengikuti. Ketika kepribadian itu menguasai tubuh mereka, penderita kelainan ini akan merasa mengalami amnesia atau adanya memori yang hilang.

Sebaliknya, pemilik alter ego menyadari akan adanya kepribadian lain di dalam tubuhnya. Selain itu, kepribadian utama masih memegang kontrol atas alter ego sehingga kepribadian ini hanya bisa muncul ketika dipanggil oleh Anda dan dampaknya tidak sampai mengakibatkan amnesia.

Manfaat dan bahaya alter ego

Memiliki alter ego adalah hal yang membawa manfaat bagi sebagian orang, salah satunya adalah Beyonce tadi. Alter ego memberi perasaan ‘komplet’ pada diri seseorang sehingga ia dapat melakukan suatu pekerjaan tanpa harus memikirkan batasan yang dimiliki.

Meski demikian, pemilik alter ego harus benar-benar memegang kontrol atas persona keduanya tersebut. Pasalnya, memiliki alter ego yang tak terkontrol juga dapat menghasilkan efek negatif, seperti

  • Alter ego akan mendominasi tubuh dan mengganggu aktivitas Anda secara keseluruhan.
  • Bila Anda menciptakan alter ego yang terlalu sempurna, kepribadian utama Anda juga bisa mengalami penurunan kepercayaan diri.
  • Memburuknya hubungan dengan teman dan keluarga karena perbedaan karakter antara Anda dan si alter ego.

Sebaliknya, jika Anda adalah teman dari orang yang memiliki alter ego, terus pantau kondisi teman Anda tersebut. Kalau Anda menemukan gejala bahwa alter egonya terlalu dominan, ajak ia bicara dari hati ke hati untuk menemukan alasan yang membuat kepribadian keduanya berlaku demikian.

Bila Anda ingin menghilangkan alter ego atau mengetahui cara mengelolanya agar tidak terlalu dominan, Anda dapat menghubungi psikolog atau psikiater yang Anda percayai.

Health Guidance. https://www.healthguidance.org/entry/11252/1/Alter-Ego-Definition.html
Diakses pada 14 Februari 2020

Dictionary of APA. http://dictionary.apa.org/alter-ego
Diakses pada 14 Februari 2020

American Psychiatric Association. https://www.psychiatry.org/patients-families/dissociative-disorders/what-are-dissociative-disorders
Diakses pada 14 Februari 2020

PBS. http://www.pbs.org/independentlens/blog/on-supergirls-sasha-fierce-slim-shady-and-having-an-alter-ego/
Diakses pada 14 Februari 2020

Washington Post. https://www.washingtonpost.com/blogs/she-the-people/wp/2013/12/28/finally-free-of-sasha-fierce-beyonce-is-a-grown-woman/
Diakses pada 14 Februari 2020

Life Persona. https://www.lifepersona.com/what-does-it-mean-to-have-an-alter-ego-psychology
Diakses pada 14 Februari 2020

Artikel Terkait