Alpha-Hydroxy Acid, Primadona Skincare untuk Kulit yang Bersinar

Alpha-hydroxy acids atau AHA adalah asam hewani dan nabati dalam produk perawatan kulit
Alpha-hydroxy acids atau AHA adalah asam hewani dan nabati yang terkandung dalam produk perawatan kulit

Apalah artinya produk skin care tanpa alpha-hydroxy acid atau asam alfa hidroksi. Biasa disingkat dengan AHA, zat aktif ini merupakan salah satu primadona dalam dunia perawatan kulit dan kecantikan. Kenali apa itu AHA dan manfaatnya agar kulit lebih bersinar.

Apa itu alpha-hydroxy acid atau AHA?

Alpha-hydroxy acid (AHA) adalah golongan asam hewani dan nabati yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit dan kecantikan. Produk tersebut termasuk serum wajah, toner, dan krim wajah.

Ada beberapa jenis AHA yang sering digunakan dalam produk-produk perawatan kulit. Jenis AHA tersebut, yaitu:

  • Asam sitrat, yang berasal dari buah-buahan sitrus
  • Asam glikolat dari tebu
  • Hydroxycaproic acid dari royal jelly
  • Hydroxycaprylic acid yang banyak terkandung pada produk hewani
  • Asam laktat, berasal dari laktosa dan produk karbohidrat lain
  • Asam malat dari buah-buahan
  • Asam tartarat pada anggur
Krim Alpha Hydroxy Acid
AHA banyak terkandung dalam berbagai krim perawatan wajah

Di antara tujuh asam alfa hidroksi di atas, asam laktat dan asam malat merupakan jenis yang paling banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit. Sebab, kedua jenis AHA ini paling kecil risikonya dalam menimbulkan iritasi di kulit.

Manfaat alpha-hydroxy acids atau AHA untuk perawatan kulit

1. Membantu mengeksfoliasi kulit

Mengeksfoliasi kulit merupakan manfaat utama dari asam-asam golongan AHA. Eksfoliasi sendiri merujuk pada proses pengelupasan sel-sel di permukaan kulit. Proses ini membantu menghilangkan sel kulit mati sembari juga membuka jalan untuk sel kulit yang baru.

Penumpukan sel kulit mati dapat membuat kulit terlihat kusam. Selain itu, kondisi ini juga mempercepat timbulnya masalah kulit lain, seperti kerutan, bercak-bercak penuaan, dan jerawat.

2. Membantu mencerahkan kulit

Seperti yang disampaikan di atas, asam alfa hidroksi membantu mengeksfoliasi kulit sehingga sel kulit mati akan terlepas. Dengan begitu, kulit pun akan terlihat cerah dan lebih bersinar. Salah satu jenis asam pada golongan AHA yang membantu kulit terlihat lebih cerah adalah asam sitrat.

3. Membantu merangsang produksi kolagen

Kolagen terletak pada lapisan kulit bagian tengah. Alpha-hydroxy acid yang diaplikaskan ke kulit masuk ke bagian tersebut dengan menghancurkan serat kolagen tua dan membuat jalan untuk serat kolagen yang baru.

Sebagai informasi, kolagen merupakan serat kaya protein yang membantu kulit senantiasa lembut.

4. Membantu mengurangi penampakan garis-garis permukaan

Asam-asam golongan AHA juga telah dikenal memiliki efek antipenuaan, termasuk garis-garis kerutan di permukaan kulit. Menurut hasil sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 9 dari 10 partisipan penelitian yang menggunakan AHA selama tiga minggu mengalami peningkatan tekstur kulit secara keseluruhan.

5. Membantu mengoreksi warna kulit tidak merata

Alpha-hydroxy acid dapat merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru dengan pigmen yang rata. Atas manfaatnya tersebut, penggunaan AHA dengan rutin dapat mengurangi warna kulit tidak rata karena membuang sel-sel kulit mati.

6. Membantu menangani dan mencegah jerawat

Jerawat merupakan musuh sejuta umat. Kabar baiknya, produk yang mengandung asam golongan AHA juga berpotensi untuk mengatasi jerawat. Hal ini terjadi karena asam tersebut menyingkirkan penyumbatan pada kulit yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Bahkan, kita bisa mengoleskan krim antijerawat yang mengandung AHA untuk mengatasi jerawat selain di wajah, seperti di dada dan punggung.

7. Membantu melancarkan aliran darah

Alpha-hydroxy acid memiliki sifat antiperadangan yang membantu melancarkan aliran darah ke kulit. Kemampuannya tersebut membantu memperbaiki warna kulit yang kusam dan pucat. Selain itu, aliran darah yang lancar juga membantu kulit menerima nutrisi yang diperlukan.

8. Membantu efektivitas penyerapan zat aktif produk perawatan kulit

Asam golongan AHA juga menjadi penolong bagi zat aktif dalam produk yang kita aplikasikan. Misalnya, asam glikolat yang mengeksfoliasi kulit dapat memberikan jalan untuk zat aktif dalam produk pelembap agar kulit terhidrasi lebih optimal.

Alpha-hydroxy acid tetap memilik efek samping dan peringatan, apa saja?

Pengguna produk skin care yang mengandung alpha-hydroxy acid pertama kalinya mungkin akan mengalami beberapa efek samping kecil, seperti:

  • Sensasi terbakar
  • Gatal
  • Melepuh
  • Eksim

Untuk menurunkan risiko efek samping di atas, Anda disarankan untuk mengawali pengunaan produk AHA dua hari sekali. Apabila sudah terbiasa, barulah produk tersebut diaplikaskan setiap hari.

Produk Alpha Hydroxy Acids
Awali penggunaan produk AHA dua hari sekali untuk meminimalisir efek sampingnya

AHA juga juga dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Anda bisa meningkatkan penggunaan tabir surya untuk mencegah terjadinya sensasi terbakar karena sinar matahari.

Selain itu, apabila Anda tengah berada dalam kondisi berikut, Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk yang mengandung alpha-hydroxy acids:

  • Baru cukuran
  • Memiliki luka sayat atau luka bakar
  • Mengalami rosacea
  • Memiliki psoriasis
  • Memiliki eksim
  • Sedang hamil

Takaran konsentrasi AHA untuk hindari efek samping

Food and Drug Administration (FDA), badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, menyarankan agar Anda menggunakan produk dengan konsentrasi AHA di bawah 10% untuk mencegah efek samping.  Biasanya, produk seperti pelembap dan serum mengandung AHA dengan konsentrasi yang lebih sedikit,yaitu 5%.

Produk yang mengandung konsentrasi alpha-hydroxy acids lebih tinggi sebaiknya digunakan lebih jarang untuk menghindari efek samping di atas.

Catatan dari SehatQ

Alpha-hydroxy acid atau AHA dapat menjadi solusi untuk masalah kulit, baik dalam serum, pelembap, toner, atau peeling gel. Apabila Anda tengah mengalami masalah kulit tertentu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek tidak menyenangkan.

Semoga bermanfaat!

Food and Drug Administrations. https://www.fda.gov/Cosmetics/ProductsIngredients/Ingredients/ucm107940.htm
Diakses pada 6 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/alpha-hydroxy-acid
Diakses pada 6 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4277239
Diakses pada 6 Februari 2020

Artikel Terkait