Alami Kulit Melepuh Tanpa Sebab? Mungkin 6 Hal Ini Pemicunya


Kulit melepuh tanpa sebab bisa saja terjadi pada setiap orang. Kulit melepuh tanpa sebab dapat muncul akibat adanya gesekan yang terjadi antara permukaan kulit dan bagian tubuh lainnya.

(0)
Kulit melepuh tanpa sebab bisa saja terjadi pada beberapa orangKulit jari melepuh tanpa sebab bisa muncul karena adanya gesekan berulang pada kulit
Kulit melepuh tanpa sebab mungkin saja terjadi pada beberapa orang. Apakah Anda salah satu orang yang pernah mengalaminya? Jika iya, sebaiknya tak perlu panik. Kadang-kadang gelembung berisi cairan seperti luka melepuh muncul tanpa disadari.Kulit melepuh adalah kondisi munculnya kantong berisi cairan di antara lapisan kulit paling luar atau epidermis.Cairan pada kulit yang melepuh ini bisa berupa serum, plasma, darah, ataupun nanah, tergantung pada letak kemunculannya.Walaupun muncul tanpa sebab, sebenarnya ada hal-hal yang menjadi penyebab kulit melepuh yang Anda alami tetapi tidak disadari.

Kulit melepuh tanpa sebab, bagaimana bisa terjadi?

Kulit melepuh tanpa sebab bisa jadi karena adanya gesekan yang terjadi secara berulang
Kulit melepuh tanpa sebab biasanya disertai rasa nyeri
Pada dasarnya, kulit melepuh tanpa sebab bisa muncul akibat adanya gesekan yang terjadi antara permukaan kulit dan bagian tubuh lainnya.Lapisan kulit yang paling rentan terhadap adanya gesekan adalah stratum spinosum.Ketika lapisan ini terlepas atau terpisah dari jaringan di bawahnya, maka cairan pada kulit keluar dari sel serta mendorong pertumbuhan dan regenerasi kulit yang baru sehingga muncul lepuhan kulit.Saat kulit melepuh tanpa sebab terjadi, Anda akan merasa nyeri, tidak nyaman, dan merasa terganggu karena kemunculannya.Meski pada umumnya kulit melepuh bukan menandakan kondisi yang serius dan tidak membutuhkan penanganan medis, sebaiknya Anda tetap perlu waspada jika ini terjadi tanpa sebab yang jelas.

Penyebab kulit melepuh yang Anda alami tapi tidak disadari

Kulit melepuh dapat terbentuk dengan cepat. Maka dari itu, kadang-kadang Anda mungkin tidak menyadari kemunculannya.Ini berarti, tetap ada pemicu kemunculan kulit melepuh tanpa sebab yang Anda alami. Adapun faktor pemicu kulit melepuh tanpa sebab, yaitu:

1. Adanya gesekan berulang

Gesekan berulang menjadi salah satu pemicu kemunculan kulit melepuh tanpa sebab yang mungkin Anda alami.Biasanya, kulit melepuh yang disebabkan oleh gesekan muncul di area tangan atau kaki.Kulit melepuh pada tangan mungkin terjadi akibat gesekan terus-menerus saat bermain drum atau alat musik lainnya.Sedangkan pada kaki, kulit melepuh bisa terjadi karena gesekan antara kaki dan alas kaki saat Anda berjalan atau berlari.

2. Terpapar bahan kimia

Kulit melepuh tanpa sebab karena terpapar bahan kimia
Deterjen adalah salah satu bahan kimia pemicu kulit melepuh
Kulit melepuh tanpa sebab bisa pula terjadi karena paparan bahan kimia. Kulit melepuh akibat terpapar bahan kimia dikenal dengan dermatitis kontak.Beberapa bahan kimia yang menyebabkan kemunculan kulit melepuh, antara lain kosmetik, deterjen, zat pelarut, nikel sulfat (yang umum digunakan dalam proses pelapisan logam), dan lainnya.

3. Suhu ekstrem

Paparan suhu ekstrem juga mungkin menjadi pemicu kulit melepuh tanpa sebab yang tidak Anda sadari.Misalnya, suhu yang terlalu panas ketika kulit mengalami luka bakar akibat tersiram atau menyentuh air panas serta terpapar sinar matahari.Selain itu, suhu yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan kulit melepuh. Contohnya, ketika Anda terlalu berada di cuaca dingin atau memegang benda dingin.Pada kasus-kasus tersebut, kulit melepuh tanpa sebab muncul sebagai bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat perubahan suhu yang secara tiba-tiba pada kulit.

4. Gigitan serangga

Gigitan tungau juga bisa jadi penyebab kulit melepuh tanpa sebab
Gigitan tungau kecil jadi penyebab munculnya lepuhan di kulit
Pemicu kulit melepuh tanpa sebab berikutnya adalah gigitan serangga.Umumnya, jenis gigitan serangga berupa tungau kecil akan meninggalkan lengkungan lecet di permukaan kulit tangan, pergelangan tangan, ketiak, hingga kaki.Selain itu, gigitan kutu dan kutu busuk juga bisa menyebabkan munculnya lepuhan kulit di kulit.

5. Pembuluh darah pecah di permukaan kulit

Kulit melepuh tanpa sebab bisa jadi karena pembuluh darah pecah di permukaan kulit.Akibatnya, darah keluar menuju celah-celah di antara lapisan kulit sehingga menyebabkan terbentuknya lepuhan yang berisi darah.

6. Kondisi medis tertentu

Ada beberapa kondisi medis tertentu yang bisa jadi penyebab kulit melepuh.Jika lepuhan kulit yang muncul tergolong banyak dan berkelompok, maka bisa jadi Anda mengalami herpes atau cacar air.Lepuhan kecil di kulit yang bening dan muncul dengan cepat mungkin menandakan kondisi dishidrosis.Apabila kulit melepuh tanpa sebab disertai dengan gejala lain, seperti kulit mengelupas, mengeras, dan pecah-pecah maka Anda mengalami eksim.Pada beberapa orang, kulit melepuh tanpa sebab bisa saja terjadi karena penyakit autoimun dan atau penyakit genetik. Misalnya, pemfigoid bulosa, dermatitis herpetiformis, atau epidermolisis bullosa.Jika kulit melepuh tanpa sebab yang Anda alami bukan diakibatkan oleh hal-hal di atas, segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan diagnosis penyebab dan penanganannya dengan tepat.

Cara meringankan gejala kulit melepuh tanpa sebab

Idealnya, gejala kulit melepuh tanpa sebab perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis penyebab dan penanganannya dengan tepat.Namun, sebelum menemui dokter, Anda dapat meringankan gejala yang terjadi dan mempercepat proses penyembuhan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Jangan memencet lepuhan kulit

Salah satu cara meringankan gejala kulit melepuh tanpa sebab yang utama adalah jangan memencetnya.Pasalnya, lepuhan kulit yang terbuka dapat memunculkan bakteri sehingga timbul infeksi.Alangkah baiknya, jika Anda menutupi lepuhan kulit dengan perban atau kain kasa untuk menghindari risiko infeksi.Dengan ini, Anda pun tidak merasa “gatal” untuk memencet kulit yang melepuh.

2. Bersihkan lepuhan kulit yang tak sengaja terbuka

Apabila kulit melepuh tak sengaja “pecah”, hindari untuk mengelupas kulit mati yang terbuka atau terlepas.Segera bersihkan luka terbuka dengan mencucinya pakai air dan sabun agar menghindari terjadinya infeksi. Lalu, oleskan salep antibiotik.Kemudian, tutup lepuhan kulit yang terbuka dengan perban atau kain kasa steril.

3. Gunakan kompres dingin

Cara meringankan gejala kulit melepuh tanpa sebab adalah dengan menempelkan kompres dingin.Caranya, gunakan beberapa buah es batu yang dibungkus dengan handuk atau kain bersih.Lalu, tempelkan di area kulit yang melepuh sekitar 30 menit untuk meringankan rasa nyeri.Namun, pastikan jangan menempatkan es batu langsung ke permukaan kulit yang melepuh.

4. Oleskan lidah buaya

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan bahan alami satu ini. Ya, gel lidah buaya bisa digunakan sebagai cara meringankan gejala kulit melepuh tanpa sebab di rumah.Lidah buaya mengandung antiradang yang mampu menghambat peradangan sehingga diyakini dapat meredakan kulit yang membengkak, kemerahan, perih, dan terbakar.Jika dioleskan ke area kulit yang melepuh, maka manfaat lidah buaya dapat melembapkan dan memberikan sensasi dingin sehingga mempercepat proses penyembuhan.Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya yang diambil langsung dari tanamannya, atau menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan gel lidah buayanya tinggi, ya.

Kapan kulit melepuh tanpa sebab perlu dikonsultasikan ke dokter?

Anda harus mewaspadai kulit melepuh tanpa sebab yang dialami.Terlebih bila disertai dengan nyeri yang tak kunjung hilang, pembengkakan, kulit kemerahan, kulit area melepuh menghangat, muncul garis-garis merah di area sekitar kulit yang melepuh, atau keluar nanah dari lepuhan.Kulit melepuh tanpa sebab yang muncul di area mata atau alat kelamin sebaiknya perlu diperiksakan ke dokter.Anda juga harus menemui dokter apabila kulit melepuh tanpa sebab disertai demam, menggigil, atau gejala flu. Pasalnya, bisa jadi Anda mengalami infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus. Dengan ini, dokter akan memberikan diagnosis penyebab dan penanganannya yang tepat.Anda pun dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk menanyakan kulit melepuh tanpa sebab yang dialami.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitmasalah kulitinfeksi kulit
Web Md. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-blisters
Diakses pada 1 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/264783#treatment
Diakses pada 1 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/blisters
Diakses pada 1 Oktober 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/foot-health-pictures/healing-home-cures-for-blisters.aspx#08
Diakses pada 1 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait