AHA Adalah Alpha Hydroxy Acid, Primadona Skincare untuk Kulit Wajah Bersinar


AHA adalah alpha hydroxy acid atau kandungan bahan aktif yang sering ditemukan dalam produk kecantikan. Manfaat AHA pun sangat beragam mulai dari mencerahkan kulit hingga mengobati jerawat.

(0)
07 Feb 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
AHA adalah kandungan bahan aktif dalam skincare yang dapat mencerahkan kulitAHA adalah asam hewani dan nabati yang terkandung dalam produk perawatan kulit
AHA adalah kependekan dari alpha hydroxy acid atau asam alfa hidroksi. Salah satu bahan aktif ini seringkali ditemukan dalam sejumlah produk perawatan kulit atau skincare. Memang, apa manfaat AHA untuk kecantikan kulit?

AHA adalah alpha hydroxy acid 

AHA adalah golongan asam hewani dan nabati yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit dan kecantikan atau skincare. Produk tersebut termasuk serum wajah, toner, hingga krim wajah.Ada beberapa jenis AHA yang sering digunakan dalam sejumlah produk perawatan kulit. Jenis-jenis AHA adalah sebagai berikut. 
  • Asam sitrat (citric acid) terbuat dari jenis buah-buahan citrus. Asam sitrat bertujuan untuk menyeimbangkan keasaman kulit serta meratakan bercak kulit yang kasar. 
  • Asam glikolat (glycolic acid) adalah asam AHA yang terbuat dari gula tebu. 
  • Asam malat (malic acid) adalah jenis asam yang terbuat dari buah apel. 
  • Asam tartarat (tartaric acid) terbuat dari ekstrak buah anggur.
  • Asam laktat (lactic acid) terbuat dari laktosa pada susu dan produk karbohidrat lain.
  • Asam mandelat (mandelic acid) terbuat dari ekstrak almond.
  • Hydroxy caproic acid adalah jenis asam yang terbuat royal jelly.
  • Hydroxy caprylic acid adalah jenis asam yang banyak terkandung pada produk hewani.
Di antara tujuh asam alfa hidroksi di atas, asam laktat dan asam glikolat adalah jenis asam AHA yang paling banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine, asam laktat dan asam glikolat cenderung menimbulkan risiko paling kecil dalam menimbulkan iritasi kulit.Maka, tak heran bila Anda akan sering menemukan berbagai produk skincare atau krim wajah tanpa resep dokter yang mengandung kedua jenis AHA tersebut. Baca Juga: Perbedaan AHA dan BHA dalam Produk Skincare, Mana yang Lebih Baik untuk Kulit?

Apa fungsi AHA?

AHA adalah alpha hydroxy acid yang baik untuk wajah
AHA banyak terkandung dalam berbagai krim perawatan wajah
Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi sel kulit menjadi lebih lambat. Akibatnya, sel-sel kulit mati dapat menumpuk sehingga menjadi penyebab kulit kusam dan tampak menua. Nah, fungsi AHA adalah mendorong proses pengelupasan sel kulit mati tersebut sehingga memungkinkan kulit mati terkelupas dengan lembut. Dengan demikian, lapisan kulit baru di bawahnya akan tampak lebih segar dan sehat disertai warna dan tekstur yang lebih merata.Jika digunakan dalam konsentrasi yang cukup tinggi dan dalam jangka panjang, fungsi AHA dapat memengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam. Selain itu, produksi kolagen dan elastin dapat meningkat sehingga mampu membuat garis-garis halus jadi tersamarkan. 

Apa manfaat AHA untuk kulit wajah?

Adapun berbagai manfaat AHA adalah sebagai berikut. 

1. Mengeksfoliasi kulit

Salah satu manfaat AHA adalah mengelupas atau mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit mati untuk mempercepat regenerasi sel kulit yang baru. Adanya penumpukan sel kulit mati dapat membuat kulit tampak lebih kusam. Selain itu, kondisi ini juga dapat mempercepat timbulnya masalah kulit lain, seperti kerutan, bercak-bercak penuaan, hingga jerawat.

2. Mencerahkan kulit

AHA adalah kandungan bahan aktif yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit
Kulit jadi cerah berkat penggunaan AHA secara rutin
Berikutnya, manfaat AHA adalah mencerahkan kulit yang kusam. Seperti yang telah disampaikan di atas, AHA dapat membantu mengeksfoliasi kulit sehingga penumpukan sel kulit mati dapat terlepas. Dengan begitu, kulit pun akan tampak lebih cerah dan bersinar. Salah satu jenis asam golongan AHA yang membantu kulit terlihat lebih cerah adalah asam sitrat.

3. Merangsang produksi kolagen

Merangsang produksi kolagen juga jadi manfaat AHA selanjutnya. Kolagen terletak pada lapisan kulit bagian tengah.Ketika Anda menggunakan skincare yang mengandung AHA, ia akan masuk ke lapisan kulit paling dalam dengan menghancurkan serat kolagen tua dan membuka jalan bagi serat kolagen yang baru.Sebagai informasi, kolagen adalah serat kaya protein yang membantu kulit senantiasa lembut.

4. Mengurangi garis-garis halus

Fungsi AHA juga dikenal memiliki efek antipenuaan, termasuk mengurangi garis-garis kerutan di permukaan kulit. Menurut hasil sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, 9 dari 10 partisipan penelitian yang menggunakan AHA selama tiga minggu mengalami peningkatan tekstur kulit secara keseluruhan.

5. Memperbaiki warna kulit tidak merata

Manfaat AHA yang tak kalah penting adalah memperbaiki warna kulit tidak merata. Alpha hydroxy acid dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dengan pigmen yang rata. Dengan ini, penggunaan skincare yang mengandung AHA secara rutin dapat mengurangi warna kulit tidak merata karena sel-sel kulit mati sudah berhasil dikelupas.

6. Mengobati dan mencegah jerawat

AHA adalah kandungan bahan aktif pada skincare yang bisa mengobati jerawat
Jerawat bisa diobati dengan produk skincare yang mengandung AHA
Jerawat adalah masalah kulit yang dialami oleh banyak orang sejuta umat. Kabar baiknya, fungsi AHA juga berpotensi untuk mengatasi jerawat. Hal ini terjadi karena asam tersebut mampu menyingkirkan penyumbatan pori-pori kulit yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.Bahkan, Anda bisa mengoleskan krim antijerawat yang mengandung AHA untuk mengatasi jerawat selain di wajah, seperti di dada dan punggung.

7. Melancarkan aliran darah

Manfaat AHA juga berasal dari sifat anti peradangan yang dapat membantu melancarkan aliran darah ke kulit. Kemampuannya tersebut yang membantu memperbaiki warna kulit kusam dan pucat. Selain itu, aliran darah yang lancar juga bisa membantu kulit menerima nutrisi yang diperlukan oleh kulit.

8. Membantu efektivitas penyerapan zat aktif produk perawatan kulit

Fungsi AHA juga menjadi penolong bagi zat aktif dalam produk yang kita gunakan. Misalnya, asam glikolat yang mengeksfoliasi kulit dapat membantu penyerapan zat aktif produk perawatan kulit agar terhidrasi secara optimal.

Bagaimana cara aman pakai produk skincare yang mengandung AHA?

AHA adalah kandungan bahan aktif dalam skincare yang wajib digunakan dengan cara yang tepat. Ini berarti penggunaannya harus sesuai jenis dan masalah kulit yang sedang Anda alami.Umumnya, produk skincare yang mengandung AHA yang dijual bebas di pasaran memiliki konsentrasi sebanyak 5-10 persen. Food and Drug Administration (FDA) menyarankan agar penggunaan AHA berada pada konsentrasi di bawah 10% untuk mencegah efek samping yang mungkin muncul. Biasanya, produk skincare yang mengandung AHA, seperti pelembap dan serum wajah, mengandung AHA dengan konsentrasi yang lebih sedikit, yaitu sebesar 5 persen.
AHA adalah kandungan bahan aktif yang sering ditemukan dalam produk kecantikan
Awali penggunaan produk AHA sehari sekali untuk minimalisir efek samping
AHA bisa digunakan 1 kali dalam sehari selama beberapa minggu. Jika kulit Anda mulai dapat beradaptasi dengan baik dan tidak menimbulkan efek negatif, Anda bisa meningkatkan jumlah pemakaiannya hingga 2 kali dalam sehari.Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen atau tabir surya sebelum beraktivitas ke luar rumah. Ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan ini, fungsi AHA dapat bekerja secara maksimal. 

Apa efek samping AHA yang mungkin terjadi?

Beberapa efek samping AHA adalah sebagai berikut. 

1. Kulit gatal dan terasa sensasi seperti terbakar

Salah satu efek samping AHA adalah kulit terasa gatal dan sensasi seperti terbakar. Bahkan, bukan tak mungkin kulit jadi melepuh dan menimbulkan gejala dermatitis. Untuk menurunkan risiko efek samping ringan di atas, Anda disarankan untuk mengawali penggunaan produk AHA dua hari sekali. Apabila kulit sudah terbiasa dan beradaptasi dengan baik, barulah Anda bisa menggunakan skincare yang mengandung AHA ini setiap hari.

2. Kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari

Efek samping AHA adalah dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, selalu gunakan sunscreen atau tabir surya untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari (sunburn)Anda bisa meningkatkan penggunaan tabir surya untuk mencegah terjadinya sensasi terbakar karena sinar matahari.Sebelum memutuskan menggunakan skincare yang mengandung AHA, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Terutama bagi Anda dengan kondisi sebagai berikut:
  • Baru mencukur rambut di wajah
  • Memiliki luka sayat atau luka bakar
  • Mengalami rosacea
  • Memiliki psoriasis
  • Memiliki eksim
  • Sedang hamil
  • Sedang menyusui

Catatan dari SehatQ

Alpha hydroxy acid atau AHA adalah bahan aktif dalam skincare yang dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah kulit.Anda bisa menemukan kandungan AHA dalam serum, pelembap, toner, atau produk chemical peelingApabila Anda tengah mengalami masalah kulit tertentu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare yang mengandung AHA untuk menghindari efek samping tidak menyenangkan.Dengan demikian, fungsi AHA untuk kulit yang didapat bisa terasa maksimal. Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikanperawatan wajah
Food and Drug Administrations. https://www.fda.gov/Cosmetics/ProductsIngredients/Ingredients/ucm107940.htm
Diakses pada 6 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/alpha-hydroxy-acid
Diakses pada 6 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4277239
Diakses pada 6 Februari 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19245467/
Diakses pada 6 Februari 2020
FDA. https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetic-ingredients/alpha-hydroxy-acids
Diakses pada 12 Agustus 2020
Dermnet NZ. https://dermnetnz.org/topics/alpha-hydroxy-acid-facial-treatments/
Diakses pada 14 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait