Alasan Plastik Ramah Lingkungan Lebih Baik dari Plastik Biasa

(0)
02 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Plastik ramah lingkungan lebih baik daripada plastik biasaPlastik ramah lingkungan umumnya berbentuk seperti plastik biasa
Plastik terbuat dari polimer karbon yang umumnya berasal dari minyak mentah. Karena fungsinya yang praktis dan tahan lama, plastik sering digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai alat. Di balik kepraktisannya, plastik punya masalah besar bagi lingkungan karena limbahnya sangat sulit terurai.Setidaknya diperlukan waktu hingga 500 tahun untuk mengurai plastik secara alami. Proses daur ulang plastik pun bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi, kemampuan proses daur ulang belum berimbang dengan jumlah limbah sampah plastik yang diproduksi setiap hari.Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan plastik ramah lingkungan pun terus didorong. Plastik ramah lingkungan berusaha memenuhi kebutuhan plastik yang tahan lama, tetapi bisa lebih mudah terurai lingkungan.

Jenis plastik ramah lingkungan

Secara umum, ada tiga jenis plastik ramah lingkungan yang bisa digunakan, yaitu bioplastik, plastik biodegradable, dan plastik eco.

1. Bioplastik

Bioplastik adalah jenis plastik ramah lingkungan yang terbuat dari bahan alami, seperti pati jagung atau jamur. Hasil produksi plastik ramah lingkungan dari bahan alami terbarukan ini bernama polylactid acid (PLA).PLA memiliki penampakan dan ciri yang menyerupai polyethylene dan polypropylene, yakni dua jenis plastik yang berasal dari bahan petrokimia.

2. Plastik biodegradable

Plastik biodegradable adalah jenis plastik yang mudah terurai. Berbeda dengan bioplastik yang terbuat dari bahan alami terbarukan, plastik biodegradable dapat terbuat dari bahan petrokimia tradisional dengan bahan tambahan yang membuat sampahnya lebih mudah terurai.Bahan tambahan ini membuat plastik dapat terurai oleh sinar (photodegradable) dan oksigen (oxydegradable).

3. Plastik eco

Plastik eco adalah plastik yang dihasilkan dari proses daur ulang bahan-bahan plastik dari petrokimia untuk digunakan kembali. Plastik yang didaur ulang tidak akan diproduksi menjadi jenis produk yang sama, melainkan jenis plastik dengan kualitas lebih rendah.Produk yang menggunakan plastik eco umumnya bukan jenis produk sekali pakai, melainkan produk yang dapat digunakan berkali-kali dalam jangka waktu lama.

Keunggulan plastik ramah lingkungan

Keunggulan dari plastik ramah lingkungan, khususnya jenis bioplastik dan biodegradable, adalah proses penguraiannya yang tidak memakan waktu selama plastik tradisional.Selain itu, bioplastik juga dapat digunakan sebagai kompos. Sementara keunggulan plastik eco adalah mengurangi limbah sampah plastik karena produk plastik dapat kembali digunakan dalam jangka waktu lama.Walaupun demikian, bukan berarti jenis plastik ini akan terurai secepat bahan organik. Setidaknya memerlukan lebih dari 3 bulan bagi plastik ramah lingkungan untuk bisa terurai.Selain itu, plastik ramah lingkungan juga masih dapat menghasilkan karbondioksida saat dibakar. Oleh karena itu, akan lebih baik lagi apabila Anda mulai menggunakan alternatif selain plastik.

Alternatif lain untuk menggantikan plastik

Berikut ini beberapa alternatif untuk menggantikan penggunaan plastik, khususnya plastik sekali pakai.

1. Besi tahan karat (stainless steel)

Selain mudah dibersihkan dan dapat digunakan berkali-kali, produk yang terbuat dari besi tahan karat juga dapat digunakan hingga bertahun-tahun.

2. Kaca

Bahan kaca tergolong murah dan dapat didaur ulang tanpa batas. Wadah kaca juga serbaguna dan dapat langsung didaur ulang langsung, misalnya toples selai dapat kembali didaur ulang sebagai tempat bumbu tanpa proses menyulitkan.Penggunaan wadah kaca juga aman bagi kesehatan, selama kondisi wadah masih utuh dan tidak pecah atau retak.

3. Silikon platinum

Wadah dari bahan silikon platium aman untuk makanan, fleksibel, tahan lama, dan juga tahan panas sehingga cocok menjadi alternatif plastik.

4. Pembungkus berlapis lilin lebah (beeswax wrap)

Pembungkus kain berlapis beeswax ini ramah lingkungan, mudah dibersihkan, dan dapat digunakan berkali-kali.

5. Kayu

Sebagai salah satu sumber daya terbarukan, kayu dapat digunakan sebagai bahan baku peralatan rumah tangga untuk menggantikan barang-barang plastik.

6. Bambu

Selain kayu, bambu juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan barang-barang rumah tangga, tas atau peralatan makan. Selain tahan lama, bambu juga ringan dan limbahnya dapat dijadikan kompos.

7. Tembikar

Perkakas dari tembikar telah lama digunakan sebagai barang-barang tradisional. Barang-barang tembikar juga dapat digunakan untuk penyimpanan makanan serta hiasan rumah.

8. Kertas dan karton

Kedua bahan ini dapat dimanfaatkan untuk penyimpana, dan sampahnya dapat terurai dengan baik selama tidak ada bahan plastik bersamanya.Dengan banyaknya pilihan pengganti plastik, Anda bisa sedikit demi sedikit mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Apabila Anda masih sulit untuk meninggalkan plastik konvensional, pilihan plastik ramah lingkungan pun bisa Anda ambil.
pola hidup sehat
Explain That Stuff
https://www.explainthatstuff.com/bioplastics.html
Diakses 19 Agustus 2020
Earth Easy
https://learn.eartheasy.com/guides/the-best-eco-friendly-alternatives-for-the-plastic-in-your-life/
Diakses 19 Agustus 2020
National Geographic
https://www.nationalgeographic.com/environment/2018/11/are-bioplastics-made-from-plants-better-for-environment-ocean-plastic/
Diakses 19 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait