Alasan Mengapa Anda Harus Membuat Resolusi dan Manfaatnya


Resolusi adalah keputusan untuk melakukan/tidak melakukan sesuatu yang dibuat untuk menyelesaikan masalah. Alasan mengapa Anda harus membuat resolusi adalah dapat membuat Anda memiliki sesuatu untuk dikejar dan terus diupayakan

(0)
01 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
resolusi adalah keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang dibuat untuk menyelesaikan masalahResolusi perlu Anda buat untuk menjadikan diri lebih baik
Resolusi merupakan istilah yang kerap kita dengar, khususnya saat memasuki tahun baru. Secara harfiah, resolusi adalah keputusan tegas untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Istilah ini juga bisa didefinisikan sebagai tindakan untuk mengakhiri (menyelesaikan) masalah atau kesulitan.Sehingga dapat disimpulkan, resolusi adalah keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang dibuat untuk menyelesaikan masalah. Yang Anda buat dalam resolusi adalah susunan rencana untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan/atau memulai kebiasaan baik dalam kehidupan Anda.

Mengapa resolusi perlu dibuat?

Jika resolusi dapat diwujudkan, berbagai aspek dalam kehidupan Anda akan meningkat sesuai tujuan resolusi yang dibuat. Namun faktanya, lebih banyak orang yang gagal menjalankan resolusi ketimbang mewujudkannya.Berdasarkan data dari YouGov, 80 persen peserta studi pesimis bahwa orang-orang bisa mewujudkan resolusinya. Pesimisme ini ada benarnya juga, faktanya hanya 4 persen peserta yang mampu menjalankan seluruh resolusinya. Data tersebut menunjukkan bahwa mewujudkan resolusi adalah hal yang sulit.Meskipun demikian, Anda tetap perlu membuat resolusi karena ini dapat membuat Anda memiliki sesuatu untuk dikejar dan terus diupayakan. Membuat resolusi adalah tanda bahwa Anda memiliki harapan dan keyakinan akan kemampuan diri sendiri dalam mengubah kebiasaan untuk menjadi diri yang lebih baik.

Manfaat membuat resolusi

Di awal tahun ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat resolusi. Setidaknya ada empat manfaat membuat resolusi yang bisa Anda dapatkan, yakni:

1. Sebagai motivasi

Membuat resolusi saat tahun baru atau berulang tahun dapat memotivasi Anda untuk menjadi lebih baik. Anda akan terdorong untuk berusaha membuang kebiasaan buruk atau hal yang tidak berguna, serta meningkatkan hal-hal positif yang bermanfaat bagi diri Anda.

2. Memegang kendali

Dengan menentukan apa yang akan dan tidak akan dilakukan, Anda belajar untuk memegang kendali dan bertanggung jawab akan hidup Anda sendiri.Resolusi juga menumbuhkan keyakinan pada diri sendiri bahwa Anda memiliki kekuatan untuk mengubah berbagai hal sesuai dengan yang Anda inginkan dalam hidup ini.

3. Rasa pencapaian

Saat berhasil melakukan resolusi yang dibuat sebelumnya, Anda merasakan pencapaian yang luar biasa. Hal ini akan memotivasi dan mendorong Anda untuk terus maju mendapatkan pencapaian lainnya.

4. Meningkatkan harga diri

Keberhasilan mencapai resolusi juga dapat meningkatkan harga diri. Selain tujuan dilakukannya resolusi dapat tercapai, yaitu menjadi diri yang lebih baik, keberhasilan ini juga meningkatkan kebanggaan dan harga diri yang Anda miliki.

Tips menjalankan resolusi

Mengingat resolusi sangat bermanfaat, ada baiknya Anda berusaha untuk dapat memenuhi resolusi yang telah ditetapkan. Mewujudkan resolusi tentu saja bukanlah hal yang mudah. Supaya Anda bisa melakukannya, tips untuk menjalankan resolusi adalah:
  • Mulailah dari yang kecil. Buatlah resolusi yang mungkin Anda jalankan. Ketimbang menghentikan makan nasi sekaligus, mengurangi porsi nasi sedikit demi sedikit akan lebih efektif.
  • Tuliskan. Sebaiknya tulis dan letakkan resolusi di tempat yang akan Anda sering lihat sehingga bisa jadi pengingat.
  • Ubah perilaku. Jika menginginkan hasil berbeda, lakukan cara yang berbeda. Jika ingin lebih sehat, mulailah bangun lebih pagi atau menggunakan tangga beberapa lantai sebelum naik lift.
  • Buat tujuan yang SMART. Specific (spesifik), measurable (terukur), attainable (dapat dicapai), relevant (relevan), time-specific (waktu yang spesifik).
  • Catat kemajuan. Penting selalu mencatat kemajuan yang telah dibuat. Anda juga perlu memerhatikan sejauh mana tujuan yang hendak dicapai. Sehingga, Anda dapat menyadari bahwa yang telah dilakukan tidak sia-sia dan tetap termotivasi hingga mencapai tujuan.
  • Hargai keberhasilan sekecil apa pun. Berikan hadiah sederhana bagi diri sendiri setelah berhasil membuat kemajuan sekecil apa pun. Hal ini akan membuat Anda bersemangat untuk tetap fokus menyelesaikan resolusi.
  • Beritahu orang lain. Ungkapkan resolusi dan tujuan Anda pada orang-orang terdekat sehingga mereka dapat membantu Anda tetap berada di jalur yang benar.
Menjalankan resolusi adalah hal yang tidak mudah. Jika Anda sempat gagal, tidak masalah, asalkan kembali pada tujuan. Dengan terus berusaha memfokuskan diri kembali sesuai rencana awal, Anda akan merasa lebih puas lagi saat berhasil mencapai resolusi setelah berkali-kali mengalami hambatan.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips kesehatanresolusi kesehatan
Porter Hills. https://www.porterhills.org/2015/01/the-importance-of-new-years-resolutions/
Diakses 20 Desember 2020
Comfort Zone Shake Up. https://www.comfortzoneshakeup.com/2018/12/22/what-are-the-benefits-of-making-new-years-resolutions/
Diakses 20 Desember 2020
The Conversation. https://theconversation.com/how-putting-purpose-into-your-new-years-resolutions-can-bring-meaning-and-results-129182
Diakses 20 Desember 2020
Cambridge Dictionary. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/resolution
Diakses 20 Desember 2020
Languages Oup. https://languages.oup.com/google-dictionary-en/
Diakses 20 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait