Alergi Bawang Putih Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

0,0
14 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Alergi bawang putih dapat dipicu dengan mengonsumsi dan menyentuh bawang putihAlergi bawang putih sebaiknya tidak disepelekan
Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak populer yang tidak hanya membuat makanan lezat, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, walaupun jarang terjadi, ada sebagian orang yang memiliki alergi bawang putih.Reaksi alergi dapat dipicu oleh bawang putih matang, mentah, atau dalam bentuk lain, seperti ekstrak, bubuk, jus, dan sebagainya. Reaksi alergi ini bisa terjadi segera hingga beberapa jam setelah kontak langsung maupun mengonsumsi bawang putih.Alergi bawang putih pada tangan atau permukaan kulit yang terpapar lainnya bahkan bisa terjadi tanpa harus menelan atau menghirupnya terlebih dahulu, misalnya dengan menyentuhnya.

Penyebab alergi bawang putih

Alergi bawang putih disebabkan sistem kekebalan tubuh salah mengidentifikasi bawang putih sebagai zat berbahaya. Kondisi ini lantas memicu tubuh menghasilkan antibodi sebagai upaya untuk melawannya sehingga tubuh menunjukkan gejala melawan infeksi yang salah berupa reaksi alergi.Alergi bawang putih dapat terus terjadi setiap kali Anda terpapar makanan ini. Reaksi alergi yang muncul bisa saja meningkat, mulai dari yang bentuknya ringan hingga serius dan bisa berakibat fatal.

Gejala alergi bawang putih

Gejala alergi bawang putih dapat muncul setelah menghirup, menyentuh, atau mengonsumsinya. Reaksi alergi dapat terjadi segera setelah kontak langsung, sampai dua jam usai mengonsumsi atau menyentuh bawang putih. Gejalanya dapat berkisar dari ringan hingga serius, di antaranya:
  • Peradangan kulit
  • Gatal-gatal
  • Sensasi kesemutan pada bibir, mulut, atau lidah
  • HIdung berair
  • Hidung tersumbat atau pilek
  • Hidung gatal
  • Bersin-bersin
  • Mata gatal atau berair
  • Sesak napas atau mengi
  • Kesulitan menelan
  • Pusing
  • Mual dan muntah
  • Kram perut
  • Diare.
Bawang putih juga dianggap sebagai penyebab paling umum dari dermatitis kontak alergi di ujung jari. Alergi bawang putih pada tangan paling sering memengaruhi ibu jari, telunjuk, dan ujung jari tengah. Khususnya pada tangan yang lebih sering digunakan memegang bawang putih.Anda juga mungkin dapat mengalami serangan asma yang dipicu oleh alergi jika menghirup debu bawang putih kering. Jika terjadi komplikasi, serangan asma bisa bertambah parah dengan cepat dan berpotensi serius.Komplikasi lainnya yang dapat terjadi dari alergi bawang putih adalah anafilaksis, yakni reaksi alergi berat yang bisa berakibat fatal. Anafilaksis disebabkan kondisi tubuh yang hipersensitif terhadap pemicu alergi sehingga menyebabkan sistem imun membanjiri tubuh dengan bahan kimia.Kondisi ini dapat memicu syok, di mana tekanan darah turun tiba-tiba dan saluran udara menyempit sehingga menghalangi pernapasan. Tanda dan gejala anafilaksis meliputi denyut nadi cepat dan lemah, ruam kulit, mual, dan muntah.

Cara mengatasi alergi bawang putih

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika memiliki alergi bawang putih. Beberapa hal ini termasuk langkah pencegahan sekaligus cara mengatasi alergi bawang putih.
  • Meski Anda mengalami reaksi alergi bawang putih yang ringan, pastikan untuk menanganinya dengan serius. Reaksi alergi mungkin saja meningkat, bahkan tanpa peringatan.
  • Segera kunjungi dokter saat mengalami reaksi alergi untuk mendapatkan rekomendasi jenis pengobatan yang tepat, termasuk jenis obat-obatan yang dijual bebas.
  • Jika mengalami gejala asma atau anafilaksis karena alergi bawang putih, segera kunjungi rumah sakit terdekat walaupun terjadi di tengah malam.
  • Menghentikan konsumsi bawang putih sepenuhnya dapat meredakan gejala. Anda mungkin juga harus menghindari jenis tanaman keluarga allium yang memiliki unsur protein sama dengan bawang putih, seperti bawang merah, bawang bombay, dan daun bawang.
  • Selalu perhatikan jenis-jenis makanan yang akan dikonsumsi. Ungkapkan bahwa Anda alergi bawang putih saat memesan makanan di restoran.
Segera temui dokter apabila Anda mengalami ketidaknyamanan setelah makan atau terpapar bawang putih. Dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis alergi bawang putih.Dokter juga bisa membantu merencanakan strategi untuk membatasi paparan alergen dan menyarankan jenis perawatan terbaik sebagai cara mengatasi alergi bawang putih.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
alergibawang putih
Healthline. https://www.healthline.com/health/garlic-allergy
Diakses 31 Mei 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321702#causes
Diakses 31 Mei 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anaphylaxis/symptoms-causes/syc-20351468
Diakses 31 Mei 2021
Derm Net NZ. https://dermnetnz.org/topics/garlic/
Diakses 31 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait