Panjat tebing bermanfaat mengencangkan otot tubuh
Mengencangkan core muscle adalah salah satu manfaat olahraga panjat tebing

Bagi Anda yang sedang mencari jenis olahraga baru yang lebih menantang, Anda bisa mencoba olahraga panjat tebing! Berbeda dengan pemikiran banyak orang, olahraga panjat tebing bisa dilakukan di dalam ataupun luar ruangan.

Mengapa Anda perlu mencoba olahraga panjat tebing?

Jika Anda sedang mencari kegiatan fisik yang menantang, panjang tebing bisa jadi pilihan. Olahraga panjat tebing merupakan salah satu olahraga yang melatih ketahanan dan kekuatan otot Anda. Lantas, apa saja keuntungan olahraga panjat tebing daripada olahraga lainnya?

  • Melatih keseluruhan otot tubuh

Saat melakukan olahraga panjat tebing, seluruh otot tubuh Anda akan digunakan untuk bisa mengangkat diri Anda saat sedang memanjat. Olah raga ini mampu memperkuat otot lengan bawah, core muscle, punggung dan otot tubuh bagian bawah.

  • Meningkatkan fleksibilitas dan koordinasi tubuh

Fleksibilitas saat meraih batu dan memijakkan kaki dibutuhkan dalam olahraga panjat tebing dan karenanya, olahraga ini turut serta menambah fleksibilitas Anda.

Tidak hanya fleksibilitas, olahraga ini juga meningkatkan koordinasi tubuh karena dibutuhkan kerja sama antara lengan dan kaki Anda.

  • Baik untuk kesehatan mental

Olahraga panjat tebing membantu meningkatkan fokus Anda dan ketahanan mental agar tidak mudah teralihkan dengan hal lainnya. Anda akan belajar untuk bisa merasakan dan menikmati berbagai hal yang terjadi saat olahraga panjat tebing.

Melakukan olahraga panjat tebing mampu membuat Anda semakin percaya diri, sabar, serta memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang lebih banyak dan bervariasi.

  • Memperluas lingkaran sosial

Terdapat banyak komunitas olahraga panjat tebing yang bisa dijadikan ajang untuk mencari teman baru dan dapat membuat Anda menjadi makin bersemangat untuk memanjat tebing bersama teman.

Apa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga panjat tebing?

Olahraga panjat tebing memerlukan stamina dan fisik yang kuat dan karenanya bila Anda ingin mencobanya, Anda perlu melatih tubuh dan jantung dengan olahraga kardio atau resistensi terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya untuk membeli atau menyewa perlengkapan, pengeluaran untuk memakai panjat tebing indoor, sampai dengan biaya transportasi untuk melakukan panjat tebing di alam luas.

Bagi Anda yang menyukai olahraga kardio, seperti berlari, jogging, dan bersepeda, Anda mungkin tidak akan terlalu menyukai olahraga panjat tebing.

Selain itu, olahraga panjat tebing juga memakan waktu yang lama, sekitar 60 sampai 90 menit, karenanya pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk mencoba olahraga ini.

Selalu konsultasikan kepada dokter sebelum melakukan olahraga panjat tebing bila Anda memiliki kondisi medis atau cedera tertentu, seperti darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, atau otot robek sebelumnya.

Bila Anda sedang hamil, memiliki cedera pada punggung atau lutut, radang sendi, atau riwayat penyakit jantung, maka Anda tidak disarankan untuk melakukan olahraga panjat tebing.

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/rock-climbing-pros-cons-and-getting-started-4706035
Diakses pada 7 Januari 2019

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/rock-climbing
Diakses pada 7 Januari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed