Jangan Sampai Batal, Ini 5 Cara Menahan Nafsu Seksual Saat Puasa

Hindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya nafsu, misalnya menonton tayangan yang ada adegan seksual
Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol libido selama puasa.

Tidak hanya soal makanan, menjalankan puasa juga berarti melatih diri untuk menahan nafsu dalam bentuk lain, misalnya secara seksual.

Bagi beberapa orang, menahan nafsu secara seksual saat bulan puasa bahkan mungkin lebih sulit dibandingkan dengan menahan lapar.

Berbagai kegiatan untuk menahan nafsu seksual

Jika Anda termasuk salah satunya, jangan khawatir. Cara menahan libido di bawah ini dapat Anda praktikkan agar puasa dapat berjalan dengan lancar:

1. Cari kegiatan untuk mengalihkan perhatian

Nafsu seksual dapat Anda tekan dengan dengan menyalurkan energi tersebut ke kegiatan lain. Anda dapat melakukan berbagai jenis aktivitas, baik yang melibatkan kreativitas, gerakan fisik, bersifat menegangkan, hingga religius.

Kegiatan yang umum dilakukan untuk mengalihkan nafsu seksual di antaranya belajar memainkan alat musik dan membuat kerajinan tangan. Selain itu, olahraga seperti lari dan yoga juga dipercaya dapat membantu.

2. Hindari kegiatan yang dapat memicu nafsu

Salah satu cara yang paling sederhana namun mungkin sulit dilakukan oleh beberapa orang adalah menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya nafsu. Jangan menonton tayangan-tayangan yang mengandung adegan seksual atau membaca buku yang memiliki cerita yang serupa.

Selain itu, hindari objek, latar, atau sosok tertentu yang berpotensi membangkitkan hasrat seksual Anda.

3. Dalami penyebab nafsu sulit dikontrol

Terkadang, ketidakmampuan Anda dalam mengontrol nafsu seksual bisa jadi disebabkan oleh kondisi tertentu.

Tidak hanya saat bulan puasa, jika dalam keseharian merasa kesulitan untuk mengontrol gairah seksual, ada baiknya jika Anda melakukan terapi dengan ahli untuk mengetahui akar permasalahan yang menyebabkannya.

Terapi juga dapat membantu Anda untuk mengetahui tujuan hidup secara umum. Dengan begitu, Anda dapat mulai fokus untuk mengejar tujuan tersebut, sehingga dapat merasa lebih mudah mengontrol diri.

4. Perbaiki hubungan dengan pasangan

Kehidupan seksual yang tidak baik dengan pasangan juga dapat membuat gairah seksual Anda tidak tersalurkan dengan baik. Hal ini dapat membuat Anda sulit untuk mengontrol nafsu yang muncul.

Diskusikan dengan baik mengenai perasaan Anda maupun pasangan. Lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat kembali hubungan Anda dan pasangan.

5. Konsumsi makanan tertentu

Makanan yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual disebut dengan aphrodisiac. Sebaliknya, ada juga jenis makanan yang dipercaya dapat menurunkan gairah seksual seseorang. Makanan tersebut disebut sebagai anaphrodisiac.

Beberapa jenis makanan anaphrodisiac di antaranya kedelai, tumbuhan akar manis, chasteberry, tanaman hop, dan selada liar. Meski begitu, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara bebas dan berlebihan.

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai cara menahan nafsu saat puasa di atas, Anda dapat mencobanya dalam menjalani puasa di bulan Ramadan.

Semakin baik kemampuan seseorang menahan nafsu seksual, maka semakin baik juga kemampuan dirinya dalam menahan bentuk emosi lainnya.

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/75465-control-sex-drive/
Diakses pada 2 Mei 2019

Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/sex-life/a27015579/libido-high-sex-drive/
Diakses pada 2 Mei 2019

Live Science. https://www.livescience.com/5804-men-control-arousal.html
Diakses pada 2 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed