Alienasi atau Keterasingan: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


Alienasi adalah perasaan yang membuat seseorang merasa terasing, sehingga memilih untuk menarik diri dari orang lain dan lingkungan. Cara mengatasi keterasingan harus disesuaikan dengan apa yang menjadi penyebabnya.

(0)
Alienasi membuat seseorang memilih untuk menarik diri dari orang lain dan lingkunganAlienasi bisa saja dipicu oleh masalah kesehatan mental
Keterasingan atau alienation adalah kondisi yang terjadi saat seseorang menarik diri dari orang lain maupun lingkungan. Kondisi ini bersifat kompleks dan terbagi dalam beberapa tipe. Setiap tipe alienasi mempunyai definisi yang berbeda, namun sama-sama dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan fisik maupun mental.

Apa saja tipe alienasi?

Keterasingan merupakan kondisi yang kompleks. Ada enam tipe alienasi yang sering dialami. Keenam tipe tersebut, antara lain:
  • Keterasingan budaya: merasa dihapus dari nilai-nilai yang telah ditetapkan
  • Isolasi: merasa kesepian atau dikucilkan seperti menjadi minoritas dalam suatu kelompok
  • Ketidakberartian: merasa hidup tak punya tujuan karena tidak dapat melihat makna dalam tindakan, pekerjaan, dan hubungan dengan orang lain
  • Anomie: merasa terputus dari konvensi sosial (adat atau tradisi) sehingga membuatnya terlibat dalam perilaku menyimpang
  • Ketidakberdayaan: merasa tindakannya tak berpengaruh pada hasil atau tidak punya kendali atas hidup sendiri
  • Keterasingan diri: merasa tak terhubung dengan diri sendiri atau kesulitan membentuk identitas diri

Gejala-gejala merasakan keterasingan

Merasa jauh dari pekerjaan, keluarga, dan teman merupakan salah satu gejala keterasingan yang umum terjadi. Beberapa gejala lain alienasi adalah sebagai berikut:
  • Merasa tidak berdaya
  • Menolak untuk mematuhi aturan
  • Merasa berbeda atau terpisah dari orang lain
  • Merasa bahwa dunia kosong dan tidak bermakna
  • Merasa tidak aman ketika berinteraksi dengan orang lain
  • Merasa tersisih saat terlibat dalam obrolan maupun acara
  • Mengalami kesulitan untuk mendekati dan berbicara dengan orang lain
Beberapa orang yang merasa terasing mungkin juga akan mengalami gejala depresi. Gejala-gejala tersebut antara lain hilangnya nafsu makan atau makan secara berlebihan, insomnia, kurang harga diri, hingga merasakan keputusasaan. 

Ragam penyebab seseorang merasa terasing

Berbagai macam faktor dapat menjadi penyebab alienasi. Beberapa faktor yang berkontribusi dalam berkembangnya kondisi ini mulai dari masalah kesehatan, sosial, pertemanan, orangtua, hingga pekerjaan.

1. Masalah kesehatan

Keterasingan dapat muncul akibat masalah kesehatan fisik maupun mental yang Anda derita. Beberapa masalah kesehatan yang bisa menjadi pemicunya, meliputi:
  • Skizofrenia
  • Penyakit kronis
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan obsesif kompulsif (OCD)
  • Gangguan stres pasca trauma (PTSD)
  • Kondisi yang dapat menyebabkan seseorang merasa dikucilkan (misal cacat fisik)

2. Lingkungan sosial

Lingkungan sosial dapat menjadi penyebab seseorang merasa terasing. Sebagai contoh, ketika Anda berpindah sekolah, rumah, maupun tempat kerja, perubahan lingkungan yang terjadi bisa memicu alienasi apabila mengalami kesulitan dalam beradaptasi.

3. Lingkungan pertemanan

Alienation adalah kondisi yang biasa terjadi di lingkup pertemanan. Perasaan terasing ini bisa saja muncul sebagai efek samping dari perundungan dan viktimisasi yang diterima korban. Hal itu pun kemudian membuat korbannya mulai tidak percaya dengan orang lain dan memilih untuk menyendiri.

4. Orangtua

Apa yang ditunjukkan oleh orangtua kepada anaknya bisa berkontribusi dalam berkembangnya perasaan keterasingan. Kondisi ini mungkin terjadi ketika anak menjadi korban perceraian atau kekerasan dari orangtua mereka.

5. Lingkungan pekerjaan

Lingkungan pekerjaan dapat menyebabkan keterasingan. Kondisi ini umumnya terjadi akibat pengaruh pekerjaan yang dilakukan, rekan kerja, dan kemampuan diri dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Dampak buruk alienasi terhadap kesehatan

Perasaan keterasingan dapat memberi pengaruh buruk terhadap kehidupan seseorang. Jika tidak segera mendapat penanganan, orang yang merasa terasing mungkin akan berperilaku negatif seperti minum minuman keras, mengonsumsi obat-obatan, dan melakukan tindakan kriminal. Kondisi ini juga dapat menyebabkan penurunan performa kerja dan nilai sekolah.Sejumlah efek samping lain yang mungkin diperolah dari alienasi, di antaranya:
  • Sakit secara psikologis, termasuk kemarahan dan depresi
  • Masalah kesehatan akibat konsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol
  • Gangguan makan
  • Munculnya keinginan untuk mengakhiri hidup

Bagaimana cara mengatasi perasaan terasing?

Cara mengatasi perasaan terasing harus disesuaikan dengan apa yang menjadi penyebabnya. Apabila kondisi ini muncul akibat efek dari masalah kesehatan mental, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.Untuk mencegah keterasingan pada anak, terlebih remaja, peran orangtua sangat diperlukan. Menurut penelitian, hubungan yang kuat antara orangtua dan anak dapat membantu dalam mengatasi efek perundungan. Dengan begitu, risiko anak merasa terasing pun bisa dihindari.

Catatan dari SehatQ

Keterasingan atau alienasi adalah perasaan yang membuat seseorang memilih untuk menarik diri dari orang lain dan lingkungan. Beberapa faktor yang dapat berkontribusi dalam munculnya kondisi ini mulai dari masalah kesehatan, faktor lingkungan, hingga pola asuh orangtua.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait perasaan terasing dan cara mengatasinya dengan benar, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalkesepianmenjalin hubungan
Healthline. https://www.healthline.com/health/alienation
Diakses pada 8 Mei 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/synapses-sanity-society/201910/what-does-alienation-feel
Diakses pada 8 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait