Alergi Lipstik: Gejala dan Cara Menanganinya


Ada sebagian orang mengalami alergi lipstick. Beberapa jenis produk pewarna bibir ini bisa mengandung zat kimia yang tak bisa diterima tubuhnya. Selain bibir gatal, ciri-ciri lain mengalami alergi adalah muncul sensasi terbakar dan bibir bengkak.

0,0
21 Jun 2021|Azelia Trifiana
Bibir bengkak bisa terjadi saat memakai lipstikBibir bengkak bisa terjadi saat memakai lipstik
Ada orang yang bisa koleksi berbagai warna lipstick dari beragam merek, ada pula yang untuk membeli satu lipstick saja harus pikir-pikir matang. Biasanya ini terjadi pada mereka yang alergi lipstick. Beberapa jenis produk pewarna bibir ini bisa mengandung zat kimia yang tak bisa ditoleransi.Selain bibir gatal, ciri-ciri lain mengalami alergi adalah muncul sensasi terbakar. Kerap kali, kondisi ini juga disertai dengan pembengkakan di bibir.

Gejala alergi lipstick

Untuk membedakan apakah bibir gatal terjadi karena alergi lipstick atau akibat alergen lainnya, berikut ini beberapa gejala alergi lipstick:

1. Sensasi terbakar

Berbeda dengan gatal biasa, ada sensasi terbakar dan kebas di bibir ketika mengalami alergi lipstick tertentu. Ini adalah gejala yang pertama kali muncul. Coba periksa kandungan dalam lipstick apakah mengandung zat kimia pemicu alergi atau tidak.

2. Bibir gatal

Kondisi bibir gatal bisa saja tidak langsung muncul setelah Anda mengoleskan lipstick. Namun, dalam rentang waktu 1-2 jam sejak memakai lipstick, rasa gatal semakin parah. Sebaiknya segera bersihkan bibir dari lipstick agar tidak menyebabkan pembengkakan.

3. Bengkak

bibir bengkak
Bibir bengkak sebagai reaksi tubuh terhadap zat kimia
Setelah beberapa gejala di atas, bibir juga akan membengkak sebagai respons tubuh untuk melawan alergen. Seberapa parahnya pembengkakan ini berbeda-beda bisa ringan hingga cukup parah.Apabila pembengkakan sudah sampai mengganggu pernapasan dan kemampuan menelan, sebaiknya segera cari penanganan medis. Kondisi ini dapat mengancam nyawa.

4. Mengelupas

Kulit bibir juga bisa mengelupas setelah lipstick pemicu alergi dibersihkan dari bibir. Terkadang, gejala ini juga disertai dengan munculnya titik-titik keringat di sekitar bibir. Jangan tunda untuk membersihkan menyeluruh lipstick secara perlahan agar tidak semakin menimbulkan iritasi.

Mengenal alergi kontak cheilitis

Istilah medis untuk kondisi bibir gatal atau mengalami peradangan adalah terpapar alergen. Contohnya bukan hanya lipstick, namun juga tabir surya, pasta gigi, obat kumur, hingga konsumsi obat. Zat kimia yang ada dalam produk-produk semacam itu bisa menyebabkan bibir gatal atau mengalami reaksi alergi.Selain itu, makanan yang mengandung bahan pengawet, pengharum, atau perasa buatan juga bisa menjadi pemicu terjadinya alergi.Lebih jauh lagi, bibir sangat rentan mengalami reaksi alergi karena kulitnya lebih tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Artinya, risiko mengalami iritasi akibat terpapar produk kosmetik atau makanan pun cukup tinggi.Selain alergi kontak cheilitis, kondisi ini juga disebut dengan dermatitis kontak. Pemicunya adalah iritan dan alergi.Idealnya, kondisi alergi kontak cheilitis ini akan mereda dalam waktu 24 jam. Namun jika tidak kunjung mereda, segera cari bantuan medis.

Cara mengatasi alergi lipstick

bersihkan make up
Segera hapus make up dan bersihkan bibir dari lipstick
Ketika mengalami alergi lipstick, berikut ini langkah yang bisa dilakukan:
  • Segera membersihkan bibir dari lipstick
  • Bersihkan bibir dengan air mengalir
  • Kompres es bibir untuk mengurangi pembengkakan
  • Menghindari makan yang bersifat asam dan pedas
  • Mengonsumsi obat antihistamin sesuai dosis
Selain itu, sebaiknya cegah mencoba lipstick yang ada di toko atau outlet. Sebab, tidak ada yang tahu lipstick itu pernah menyentuh bibir siapa saja. Permukaan lipstick sangat mungkin menjadi media berkembang biaknya kuman dan bakteri.Ini juga berlaku bagi orang yang menggunakan jasa perias wajah atau makeup artist. Ada baiknya menggunakan lipstick pribadi ketimbang menggunakan lipstick yang dibawa oleh MUA. Namun jika kebersihannya terjaga betul dan tidak pernah ada kontak langsung dengan bibir klien lain, maka tak masalah.Sementara jika alergi lipstick terjadi saat baru mencoba produk baru, perhatikan apa saja komposisinya. Perhatikan satu persatu agar bisa memetakan mana yang paling mungkin menyebabkan alergi.

Setelah mengetahui apa pemicunya, pastikan jangan pernah membeli produk kecantikan dengan komposisi itu dan turunannya. Lebih baik jeli dan lebih repot melakukan riset sebelum membeli, ketimbang mengalami reaksi alergi lagi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kapan harus segera mendapatkan penanganan medis, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitbibir kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/swollen-lips
Diakses pada 7 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-lips#outlook
Diakses pada 7 Juni 2021
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/307555990_Allergic_contact_cheilitis_due_to_lipstick
Diakses pada 7 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait