Rekomendasi Alat Olahraga Lari yang Wajib Anda Miliki

0,0
02 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Alat olahraga lari yang penting antara lain adalah sepatuSepatu termasuk salah satu alat olahraga lari yang penting
Jogging atau lari adalah salah satu olahraga yang banyak dipilih orang ketika ingin ‘menghasilkan keringat’ karena tidak membutuhkan skill khusus utnuk melakukannya. Kendati demikian, Anda tetap dianjurkan membekali diri alat olahraga lari yang tepat agar terhindar dari cedera sekaligus memberi kenyamanan saat berolahraga.Olahraga lari terbagi menjadi 2 aliran, yakni lari di luar ruangan dan lari di dalam ruangan menggunakan treadmill. Banyak orang lebih memilih melakukan lari di luar ruangan karena sekaligus bisa menghirup udara segar, bertemu dengan teman-teman, serta melalui trek yang beragam dengan berbagai level kesulitan.Meskipun demikian, tidak sedikit pula orang yang lebih memilih lari di treadmill, terutama mengingat pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Lari di dalam ruangan memiliki keunggulan berupa lingkungan yang lebih terkontrol serta bisa dilakukan sekalipun dalam cuaca hujan.Apapun preferensi Anda, pastikan untuk melakukannya dengan alat olahraga lari yang tepat. Apa saja yang dibutuhkan?

Rekomendasi alat olahraga lari

Pilih sepatu lari yang nyaman
Olahraga lari banyak dipilih karena kepraktisannya. Alat olahraga lari tidak terlalu banyak, sederhana, dengan harga yang elatif terjangkau serta bisa disesuaikan dengan budget pribadi.Banyak orang berlari dengan perlengkapan seadanya, mulai dari pakaian sehari-hari hingga mengenakan sepatu lama asalkan terasa nyaman di kaki. Namun, bila ingin merasakan kenyamanan dan keamanan saat berlari, berikut ini rekomendasi alat olahraga lari yang bisa Anda siapkan.

1. Sepatu lari

Idealnya, sepatu yang Anda gunakan untuk lari atau jogging adalah sepatu lari alias runner shoe. Tipe sepatu ini biasanya ringan dan memiliki sol yang lebih tebal agar kaki memiliki tumpuan yang empuk serta nyaman saat berlari, sehingga enak digunakan saat Anda berlari di luar ruangan atau di atas treadmill.Meskipun demikian, bagi Anda yang senang melakukan berbagai jenis olahraga, misalnya lari plus tenis dan basket, pilihlah tipe sepatu yang bisa digunakan untuk segala jenis olahraga. Jenis sepatu ini disebut cross-trainer shoe.Sepatu cross-trainer yang baik akan nyaman digunakan di segala jenis olahraga yang Anda lakukan. Pilihlah sepatu cross-trainer dengan bagian tumit yang kaku, tidak mudah dibengkokkan, dan terasa ringan.

2. Baju olahraga

Kaus oblong atau baju yang terbuat dari katun yang terasa nyaman di badan kerap menjadi pilihan praktis para pelari, Anda mungkin salah satunya. Jika demikian, pastikan untuk menyiapkan baju ganti karena kaus katun sangat mudah menyerap keringat, sehingga bisa membuat cepat tidak nyaman.Anda juga bisa menggunakan baju khusus sebagai alternatif alat olahraga lari, apalagi bila sering jogging atau berolahraga di atas treadmill. Baju khusus ini dirancang ringan dan pas di badan, tidak mengganggu pergerakan, serta biasanya terbuat dari bahan nilon, wool, atau polyester yang tidak mudah lepek saat berkeringat.Beberapa pelari juga senang mengenakan jaket saat jogging atau lari treadmill. Jaket boleh-boleh saja dipakai, kecuali saat cuaca sedang panas, yang justru akan memicu suhu tubuh gampang naik dan malah membuat pengap.

3. Celana olahraga

Sama halnya dengan baju, pilihlah celana olahraga dari bahan yang menyerap keringat. Anda bisa mengenakan celana pendek yang membuat lebih leluasa melangkah. Namun Anda juga dapat memakai celana training yang lentur, menutup bagian tubuh, tapi tetap nyaman.

4. Sport bra

Alat olahraga lari yang satu ini sangat disarankan bagi wanita karena dapat menyanggah payudara dengan baik saat Anda melakukan aktivitas berat. Pilihlah sport bra sesuai ukuran payudara, jangan sampaiterlalu kecil atau terlalu besar yang justru akan membuat Anda tidak nyaman saat berlari.Pastikan juga sport bra dicuci dengan menggunakan tangan agar awet dan tetap elastis. Jangan gunakan lagi sport bra setelah 72 kali dicuci atau ketika elastisitasnya sudah hilang. Begitu pula ketika payudara mengalami perubahan ukuran, seperti saat berat badan bertambah atau menyusui.

Alat olahraga lari tambahan

Jika memungkinkan, Anda juga dapat melengkapi diri dengan alat olahraga lari berikut ini:
  • Ikat pinggang

    Ikat pinggang khusus ini akan membantu menyimpan barang-barang pribadi yang kecil, seperti kunci kendaraan, STNK, KTP, dan uang.
  • Arm band

    Mengantongi telepon genggam saat lari akan terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan arm band atau kantong khusus telepon genggam yang bisa dipakai di lengan, dikalungkan, atau digantung di ikat pinggang.
  • Jam tangan sport

    Jam tangan ini bisa menjadi GPS dan penghitung jumlah kilometer lari yang Anda lalui. Beberapa jenis jam tangan sport juga bisa menghitung detak jantung.
  • Botol minum

    Setelah lari, jangan lupa untuk melakukan rehidrasi. Anda dapat membawa botol berisi air minum, agar tidak kehausan.

Catatan dari SehatQ

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang olahraga lari, Anda juga bisa berkonsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragalari
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/running-on-treadmill-vs-outside
Diakses pada 18 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/choosing-best-workout-shoes
Diakses pada 18 Desember 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/basic-running-clothes-for-beginners-2911840
Diakses pada 18 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait