Cara menurunkan trigliserida secara alami adalah menjalani pola makan sehat
Mengonsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan asupan serat sehingga kadar trigliserida pun dapat turun.

Sama halnya seperti kolesterol, kadar trigliserida yang tinggi juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara menurunkan trigliserida yang bisa Anda lakukan.

Selain obat dari dokter, langkah alami seperti memperbanyak konsumsi ikan dan menurunkan berat badan, bisa membantu penurunan kadar trigliserida. Dengan menjalani berbagai cara di bawah ini, Anda bisa terhindar dari risiko komplikasi tingginya kadar trigliserida seperti penyakit jantung.

[[artikel-terkait]]

Cara menurunkan trigliserida secara alami

Dibandingkan dengan kolesterol, kadar trigliserida dalam darah mungkin belum banyak menjadi perhatian. Trigliserida adalah suatu jenis lemak dalam darah, yang disimpan sebagai cadangan energi.

Jika kadarnya dibiarkan terlalu tinggi, maka akan terjadi peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, ada berbagai cara menurunkan trigliserida yang bisa dilakukan secara alami, melalui langkah-langkah di bawah ini.

1. Kurangi konsumsi gula

Jenis gula seperti fruktosa, dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Bagi Anda yang berencana untuk menurunkan kadar zat ini, batasi konsumsi makanan dan minuman manis seperti soda, permen, kue, dan es krim.

2. Perbanyak makan serat

Anda bisa meningkatkan asupan serat dengan mengonsumsi buah dan sayur. Menambah asupan serat, bisa membantu mengurangi penyerapan lemak dan gula di usus kecil sehingga kadar trigliserida pun dapat turun.

3. Batasi konsumsi karbohidrat

Konsumsi karbohidrat seharusnya tidak lebih dari 60 persen dari total kalori yang masuk ke tubuh, dalam satu hari. Jika Anda mengonsumsi karbohidrat berlebihan hingga melebihi jumlah yang disarankan, maka kadar trigliserida pun akan terus naik, karena tubuh akan menyimpannya sebagai lemak.

4. Pilih ikan, sebagai pengganti daging

Lemak omega 3, yang banyak terdapat pada ikan, baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan, setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Kurangi konsumsi alkohol

Alkohol memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Konsumsi alkohol yang tidak berlebihan pun, sudah meningkatkan kadar trigliserida hingga 53%. Apalagi jika dikonsumsi berlebihan.

6. Pilih jenis lemak yang tepat untuk dikonsumsi

Cara menurunkan trigliserida lain yang bisa dicoba adalah dengan mengenali jenis lemak yang Anda konsumsi. Tidak semua lemak yang dikonsumsi berbahaya bagi tubuh.
Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari alpukat, ayam tanpa kulit, dan minyak zaitun.

7. Konsumsi olahan kacang kedelai

Protein yang terdapat pada kacang kedelai, dipercaya dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Selain itu, kandungan isoflavon di dalamnya juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

8. Capai berat badan ideal

Saat Anda mengonsumsi makanan maupun minuman dengan kalori berlebih, tubuh akan mengubah kalori tersebut menjadi trigliserida, dan menyimpannya di sel-sel lemak.

Sehingga, menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal, merupakan salah satu cara yang efektif, untuk mengurangi kadar zat tersebut dalam darah.

9. Berolahraga secara teratur

Melakukan aktivitas fisik, akan membantu membakar kalori yang menumpuk di tubuh. Dengan begitu, kadar gliserida akan menurun. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai atau bersepeda, jika sebelumnya tidak terbiasa berolahraga.

Cara menunurunkan trigliserida melalui penanganan dokter

Terkadang, cara menurunkan trigliserida secara alami saja tidak cukup. Pada kasus-kasus tertentu, diperlukan penanganan dari dokter, agar kondisi ini bisa ditangani dengan baik.

Untuk menurunkan kadar trigliserida, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu, seperti obat golongan statin. Selain statin, dokter dapat meresepkan obat golongan fibrate, untuk menurunkan kandungan lemak di tubuh.

Selain pemberian obat, dokter juga akan menyarankan pemeriksaan kesehatan rutin, terutama jika Anda memiliki riwayat diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Keduanya merupakan faktor risiko yang bisa memicu naiknya kadar trigliserida.

Setelah melihat penjelasan di atas, Anda diharapkan dapat lebih menyadari pentingnya menjaga, agar kadar zat tersebut tidak menumpuk secara berlebihan di tubuh. Konsultasikan lebih jauh dengan dokter, mengenai cara menurunkan trigliserida yang paling sesuai, dengan kondisi kesehatan Anda

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-ways-to-lower-triglycerides
Diakses pada 27 Juni 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315380.php
Diakses pada 27 Juni 2019

WebMD. https://www.webmd.com/cholesterol-management/ss/slideshow-triglycerides-tips
Diakses pada 27 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.webmd.com/cholesterol-management/ss/slideshow-triglycerides-tips
Diakses pada 27 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed