Tubuh Rasanya Ingin Tidur, Ini Alasan Kenapa Setelah Berhubungan Badan Terasa Lelah


Selain energi yang terkuras, ada banyak alasan kenapa setelah berhubungan badan terasa lelah. Hormon yang dilepaskan oleh tubuh serta kurangnya asupan nutrisi juga menjadi penyebab Anda merasa sangat lelah.

0,0
24 Jul 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kelelahan setelah berhubungan badanRasa lelah yang berlebih bisa terjadi setelah seks karena banyak faktor
Seks memang kegiatan yang menyenangkan. Namun terkadang, seks juga membuat tubuh terasa sangat lelah. Hal ini bukan berarti menandakan Anda mengidap penyakit tertentu. Ada beberapa alasan kenapa setelah berhubungan badan terasa lelah.Hal ini bisa jadi lantaran sejumlah hormon yang dilepaskan sehingga tubuh merasa sangat rileks. Namun, ada juga faktor kurangnya asupan nutrisi sebelum melakukan hubungan seksual. Untuk mengetahui lebih lengkap, simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab tubuh lelah setelah berhubungan seks

kelehan setelah berhubungan badan
Kekurangan asupan dan faktor hormon bisa jadi penyebab rasa lelah setelah seks muncul
Tidur merupakan indikasi adanya kepuasan dalam melakukan hubungan seksual. Rasa puas ini pun sering dibarengi dengan rasa lelah pada tubuh. Berikut beberapa penyebab rasa lelah yang muncul setelah berhubungan seks:

1. Dehidrasi

Rasa kantuk bisa muncul saat Anda kekurangan cairan tubuh. Anda pun bisa merasakan tubuh yang lemas dan kelelahan yang luar biasa sehabis melakukan aktivitas fisik. Jika merasakan kelelahan setelah berhubungan seks, bisa jadi Anda kurang mendapatkan asupan cairan sebelum mulai bercinta.

2. Lapar

Bukan hanya perlu mendapatkan cairan yang cukup, Anda pun perlu makan sebelum berhubungan seks. Rasa lapar akan menurunkan kadar glukosa dalam darah dan menyebabkan pusing hingga pingsan.Sebagian orang kadang menunda waktu makan mereka untuk melakukan sesi bercinta dengan pasangan terlebih dulu. Selama berhubungan seks, rasa lapar seolah-olah hilang karena teralihkan oleh hal lain. Namun, rasa tersebut akan muncul kembali setelahnya dan membuat Anda sangat lemas.

3. Melakukan seks pada malam hari

Aktivitas seksual boleh dilakukan kapan saja jika Anda menginginkannya. Namun, terimalah risiko kelelahan jika memilih malam hari untuk mendapatkan orgamse tersebut. Pasalnya, tubuh sudah melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari dan Anda menambahnya dengan seks. Hal yang bisa terjadi setelah berhubungan seksual pada malam hari adalah Anda dan pasangan akan tertidur pulas.

4. Pengaruh hormon

Seks melepas hormon yang berhubungan dengan otak dan perasaan. Salah satu yang paling sering disebut adalah dopamin yang membuat seseorang merasa sangat bahagia setelah melakukan hubungan seks. Di sisi lain, hormon ini pun akan membuat Anda merasa sedikit pusing, kelelahan, dan mengantuk. Hal tersebut dipicu setelah tubuh merasa bahwa ada pekerjaan yang sudah terselesaikan.

5. Hiperventilasi

Berhubungan seks juga membuat pernapasan Anda menjadi lebih cepat. Jika ini dilakukan secara tiba-tiba, Anda berisiko mengalami hiperventilasi. Selama proses ini, Anda akan lebih sering mengembuskan napas ketimbang menghirupnya. Hal ini akan mengganggu keseimbangan karbon dioksida dan oksigen dalam tubuh. Kondisi yang paling mungkin Anda rasakan adalah pusing dan pingsan.

6. Melakukannya dengan gelisah

Banyak orang yang melakukan hubungan seks dengan sangat cemas dan dalam kekhawatiran berlebih. Sebut saja pasangan yang baru pertama kali melakukannya atau melakukan dalam hubungan perselingkuhan.Kecemasan ini yang akan membuat Anda gugup, berkeringat, dan otot menjadi tegang. Tak jarang hal ini yang membuat ejakulasi terjadi sangat cepat dan Anda merasa sangat lelah setelahnya.

7. Melakukannya berkali-kali

Pria paling banyak bisa melakukan ejakulasi lima kali berturut-turut. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan teknik yang benar dan tubuh yang siap. Namun, melakukan orgasme berkali-kali akan membuat tubuh Anda sangat lemas terlebih jika Anda melakukannya tanpa jeda yang panjang.

Cara mengatasi kelelahan setelah berhubungan

Kelelahan setelah seks
Buatlah momen bersama sebelum bercinta untuk dapatkan seks yang lebih santai
Kelelahan mungkin tidak bisa dihindari, tapi Anda bisa sedikit meredakannya. Berikut beberapa cara mengatasi kelelahan setelah berhubungan seksual:

1. Makan dan minum yang cukup

Seks tak ubahnya dengan olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Tubuh Anda memerlukan persiapan sebelum melakukannya. Mengonsumsi air yang cukup akan membuat tubuh tidak dehidrasi setelah orgasme.

2. Memilih waktu seks

Mengubah waktu seks dari malam ke pagi hari akan membuat tubuh Anda lebih segar. Pastikan juga Anda memiliki aktivitas yang akan dilakukan setelahnya untuk menghindari tubuh terlelap di atas kasur.

3. Mempersingkat durasi

Ini bukan membuat durasi seks jadi sangat minim. Anda hanya memangkas durasi foreplay di atas kasur dengan mengubahnya menjadi “menu utama” seks saja. Lakukan foreplay sebelum Anda dan pasangan ada di tempat tidur untuk mempersingkat waktu permainan.

4. Tetap berhubungan dengan pasangan

Jika Anda dan pasangan tidak ingin tertidur setelah bercinta, ada baiknya tetap menjaga kontak setelah berhubungan seksual. Caranya dengan tetap menyentuh, berpelukan, dan mengobrol berbagai topik. Lebih baiknya lagi, Anda dan pasangan bisa melakukan mandi bersama untuk menghilangkan rasa lelah tersebut.

Catatan dari SehatQ

Rasa lelah sehabis berhubungan seksual bisa muncul akibat banyak faktor, baik dari tubuh Anda sendiri maupun dari faktor eksternal. Untuk meminimalkan kelelahan, Anda bisa mengonsumsi makanan dan cairan yang cukup sebelum berhubungan seks. Jika ditemukan ada rasa lelah yang berlebih, segeralah berkonsultasi dengan dokter.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar rasa lelah yang muncul setelah bercinta, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan sekskelelahansekshubungan seksualtips seks
Healthline https://www.healthline.com/health/healthy-sex/dizziness-after-sex
Diakses pada 12 Juli 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/dizziness-after-sex
Diakses pada 12 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait