Alektorophobia atau Takut Berlebihan Saat Melihat Ayam, Begini Cara Mengatasinya


Alextorophobia membuat penderitanya mengalami ketakutan ekstrem terhadap ayam. Cara mengatasi kondisi ini bisa dengan terapi, konsumsi obat sesuai resep dokter, atau kombinasi antara keduanya.

0,0
Alektorophobia adalah fobia yang mengakibatkan penderitanya merasakan ketakutan atau kecemasan ekstrem terhadap ayamPengalaman traumatis berkaitan dengan ayam dapat menjadi penyebab alektorophobia
Ayam merupakan hewan yang tidak berbahaya, kecuali jika Anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Namun, banyak orang yang merasa takut dan cemas ketika berhadapan dengan unggas satu ini.Jika Anda termasuk salah satunya, kondisi ini dikenal dengan istilah alektorophobia. Orang-orang yang menderita kondisi ini sebenarnya sadar bahwa ketakutan mereka tidak rasional, tetapi kesulitan untuk mengontrol reaksi fisik maupun psikologisnya terhadap ayam.

Apa itu alektorophobia?

Alektorophobia adalah fobia yang mengakibatkan penderitanya merasakan ketakutan atau kecemasan ekstrem terhadap ayam. Istilah ini sendiri terdiri dari dua kata, yaitu alektor dan phobos.Dalam bahasa Yunani, alektor artinya ayam jantan sedangkan phobos berarti fobia. Orang-orang yang menderita kondisi ini umumnya hanya takut pada ayam hidup. Namun, dalam beberapa kasus, penderitanya juga mengalami ketakutan ekstrem saat disuguhkan sajian dengan bahan ayam.

Gejala yang umumnya dialami penderita alektorophobia

Penderita alektorophobia akan merasa cemas saat berhadapan dengan ayam
Panik saat berhadapan dengan ayam merupakan salah satu gejala fobia
 Ada berbagai macam gejala yang mungkin akan dirasakan oleh penderita alektorophobia saat berhadapan dengan ayam. Gejala yang dirasakan dapat memengaruhi kondisi mereka secara fisik maupun psikologis.Sejumlah gejala yang mungkin dirasakan penderitanya saat memikirkan atau berhadapan dengan ayam, antara lain:
  • Panik
  • Berkeringat
  • Merasa was-was
  • Tubuh gemetaran
  • Dada terasa sesak
  • Kesulitan bernapas
  • Pusing atau kliyengan 
  • Detak jantung meningkat
  • Merasakan ketakutan ekstrem
  • Merasakan kecemasan yang berlebihan
  • Memilih menjauh ketika berhadapan dengan ayam
Penderita alektorophobia yang masih anak-anak mungkin akan mengalami gejala tambahan seperti tantrum (rewel), menangis, dan terus memegangi orangtua saat melihat ayam.Gejala yang dirasakan oleh masing-masing penderita fobia ayam mungkin akan berbeda satu sama lain. Untuk memastikan kondisi yang mendasarinya, tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter jika Anda merasakan gejala-gejala di atas.

Penyebab seseorang mengalami alektorophobia

Hingga saat ini, belum diketahui apakah yang menjadi penyebab pasti seseorang menderita alektorophobia. Namun, pengalaman traumatis di masa lalu yang melibatkan ayam mungkin berkontribusi dalam berkembangnya kondisi ini. Sebagai contoh, penderitanya bisa saja jadi korban serangan ayam saat masih kecil dan tidak dapat dilupakan hingga dewasa.Selain itu, faktor genetik diduga juga bisa menjadi pemicu fobia ayam. Jika orangtua Anda memiliki ketakutan berlebihan pada ayam, reaksi yang ditunjukkan seringkali akan ditiru oleh anak-anak mereka.

Bagaimana cara mengatasi alektorophobia?

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengatasi fobia ayam. Untuk mengatasi kondisi ini, dokter mungkin akan merekomendasikan terapi, konsumsi obat-obatan tertentu, atau kombinasi antara keduanya.Berikut ini sejumlah cara untuk mengatasi alektorophobia:
  • Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif bertujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku negatif ketika Anda memikirkan atau berhadapan dengan ayam. Terapis akan mengidentifikasi faktor penyebab ketakutan tak rasional terhadap ayam, dan menggantinya dengan pemikiran yang wajar.
  • Terapi pemaparan

Dalam terapi pemaparan, penderita Alektorophobia akan diminta untuk menghadapi ketakutannya. Terapis akan memaparkan Anda pada hal-hal yang berkaitan dengan ayam, sebelum kemudian dihadapkan langsung secara perlahan.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Obat-obatan umumnya diberikan untuk membantu meredakan gejala. Beberapa obat yang biasa diresepkan oleh dokter yaitu anticemas dan beta-blocker. Pemberian obat baru akan dilakukan jika Anda kesulitan mengontrol ketakutan ketika menjalani terapi pemaparan.Efektivitas masing-masing pengobatan mungkin akan berbeda pada masing-masing penderita alektorophobia. Selain itu, waktu penyembuhan setiap penderitanya juga dapat berbeda satu sama lain.

Catatan dari SehatQ

Alektorophobia adalah fobia yang membuat seseorang mengalami ketakutan atau kecemasan esktrem saat memikirkan atau berhadapan dengan ayam. Kondisi ini bisa diatasi dengan terapi dan konsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter seperti antidepresan atau beta-blocker.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait alektorophobia dan cara mengatasinya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan kecemasanfobia
Healthline. https://www.healthline.com/health/alektorophobia
Diakses pada 19 Juni 2021
Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/anxiety-disorders/alektorophobia-fear-of-chickens
Diakses pada 19 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait