8 Alat Fitness yang Bisa Anda Beli untuk Olahraga di rumah

Beberapa contoh alat fitness murah yang bisa digunakan di rumah adalah matras yoga dan dumbbell
Matras yoga dan dumbbell dapat digunakan untuk olahraga di rumah

Di masa pandemi Covid-19 ini, melakukan olahraga di rumah menjadi sangat berisiko. Sebagai solusinya, Anda bisa membuat gym kecil-kecilan di rumah dengan berbagai alat fitness murah yang bisa dibeli secara online

Jika Anda tidak memiliki ruang yang besar untuk menampung alat-alat ini, pastikan Anda selektif dalam memilih alat fitness yang ingin digunakan.

Alat fitness yang cocok Anda miliki di rumah

Sebagai rekomendasi, berikut adalah berbagai alat fitness murah yang tidak memakan banyak tempat di rumah sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkannya.

1. Matras yoga

Matras yoga adalah salah satu alat fitness terbaik yang bisa Anda miliki di rumah. Tidak hanya digunakan untuk yoga, matras ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan lainnya, seperti push-up atau sit-up.

Matras yoga akan membantu tubuh Anda menjadi hangat dan energi yang Anda hasilkan dari tubuh Anda akan diteruskan ke matras, bukan ke lantai.

2. Dumbbell

Dumbel adalah alat fitness murah yang serbaguna dan mudah digunakan untuk berbagai jenis latihan. Alat fitness ini juga tersedia dalam berbagai berat sehingga Anda bisa memilihnya sesuai kemampuan diri Anda. Secara keseluruhan, dumbbell dapat membantu tubuh menjadi bugar dan mencegahnya dari berbagai penyakit.

3. Barbel

Barbel adalah alat fitness rumahan lainnya yang cukup terjangkau dan tidak menghabiskan tempat. Berbeda dengan dumbbell, barbel secara khusus digunakan untuk latihan angkat berat.

Barbel akan bekerja untuk membentuk dan menguatkan otot-otot tubuh Anda. Alat ini bisa jadi alternatif Anda yang biasa melakukan olahraga angkat berat agar tidak kehilangan massa otot selama berbulan-bulan di rumah.

4. Kursi gym

Kursi gym merupakan kursi serbaguna yang digunakan dalam berbagai jenis latihan, terutama bench press. Kursi ini tersedia dalam berbagai desain dan ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan menggunakan kursi gym, Anda dapat melakukan bench press dari rumah yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dorong tubuh, khususnya bagian dada, bahu, dan trisep. Anda juga bisa meningkatkan massa otot melalui latihan bench press.

5. Kettlebell

Kettlebell masuk dalam daftar alat fitness yang bisa digunakan di rumah. Alat ini bentuknya seperti bola bowling mini dengan gagang di atasnya. Kettlebell digunakan dalam banyak latihan, terutama latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan, paha, dan betis Anda.

6. Bola gym

Opsi lain yang cocok digunakan sebagai alat fitness rumahan adalah bola gym. Bola yang bentuknya cukup besar ini umumnya digunakan dalam latihan untuk memperkuat dan meregangkan tubuh Anda sehingga stabilitas dan keseimbangan tubuh Anda meningkat.

7. Treadmill

Meski tidak semurah alat-alat fitness sebelumnya, treadmill dapat memberikan manfaat tambahan bagi tubuh Anda. Berjalan atau berlari di atas treadmill dapat membantu mengurangi stres pada tubuh ketimbang berjalan atau jogging di luar rumah atau di lapangan karena trek treadmill yang datar dan tanpa gangguan jika dibandingkan dengan trek lari di luar.

8. Sepeda statis

Sama seperti treadmill, sepeda statis umumnya tidak murah. Akan tetapi, alat ini tetap dapat digunakan untuk olahraga di rumah. Sepeda statis digunakan sebagai bagian dari latihan kardio yang membantu membuat jantung lebih kuat dan membakar kalori.

Sepeda statis tersedia dalam berbagai jenis dengan manfaat yang beragam. Pastikan Anda menyesuaikannnya dengan kebutuhan Anda jika ingin membelinya.

Sepeda statis merupakan alat fitness yang cukup populer karena ringan, mudah digunakan, dan mudah disimpan saat dilipat. Selain itu, Anda dapat menggunakannya di mana saja, kapan pun dan apa pun iklimnya. Kini, sepeda statis juga dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti monitor detak jantung, kipas pendingin, dan masih banyak lagi.

Itulah berbagai alat fitness rumahan yang sebagian besar dapat dibeli dengan harga terjangkau dan tidak memakan tempat di rumah. Maksimalkan penggunaan alat-alat di atas saat berolahraga untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Health. https://www.health.com/fitness/best-home-workout-equipment
Diakses pada 02 Juni 2020

Sporting8. https://sporting8.com/blog/10-gym-equipment-for-home/
Diakses pada 02 Juni 2020

Verywellfit. https://www.verywellfit.com/must-have-gym-equipment-3498636
Diakses pada 02 Juni 2020

Artikel Terkait