6 Alasan Mengapa Ventilasi Rumah Penting bagi Kesehatan

Ventilasi rumah berperan penting bagi kesehatan penghuninya
Contoh ventilasi rumah

Udara segar sangat penting bagi makhluk hidup, tak terkecuali kita sebagai manusia, juga membutuhkannya. Tidak hanya dari luar rumah, udara segar juga dapat kita nikmati dalam rumah melalui sirkulasi udara yang baik dari ventilasi rumah.

Tidak ada ventilasi menyebabkan rumah menjadi pengap karena tidak adanya pergantian udara dari luar ke dalam ruangan. Kondisi ini dapat membuat Anda dan keluarga rentan terserang penyakit. Pastinya Anda tidak mau hal itu terjadi, kan?

Ventilasi rumah berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan keluarga Anda di rumah. Bagian ini membantu menghilangkan kelembapan, asap, bau masakan, dan polutan yang ada di dalam rumah.

Pentingnya ventilasi rumah

Berikut adalah lima alasan penting mengapa Anda membutuhkan ventilasi rumah yang baik.

1. Sebagai kontrol polutan

Anda mungkin berpikir bahwa kualitas udara di luar rumah tidak terlalu bagus, terutama jika Anda tinggal di pusat kota yang ramai. Jangan salah, karena dalam banyak kasus, udara di dalam rumah justru bisa lebih tercemar daripada udara di luar.

Ventilasi rumah yang baik akan membantu mengeluarkan penumpukan polutan, bakteri, kelembapan, dan bau tidak sedap yang ada di dalam rumah.

2. Mengurangi kelembapan dalam rumah

Alasan lain mengapa ventilasi rumah penting adalah karena jumlah sirkulasi udara yang tepat akan membantu mengontrol kelembapan yang ada di seluruh rumah.

Dengan adanya ventilasi rumah, semua barang-barang yang ada di dalam rumah Anda, termasuk dinding dan lantai, akan tetap kering sehingga dapat terhindar dari kelembapan yang merusak struktur bangunan.

Selain berfungsi untuk mengurangi kelembapan, ventilasi rumah juga dapat mencegah pertumbuhan jamur yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

3. Menghemat energi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ruangan akan menjadi panas, gelap dan pengap karena tidak adanya ventilasi rumah yang baik sehingga tak jarang, orang-orang mengandalkan penyejuk ruangan, seperti AC atau kipas angin. Begitu pula dengan penerangan.

Padahal apabila Anda menerapkan ventilasi rumah yang baik, maka udara dan pencahayaan alami bisa masuk ke dalam rumah. Hal tersebut tanpa Anda sadari dapat menghemat listrik di siang hari.

4. Membantu menurunkan konsentrasi VOC

Perlu Anda ketahui, jika setiap rumah pasti dipenuhi dengan volatile organic compound (VOC) yang berbahaya. VOC atau senyawa organik yang mudah menguap banyak ditemukan pada produk-produk pembersih, perabot, cat, dan karpet rumah tangga.

Jika Anda dapat mencium aroma yang berasal dari barang-barang rumah tangga tersebut, maka dapat dijamin itu adalah VOC. Dalam konsentrasi tinggi, VOC bisa beracun.

Ventilasi rumah terbukti dapat menurunkan konsentrasi VOC yang berbahaya dengan membuangnya keluar lewat sirkulasi udara yang baik.

5. Melindungi kesehatan paru-paru dan mencegah terjadinya asma

Kondisi lembap dan berjamur dapat menimbulkan penyakit asma dan memengaruhi kondisi pernapasan lainnya. Kondisi lembap juga dapat membentuk lingkungan yang sempurna bagi tungau debu untuk bertahan hidup, bahkan berkembang biak menjadi lebih banyak.

Ketika tungau debu bersentuhan dengan kulit dan menyerang sistem pernapasan, eksim, gatal, dan masalah pernapasan bisa terjadi. Ventilasi rumah yang baik dapat membantu mencegah masalah ini dan memperbaiki sirkulasi udara ke dalam rumah.

6. Menyaring alergen dari luar rumah

Alergen seperti serbuk sari, debu, dan iritan lainnya dapat terperangkap dan terkonsentrasi di dalam rumah ketika ventilasi tidak memadai. Ventilasi rumah yang tepat akan membantu menghilangkan partikel besar dan debu dari udara.

Hal itu terbukti secara efektif dapat membantu mengurangi gejala alergi dengan membuat udara di dalam ruangan jauh lebih nyaman bagi penderita alergi.

Kriteria ventilasi rumah yang sehat

Beberapa poin di atas telah menjelaskan betapa pentingnya ventilasi rumah. Untuk menciptakan ventilasi rumah yang sehat, langkahnya cukup sederhana.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya ventilasi rumah Anda berjalan dengan baik. Berikut ini persyaratannya.

1. Kriteria udara

Udara ventilasi harus bebas dari kotoran, bau, bahan organik, dan debu anorganik. Selain itu, juga harus bebas dari asap gas yang tidak sehat, seperti karbon monoksida, karbon dioksida, sulfur dioksida.

Udara pada ventilasi rumah tidak boleh tercemar dengan gas atau zat berbahaya yang timbul dari asap pembakaran, knalpot, asap pabrik, dan lain sebagainya.

2. Luas ventilasi rumah

Ventilasi rumah yang tergolong dalam ventilasi rumah permanen harus memiliki luas tidak kurang dari 5 persen dari luas lantai ruangan tersebut.

Begitu pula dengan luas ventilasi rumah insidensil atau ventilasi yang dapat dibuka dan tutup harus memiliki luas tidak kurang dari 5 persen.

Itulah penjabaran mengenai alasan pentingnya memiliki ventilasi rumah dan kriteria ventilasi rumah yang sehat. Semoga bermanfaat!

Biddle-air. https://www.biddle-air.co.uk/en/knowledge-base/news/5-benefits-of-a-good-ventilation-system
Diakses pada 04 Mei 2020

Dftechnical.ca. https://dftechnical.ca/3-reasons-why-ventilation-in-the-home-is-so-important/
Diakses pada 04 Mei 2020

Savingmamasita. http://savingmamasita.com/2016/06/5-reasons-why-home-ventilation-is-important/
Diakses pada 04 Mei 2020

Staffnew.uny. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132100514/pendidikan/perencanaan-pendingin.pdf
Diakses pada 05 Mei 2020

Artikel Terkait