8 Alasan Mengapa Vaksin Covid-19 Penting yang Perlu Anda Ketahui


Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Tidak lama lagi, masyarakat bisa mendapatkannya. Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, mengapa vaksin penting? Dapatkan jawabannya di sini!

0,0
16 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak alasan mengapa vaksin Covid-19 penting, salah satunya untuk mencegah penularan virus corona.Mengapa vaksin Covid-19 begitu penting? Ya, keberadaan vaksin dipercaya dapat menghentikan pandemi.
Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan segera mendapatkan vaksin Covid-19 atau virus corona. Beberapa waktu lalu, sekitar 1,2 juta vaksin Covid-19 dari Sinovac telah tiba. Sebelum didistribusikan, masyarakat harus menunggu persetujuan emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa vaksin Covid-19 penting? Simak penjelasan berikut untuk menemukan jawabannya.

Mengapa vaksin Covid-19 penting?

Indonesia menjadi salah satu negara yang paling terdampak dari pandemi Covid-19. Per 16 Desember 2020, kasus positif virus corona di Tanah Air mencapai 629.429, sedangkan yang sembuh 516.656, dan meninggal dunia 19.111 jiwa.  Vaksin Covid-19 dibutuhkan untuk menghentikan rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Maka dari itu, berikut adalah alasan mengapa vaksin Covid-19 penting untuk Anda dapatkan.

1. Mencegah tubuh terinfeksi Covid-19

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), salah satu alasan utama mengapa vaksin Covid-19 penting adalah mencegah tubuh terinfeksi virus corona.Saat ini, berbagai macam vaksin Covid-19 sedang menjalani proses uji klinis. Jika sudah disetujui dan diedarkan ke masyarakat, pemberian vaksin dapat membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap virus corona.

2. Mencegah komplikasi Covid-19

Saat Covid-19 masuk ke dalam tubuh, virus ini bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi yang mengancam nyawa, seperti:
  • Pneumonia
  • Sindrom gangguan pernapasan akut
  • Gagal hati akut
  • Gagal jantung akut
  • Gagal ginjal akut
  • Syok septik
  • Penggumpalan darah
  • Rhabdomyolysis (rusaknya otot dan matinya jaringan tubuh).
Meskipun Anda telah terinfeksi Covid-19, berbagai komplikasi di atas dapat dicegah jika Anda sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

3. Melindungi orang di sekitar dari Covid-19

Vaksin Covid-19 tidak hanya melindungi Anda dari penyebaran virus corona, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum atau tidak bisa mendapatkan vaksin.Menurut situs Satgas Penanganan Covid-19, terdapat beberapa orang yang tidak dapat diimunisasi akibat faktor usia dan penyakit tertentu.Saat tubuh Anda sudah mendapatkan vaksin Covid-19, orang-orang di sekitar Anda yang berisiko mengidap komplikasi Covid-19 juga akan terhindar dari virus corona.

4. Mencegah penularan Covid-19 dari pasien virus corona

Vaksin Covid-19 sangatlah dibutuhkan untuk menghentikan pandemi virus corona
Vaksin Covid-19 dapat mencegah penularan virus corona
Selain dipercaya bisa mengurangi tingkat keparahan komplikasinya, vaksin Covid-19 juga bisa mencegah penularan Covid-19 dari orang-orang yang sudah terinfeksi virus corona.Dengan memvaksinasi pasien Covid-19, virus yang ada di dalam tubuhnya dianggap tidak akan mudah menular.

5. Membantu ciptakan antibodi untuk melawan Covid-19

Saat tubuh sudah tervaksinasi, vaksin Covid-19 akan membantu tubuh menciptakan respons antibodi yang bisa mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh kita.

6. Menghentikan pandemi

Saat vaksin Covid-19 sudah diedarkan secara menyeluruh ke masyarakat di sebuah negara, kemungkinan besar pandemi virus corona dapat dihentikan.Semain banyak vaksin Covid-19 yang didistribusikan, semakin banyak juga masyarakat yang sudah terimunisasi. Dengan begitu, rantai penyebaran dapat dihentikan.

7. Keamanan vaksin sudah terbukti

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar bahwa ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi Covid-19. Daripada mengambil risiko dengan obat alami yang belum terbukti, lebih baik memvaksinasi diri dengan vaksin Covid-19.Semua vaksin yang nantinya diedarkan ke masyarakat sudah melalui uji keamanan dan efektivitas yang ketat. Berbagai uji klinis pun sudah dilakukan untuk mengukur tingkat keamanannya.

8. Minim rasa sakit dan tidak nyaman

Vaksin Covid-19 akan segera diedarkan setelah mendapatkan izin dari BPOM
Vaksin Covid-19 minim rasa sakit setelahnya
Beberapa orang mungkin takut bahwa vaksin akan mengundang rasa sakit dan tidak nyaman setelahnya. Namun tenang, hampir semua rasa tidak nyaman atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bersifat ringan dan temporer. KIPI yang parah sangat jarang terjadi.

Catatan dari SehatQ

Meskipun vaksin Covid-19 sudah tiba di Indonesia, bukan berarti Anda boleh berleha-leha dan menyepelekan virus corona. Ingatlah, virus corona tetap ada. Sekalipun Anda sudah mendapatkan vaksin Covid-19 nanti, tetaplah terapkan protokol kesehatan dan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).Jika Anda ingin bertanya lebih jauh mengenai vaksin Covid-19, segeralah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakitcoronavirusvaksin corona
Detik. https://finance.detik.com/industri/d-5295206/vaksin-corona-sinovac-sudah-di-ri-kapan-bisa-disuntikkan
Diakses pada 16 Desember 2020
Covid-19. https://covid19.go.id/
Diakses pada 16 Desember 2020
CDC.
https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/vaccines/vaccine-benefits.html
Diakses pada 16 Desember 2020
Covid-19. https://covid19.go.id/p/berita/masyarakat-tetap-disiplin-3m-setelah-vaksin-tiba
Diakses pada 16 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait