Alat Bantu Seks Wanita: Jenis, Manfaat, dan Tips Aman Menggunakannya


Alat bantu seks wanita memiliki jenis yang beragam. Beberapa jenis sex toy untuk wanita seperti dildo, vibrator internal, vibrator eksternal, Ben Wa ball, dan tongkat non-vibrator.

(0)
Tak hanya pria, alat bantu seks juga tersedia bagi kaum hawa. Bahkan, alat bantu seks wanita memiliki jenis yang lebih beragam dibandingkan pria. Apa saja jenisnya? Lalu, bagaimana cara memilih sex toys yang tepat untuk Anda?

Jenis-jenis alat bantu seks wanita

Beragam jenis alat bantu seks wanita dapat Anda temukan di pasaran. Bahkan, tiap jenis sex toys tersedia dalam berbagai macam varian. Berikut ini jenis-jenis alat bantu seks untuk wanita dan ragam variannya yang bisa Anda pilih:

1. Dildo

Dildo adalah sex toys yang dirancang untuk memberikan penetrasi ke vagina, anus, dan mulut. Alat bantu seks wanita ini memiliki bentuk yang mirip dengan penis. Sejumlah varian dildo yang bisa Anda jadikan pilihan, antara lain:
  • Dildo standar:  punya bentuk paling menyerupai penis. Dildo varian ini umumnya terbuat dari silikon. Dildo standar dimainkan dengan menggunakan tangan untuk merangsang A-spot serta G-spot.
  • Dildo bertekstur: biasanya terbuat dari bahan selain silikon untuk memberikan sensasi yang berbeda. Contoh, dildo berbahan stainless steel akan terasa lebih berat sehingga meningkatkan sensasi penuh dalam vagina. Ada juga dildo yang dibuat dengan tekstur seperti bintik-bintik untuk meningkatkan sensasi gesekan dalam miss V.
  • Dildo berkepala dua: biasanya digunakan untuk melakukan penetrasi ke lubang vagina dan anus langsung secara bersamaan. Jika dimasukkan ke dalam vagina saja, varian dildo ini meningkatkan sensasi penuh dalam miss V.

2. Vibrator internal

Alat bantu seks wanita ini memberi rangsangan lewat getaran melalui anus
Anal vibrator digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam anus
Sex toys jenis ini bekerja dengan cara dimasukkan ke dalam lubang vagina maupun anus untuk memberikan rangsangan atau kepuasan. Varian vibrator internal yang dapat dijadikan pilihan, di antaranya:
  • G-spot vibrator: alat bantu seks ini digunakan untuk merangsang G-spot wanita yang terletak 2 inchi di dalam dinding vagina.
  • A-spot vibrator: sex toys ini berfungsi untuk merangsang A-spot yang berada 2 hingga 3 inchi lebih dalam dari G-spot.
  • Egg vibrator: vibrator ini memiliki bentuk seperti telur dan bekerja dengan dimasukkan ke dalam lubang vagina Anda.
  • Anal vibrator: alat bantu seks wanita ini memberikan rangsangan lewat getaran dengan cara diletakkan ke dalam anus.

3. Vibrator eksternal

Wand vibrator merupakan alat bantu seks wanita yang berbentuk seperti mikrofon
Wand vibrator memberi rangsangan lewat getaran pada ujung yang bulat
Alat bantu seks wanita ini memberikan rangsangan dan sensasi kepuasan dengan memberikan getaran pada bagian luar vagina. Beberapa varian vibrator eksternal yang bisa Anda temukan di pasaran, meliputi:
  • Palm vibrator: sex toys yang dipakai untuk merangsang klitoris dan labia (bagian dari vulva) ini memiliki bentuk seperti mouse komputer.
  • Jewelry vibrator: alat bantu seks wanita ini terbilang unik karena selain merangsang klitoris juga bisa digunakan sebagai perhiasan.
  • Panty vibrator: alat ini digunakan dengan cara dimasukkan ke celana dalam dan bisa memberikan rangsangan tanpa perlu memeganginya.
  • Wand vibrator: sex toys ini punya bentuk seperti mikrofon dan getarannya didapatkan lewat salah satu ujungnya yang berbentuk bulat.
  • Finger vibrator: alat bantu seks ini dipakai pada jari Anda atau pasangan, sebelum kemudian ditempelkan pada bagian luar vagina untuk memberikan rangsangan lewat getarannya.

4. Tongkat non-vibrator

Tongkat non-vibrator digunakan untuk melakukan rangsangan dengan memberikan tekanan pada G-spot dan A-spot. Umumnya, alat bantu seks wanita ini terbuat dari bahan seperti baja anti-karat maupun kaca.

5. Ben Wa ball

Ben Wa ball adalah alat bantu seks wanita berbentuk bola yang dipakai dengan dimasukkan ke dalam vagina. Alat ini sebenarnya digunakan untuk membantu melatih otot kegel. Meski begitu, beberapa orang menyukai sensasi penuh yang diberikan saat bola ini dimasukkan ke dalam miss V.

Apa manfaat alat bantu seks wanita?

Penggunaan sex toys pada wanita memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti:
  • Merangsang saraf sekitar vagina
  • Meningkatkan lubrikasi dalam vagina
  • Meningkatkan aliran darah ke dinding vagina
  • Meregangkan jaringan vagina sehingga dapat mengurangi rasa sakit ketika menerima penetrasi
  • Memberikan rangsangan tambahan saat mengalami penurunan sensasi seksual, libido rendah, dan ketidakmampuan untuk menikmati orgasme

Tips menggunakan alat bantu seks dengan aman

Melakukan kontak langsung dengan organ vital Anda, penggunaan alat bantu seks tak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan sex toysBerikut ini sejumlah tips memakai alat bantu seks dengan aman:
  • Lapisi alat bantu seks dengan kondom untuk mengurangi risiko infeksi
  • Beli produk dari produsen sex toys yang terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya
  • Cuci sex toys  seusai digunakan untuk menghilangkan bakteri dan virus yang menempel di permukaannya
  • Mengetahui kandungan material yang ada di dalamnya, hindari produk dengan phthalate karena dapat menyebabkan infeksi

Catatan dari SehatQ

Alat bantu seks wanita mempunyai beragam jenis mulai dari dildo, vibrator internal, vibrator eksternal, tongkat non-vibrator, hingga Ben Wa ball. Dalam memilihnya, sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing.Jangan lupa juga membeli produk dengan material yang aman dan telah terbukti kualitasnya. Jika Anda merasakan gatal, sensasi terbakar, atau masalah lain pada vagina seusai memakai sex toys, segera berkonsultasi ke dokter.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait alat bantu seks wanita dan cara menggunakannya dengan aman, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
orgasmetips seksmasturbasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/sex-toys-for-beginners-pros
Diakses pada 3 Maret 2021
Patient. https://patient.info/news-and-features/sex-toys-health-benefits-for-women-men
Diakses pada 3 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/sexual-health/a-guide-to-sex-toy-safety/
Diakses pada 3 Maret 2021
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/sex-pleasure-and-sexual-dysfunction/sex-and-pleasure/sex-toys
Diakses pada 3 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait