Alkaline Food Bisa Cegah Kanker, Apa Saja Jenis Makanan Tersebut?

Alkaline food bisa dijumpai dalam bentuk sayursan hijau.
Sayuran hijau yang biasa Anda konsumsi ternyata tergolong alkaline food.

Alkaline food yang dikonsumsi selama menjalani diet alkaline disebut dapat menjadi alternatif cara menurunkan berat badan untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal. Diet ini diterapkan dengan mengonsumsi alkaline food secara rutin.

Alkaline food merupakan makanan bersifat basa atau alkali yang diyakini dapat menurunkan berat badan, dan memberikan banyak khasiat kesehatan bagi tubuh.

Jika makanan yang bersifat asam disebut dapat menyebabkan individu rentan terjangkit penyakit, alkaline food atau makanan bersifat basa diyakini mampu melindungi tubuh dari risiko gangguan kesehatan.

Alkaline food mudah ditemukan, apa saja?

Brokoli termasuk dalam kategori alkaline food.

Makanan bersifat asam memiliki pH berkisar 0,0-6,9. Contoh makanan bersifat asam antara lain daging sapi, unggas, ikan, telur, dan alkohol.

Sementara itu, alkaline food memiliki pH sekitar 7,1-14,0. Alkaline food banyak ditemukan pada buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran.

Makanan alkaline food digunakan pula sebagai makanan utama dalam diet alkaline. Apa saja makanan yang dikategorikan sebagai alkaline food?

  • Buah-buahan:

    Meski mengandung pH yang tergolong asam, sebagian besar buah-buahan termasuk ke dalam alkaline food. Buah seperti alpukat, apel, jeruk, lemon, nanas, strawberry, anggur dan tomat diyakini dapat memberikan banyak khasiat dan mengurangi berbagai risiko penyakit kronis.
  • Sayuran segar:

    Selain buah-buahan, makanan yang dikategorikan sebagai alkaline food yaitu sebagian besar sayuran segar, seperti kubis, wortel, kale, terong, jamur, seledri, brokoli dan bayam.
  • Biji-bijian:

    Berbagai jenis kacang-kacangan seperti olahan kacang kedelai, termasuk tahu dan tempe, lalu biji-bijian berupai lentil, millet dan quinoa dapat digolongkan sebagai alkaline food.

Selain buah, sayur, dan biji-bijian, makanan yang termasuk alkaline food adalah minyak zaitun, teh herbal, dan yogurt tanpa campuran pemanis dan susu.

Selain makanan yang bersifat asam dan makanan yang bersifat basa alias alkaline food, ada pula makanan yang bersifat netral. Makanan ini ditemukan pada lemak, pati dan gula.

Manfaat alkaline food bagi tubuh

Alkaline food disebut dapat melindungi tubuh dari risiko gangguan kesehatan dan memberikan sejumlah khasiat bagi tubuh, seperti berikut ini:

1. Menurunkan berat badan

Ragam makanan yang termasuk dalam alkaline food seperti buah, sayur dan biji-bijian mengandung begitu sedikit kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan kesehatan ginjal

Alkaline food juga disebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Makanan jenis ini juga baik dikonsumsi pengidap penyakit ginjal kronis.

Kandungan senyawa antioksidan pada buah dan sayur yang banyak ditemukan dalam alkaline food, mengandung zat antiradang dan antibakteri yang merawat kesehatan organ dalam tubuh seperti ginjal.

3. Mencegah kanker

Selain itu, rutin mengonsumsi alkaline food, juga dapat mengurangi risiko terserang kanker. Sebab, kandungan antioksidan yang banyak ditemukan pada buah, sayur dan biji-bijian dapat menangkal penyebaran sel radikal bebas penyebab kanker.

4. Mencegah penyakit jantung

Kandungan antioksidan dalam alkaline food mampu mencegah risiko penyakit jantung. Antioksidan yang kaya dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan menghindarkan aliran darah dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

5. Menjaga kesehatan tulang

Alkaline food juga diyakini dapat mencegah risiko gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan otot

Seiring bertambahnya usia, massa otot akan berkurang. Sebuah penelitian pada tahun 2013 mengatakan bahwa diet alkali dapat meningkatkan kesehatan otot dan meningkatkan massa otot.

Catatan dari SehatQ

Kendati memiliki begitu banyak manfaat, rutin mengonsumsi kacang-kacangan seperti olahan kacang kedelai yang termasuk dalam alkaline food juga dapat memberikan efek samping seperti nyeri sendi dan penyakit asam urat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani diet alkaline ini.

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324271#alkaline-diet-foods
Diakses pada 30 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/the-alkaline-diet-myth#ph
Diakses pada 30 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/acid-foods-to-avoid#effects
Diakses pada 30 Maret 2020

Artikel Terkait