8 Alasan Jus Acar Sangat Baik untuk Kesehatan


Mengonsumsi jus acar atau air acar memiliki beragam manfaat seperti menurunkan berat badan, menghilangkan bau mulut, mengendalikan kadar gula darah, hingga meredakan kram otot.

(0)
09 Feb 2021|Azelia Trifiana
Manfaat jus acar adalah membantu menurunkan berat badanJus acar bisa menjadi sahabat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan
Acar biasanya menjadi pendamping makanan utama. Pernahkah Anda membayangkan minum jus acar? Tentu terasa aneh pada awalnya. Namun, ternyata manfaat mengonsumsi pickle juice ini banyak sekali mulai dari meredakan kram otot hingga menjadi sumber antioksidan.Jika masih merasa asing apabila harus minum air acar, ternyata para atlet juga terbiasa meminumnya sejak bertahun-tahun silam. Tidak diketahui pasti apa alasannya, namun menurut mereka kram otot mereda setelah minum jus acar.

Manfaat jus acar

Beberapa manfaat mengonsumsi jus acar untuk kesehatan di antaranya:

1. Meredakan kram otot

kram otot
Meredakan gejala kram otot
Dalam studi yang dipublikasikan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise, diketahui partisipan yang mengalami dehidrasi merasakan kram ototnya pulih dengan cepat setelah mengonsumsi jus acar. Bahkan, hanya perlu 1/3 cangkir saja untuk merasakan manfaatnya.Menurut studi itu, penyebabnya adalah karena kandungan cuka dalam jus acar dapat meredakan rasa sakit dengan cepat. Cuka dapat membantu menghentikan sinyal saraf yang membuat otot lelah mengalami kram.

2. Memastikan tubuh terhidrasi

Penting sekali memastikan tubuh terhidrasi setiap saat. Bagi sebagian besar orang, mengonsumsi air setelah berolahraga begitu krusial. Namun apabila olahraga yang dilakukan cukup berat atau lebih dari satu jam, kebutuhan cairan tentu lebih banyak lagi. Begitu pula dengan berolahraga ketika cuaca sangat panas.Minum cairan yang mengandung sodium dan potasium akan membantu mengembalikan cairan tubuh. Baik sodium maupun potasium merupakan elektrolit yang terbuang lewat keringat.Di sinilah peran pickle juice yang kaya akan sodium serta potasium. Minum cairan ini setelah berolahraga berat bisa membantu mengembalikan kadar elektrolit tubuh kembali normal.

3. Minuman bebas lemak

Orang yang sedang menjaga berat badan tentu tidak disarankan mengonsumsi minuman elektrolit dengan tambahan pemanis. Kalorinya terlalu banyak. Alternatifnya yang bebas lemak adalah jus acar. Kalori di dalamnya hanya sedikit dan tidak ada lemak sama sekali.Kandungan kalori dalam air acar ini berbeda-beda, bergantung pada apa saja yang menjadi komposisinya. Akan sangat baik apabila tidak diberi pemanis tambahan terlalu banyak atau ganti dengan madu.

4. Kaya antioksidan

Jus acar mengandung vitamin C dan vitamin E dalam jumlah cukup signifikan. Keduanya adalah sumber antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari molekul perusak berupa radikal bebas. Ini penting karena setiap orang pasti terpapar radikal bebas setiap harinya.Tak hanya itu, vitamin C dan vitamin E juga membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh pun tidak mudah jatuh sakit.

5. Cocok untuk turunkan berat badan

senam aerobik
Membantu menurunkan berat badan
Di dalam jus acar, terdapat banyak cuka. Mengonsumsi sedikit saja cuka setiap harinya bisa membantu menurunkan berat badan seperti yang Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry.Setelah 12 pekan, partisipan dalam studi yang setiap harinya mengonsumsi 1 ons cuka merasakan penurunan berat badan. Hasil ini terlihat dibandingkan dengan orang lain yang tidak mengonsumsi cuka sama sekali.

6. Mengendalikan kadar gula darah

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Diabetes Research menunjukkan efek dari mengonsumsi air acar sebelum makan. Adanya cuka di dalamnya membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Ini penting karena diabetes tipe 2 kerap berkaitan dengan kelebihan berat badan serta obesitas.Kadar gula darah yang stabil akan membantu seseorang tetap sehat. apabila tidak, bisa terjadi banyak masalah kesehatan seperti gangguan penglihatan, kerusakan jantung, hingga masalah pada ginjal.

7. Baik untuk kesehatan pencernaan

Kandungan cuka dalam pickle juice juga berdampak baik untuk sistem pencernaan. Cuka adalah jenis makanan yang telah difermentasi, sama seperti sauerkraut.Makanan yang telah melalui proses fermentasi baik untuk sistem pencernaan. Asupan cuka mendorong tumbuhnya bakteri baik serta menjaga keseimbangannya dibandingkan dengan bakteri penyebab penyakit.

8. Menghilangkan bau mulut

Menariknya, mengonsumsi jus acar juga bisa mengusir bau mulut. Penyebab bau mulut adalah adanya bakteri. Ketika mengonsumsi acar yang mengandung cuka, bakteri bisa berkurang. Itulah mengapa, napas seseorang tercium lebih manis setelah mengonsumsinya.Bagi yang belum pernah mengonsumsi pickle juice sebelumnya, memang rasanya bukan manis seperti kebanyakan jus buah lain. Ada rasa gurih yang cukup dominan.

Tak ada salahnya mencoba mengonsumsi sedikit saja jus acar ketika tubuh terasa pegal atau setelah beraktivitas fisik cukup berat. Siapa tahu, rasanya yang kurang familiar di lidah sepadan dengan manfaat yang ditimbulkan.Jika ingin berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat acar untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/drinking-pickle-juice
Diakses pada 23 Januari 2021
Medicine & Science in Sports & Exercise. https://journals.lww.com/acsm-msse/Fulltext/2010/05000/Reflex_Inhibition_of_Electrically_Induced_Muscle.15.aspx
Diakses pada 23 Januari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/diet/pickle-juice-good-for-you
Diakses pada 23 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait