Aliran Darah Jantung Mengalir Tanpa Henti, Begini Cara Kerjanya di Jantung

(0)
29 Jun 2020|Azelia Trifiana
Aliran darah jantung sangat penting untuk bekerjanya seluruh organ tubuh manusiaJjantung bisa memompa 2.000 galon darah ke seluruh tubuh dalam sehari
Organ tubuh yang setiap saat bekerja paling keras adalah jantung. Dalam sehari, jantung bisa memompa 2.000 galon darah ke seluruh tubuh. Selain itu, rata-rata jantung berdetak 75 kali per menit. Detak jantung ini memberi tekanan sehingga aliran darah jantung bisa mendistribusikan oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh.Tentu di balik cara kerja jantung mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, ada cara kerja yang begitu rumit dan menakjubkan. Setiap bagian dari anatomi jantung menjalankan fungsinya masing-masing secara berkesinambungan.

Mengenal anatomi jantung

Jantung manusia terdiri atas empat ruangan, dua di kanan dan dua di kiri. Setiap bagian dari anatomi jantung memiliki tugasnya masing-masing dalam menjaga fungsi jantung, yaitu:
  • Serambi jantung

Serambi adalah bagian atas ruangan di dalam jantung, terdiri dari serambi kiri dan serambi kanan. Fungsi utama serambi jantung kanan adalah menerima darah dari seluruh tubuh (kecuali paru-paru) dan memompa ke bilik kanan jantung.Sementara serambi jantung kiri menerima darah yang mengandung oksigen dari katup pulmonaris paru-paru dan memompanya ke bilik kiri jantung.
  • Bilik jantung

Bilik jantung terletak di bagian bawah dalam jantung bagian kiri dan kanan. Bagian ini disebut juga dengan ventrikel. Fungsi bilik jantung kanan adalah memompa darah yang miskin oksigen ke paru-paru.Sedangkan bilik jantung kiri berfungsi untuk memompa darah melalui katup aorta ke dalam lengkungan aorta. Barulah kemudian darah mengalir ke seluruh tubuh.Pintu keluar masuknya darah di jantung melalui beberapa katup. Setiap katup memiliki fungsinya masing-masing, yaitu:
  • Katup trikuspid

Katup trikuspid memiliki fungsi mengendalikan aliran darah antara bilik kanan dan serambi kanan jantung
  • Katup pulmonalis

Katup pulmonalis berfungsi mengatur aliran darah dari bilik kanan ke pembuluh darah arteri pulmonal. Tugasnya adalah membawa darah ke paru-paru agar bisa mengambil oksigen.
  • Katup mitral

Ini adalah pintu masuk untuk darah yang kaya akan oksigen dan berasal dari paru-paru. Darah ini kemudian masuk ke serambi kiri jantung menuju ke bilik kiri jantung.
  • Katup aorta

Katup aorta memuka jalan sehingga darah kaya oksigen dari paru-paru dapat masuk ke bilik kiri kemudian ke aorta. Aorta merupakan pembuluh darah terbesar pada tubuh manusia.Pada jantung yang sehat, seharusnya aliran darah jantung mengalir ke arah sebaliknya karena ditahan oleh setiap katup berada di bagian ujung. Otot dari setiap anatomi jantung harus memiliki koordinasi yang baik agar aktivitasnya juga seirama.

Pembuluh darah di jantung

Selain serambi, bilik, dan katup jantung, pembuluh darah juga memiliki peran penting sebagai jalur transportasi aliran darah jantung. Berikut ini tiga jenis pembuluh darah utama di jantung:
  • Pembuluh darah arteri

Fungsi dari pembuluh darah arteri adalah membawa darah yang kaya oksigen keluar dari jantung dan mengalir ke seluruh tubuh. Umumnya, ini diawali dengan pembuluh darah besar (aorta), pembuluh darah arteri, lalu terus bercabang ke seluruh bagian tubuh.
  • Pembuluh darah kapiler

Pembuluh darah kapiler memiliki ukuran kecil dan tipis. Pembuluh darah ini menghubungkan pembuluh darah arteri dan vena untuk mencapai ujung-ujung tubuh. Mengingat dindingnya cukup tipis, pembuluh darah kapiler dengan mudah bisa mendapatkan asupan oksigen, nutrisi, karbon dioksida, dan sisa metabolisme lainnya.
  • Pembuluh darah vena

Berbeda dengan arteri dan kapiler, pembuluh darah ini fungsinya adalah membawa darah kembali masuk ke dalam jantung. Darah di pembuluh vena sudah tidak lagi kaya oksigen, justru sebaliknya mengandung sisa zat metabolisme yang akan dikeluarkan tubuh.Bagi orang yang mengalami serangan jantung, salah satu faktornya karena ada penumpukan kolesterol dan plak lemak di pembuluh darah arteri. Seluruh struktur aliran darah jantung disebut sistem sirkulasi koroner. Kata “coronary” berasal dari bahasa Latin yang berarti “mahkota”. Sebutan ini datang karena pembuluh darah arteri berbentuk mengelilingi jantung layaknya mahkota.
katup jantunghidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/heart-disease/how-heart-works
Diakses pada 12 Juni 2020
WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/guide/how-heart-works
Diakses pada 12 Juni 2020
Heart Foundation. https://www.heartfoundation.org.nz/your-heart/how-the-heart-works
Diakses pada 12 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait