Alami Depresi? Ini Cara Menyemangati Diri Sendiri dan Semangat Kembali


Saat mengidap depresi Anda merasakan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun ada cara menyemangati diri sendiri yang bisa dilakukan untuk menjalani aktivitas keseharian Anda.

(0)
14 Oct 2020|Marco Anthony
Cara menyemangati diri sendiri saat depresiTetap berpikir positif agar semangat di kala depresi
Depresi adalah salah satu gangguan mental yang paling umum di dunia. WHO menyebutkan ada sekitar 300 juta orang yang mengidap depresi di seluruh dunia.Seseorang yang mengidap depresi bisa merasakan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan bagi mereka yang menderita depresi berat, bangun dari tempat tidur atau makan saja bisa menjadi beban.Di tambah lagi dengan beberapa gejala dari depresi yang menyertai, seperti kehilangan kenikmattan saat melakukan aktivitas yang disenangi, kesulitan tidur, rasa cemas yang sering muncul, hingga kehilangan nafsu makan semakin membuat segala aktivitas terasa berat untuk dilakukan.Namun kabar baiknya ada cara menyemangati diri sendiri yang bisa dilakukan untuk menjalani aktivitas keseharian Anda.

Cara menyemangati diri sendiri di kala depresi

Kunci dari cara menyemangati diri sendiri saat Anda mengidap depresi adalah memulai hari Anda dengan hal-hal yang mudah. Tiap kali Anda berhasil melakukan hal tersebut, tambahkan lagi tugas mudah lainnya sehingga secara bertahap Anda dapat mencapai tujuan atau mengerjakan tugas yang Anda inginkan.

1. Bangun dari tempat tidur

perempuan minuma air putih
Bangun dari tempat tidur dan minum air putih agar lebih semangat
Saat Anda tak mengalami depresi, bangun dari tempat tidur adalah hal yang remeh. Namun ketika depresi datang, hal ini menjadi sebuah perjuangan. Oleh karena itu jadikan bangun dari tempat tidur tujuan utama Anda.Ketika Anda berhasil bangun, yakinkan diri Anda bahwa jika Anda bisa melakukan hal ini, maka Anda bisa melakukan hal lainnya juga.

2. Jalan ke luar rumah

jalan kaki
Melakukan aktivitas fisik di luar rumah dapat memperbaiki mood Anda. Cobalah untuk jalan kaki di luar rumah meski hanya 10 menit saja. Mengubah suasana di sekitar Anda adalah salah satu cara yang baik untuk merubah mood Anda.

3. Puji diri sendiri

Tiap kali Anda berhasil melakukan sesuatu yang Anda inginkan, berikan pujian kepada diri Anda sendiri. Tak peduli seberapa remehnya hal tersebut. Saat Anda berhasil membuat secangkir kopi, puji diri Anda. Saat Anda berhasil membenahi tempat diri Anda pun, puji diri Anda. Pujian dalah salah satu cara menyemangati diri sendiri yang ampuh.

4. Hindari hal negatif

Hal negatif yang diterima oleh pikiran kita dapat merubah mood Anda jadi berantakan dan membuat Anda semakin tidak bersemangat. Oleh karena itu hindari berbagai hal negatif seperti berbicara dengan orang yang bersifat toxic, membaca berita sedih, hingga surfing di internet. Alih-alih membuat semangat, hal ini menyebabkan mood Anda semakin rontok.

5. Buat check list

Menulis daftar aktivitas atau jurnal mampu memperbaiki mood
Ketika kita berhasil menyelesaikan suatu tugas ada rasa senang yang muncul. Oleh karena itu buatlah check list untuk setiap tugas yang akan Anda kerjakan. Berikan tanda pada tugas yang sudah Anda kerjakan dan tempel daftar tersebut pada tempat yang mudah Anda lihat.Dengan melihat tugas apa saja yang sudah Anda kerjakan akan menambah semangat Anda melakukan tugas lainnya.Alternatif lainnya adalah dengan menulis jurnal mengenai hal-hal apa saja yang sudah Anda lakukan hari ini. Selain menjadi cara menyemangati diri sendiri yang manjur,  mencatat keberhasilan Anda akan menghilangkan ruang bagi hal negatif untuk masuk ke pikiran Anda.

6. Bersosialisasi

curhat
Berkomunikasi dengan sahabat akan membantu mood Anda
Bersosialisasi merupaka cara menyemangati diri sendiri lainnya yang patut dicoba. Berkomunikasilah dengan orang-orang yang membuat Anda nyaman. Menolong orang lain melakukan tugas mereka juga merupakan cara yang baik untuk memperbaiki mood Anda.

7. Tidur yang cukup

Depresi sering membuat Anda merasa lelah secara mental dan fisik. Oleh karena itu tidur yang cukup akan membantu memperbaiki mood Anda. Namun jangan sampai Anda kurang tidur atau tidur berlebihan. Kedua hal ini malah akan memperburuk suasana hati Anda.

Catatan dari SehatQ

Depresi adalah hal yang melelahkan dan mengganggu kehidupan keseharian Anda. Namun Anda bisa melakukan beberapa cara menyemangati diri sendiri di atas untuk membantu Anda melakukan berbagai aktivias harian meski sedang dilanda depresiJika Anda membutuhkan saran atau pertolongan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play
mengatasi depresigangguan mentalkesehatan mental
Healthline. https://www.healthline.com/health/depression/depression-motivation-tips#tips
Diakses pada 30 September 2020
Healthline.  https://www.healthline.com/health/i-dont-want-to-do-anything#journal
Diakses pada 30 September 2020
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/tips-for-finding-motivation-when-youre-depressed/
Diakses pada 30 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait