4 Akibat Mandi Malam yang Mencengangkan bagi Kesehatan

(0)
12 Nov 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Akibat mandi malam tidak selamanya buruk bagi kesehatanMandi malam ternyata punya banyak manfaat
Mungkin Anda familiar dengan anggapan yang menyatakan salah satu akibat mandi malam adalah penyakit rematik. Tak pelak, banyak orang yang memilih tidur dalam kondisi badan kotor, penuh peluh dan debu, bahkan terasa gatal setelah seharian beraktivitas, ketimbang menanggung risiko terkena masalah persendian ini.Selain itu, mandi malam juga membuat orang takut terkena masuk angin. Namun, benarkah mandi di malam hari memang tidak baik bagi kesehatan? Apa lagi akibat mandi malam yang bisa Anda alami? Berikut ulasan tentang mandi malam hari ditinjau dari segi medis.

Akibat mandi malam bagi kesehatan

Anggapan mandi malam hari dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan tidak sepenuhnya benar. Justru, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mandi di malam hari, terutama seteleh selesai beraktivitas, yaitu:
  • Mempersingkat waktu yang Anda butuhkan untuk tertidur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Texas, Austin, Amerika Serikat, mandi malam dengan temperatur dan waktu yang tepat dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Anda dapat mandi malam dengan air biasa, tetapi lebih baik lagi jika mandi dengan air hangat yang memiliki suhu sekitar 40-43 derajat celcius.Sementara itu, waktu yang dianjurkan untuk Anda mandi malam adalah 1-2 jam atau lebih tepatnya 90 menit sebelum tidur. Akibat mandi malam yang dapat Anda rasakan ketika menerapkan tips ini adalah tidur lebih cepat 10 menit dari biasanya.
  • Meningkatkan kualitas tidur

Akibat mandi malam lainnya adalah membuat tidur Anda lebih lelap, mengingat mandi di malam hari juga dapat melepas ketegangan otot setelah seharian berjibaku dengan rutinitas. Anda pun akan bangun dengan kondisi yang lebih segar dan siap kembali beraktivitas.Hanya saja, jangan mandi malam dengan jarak terlalu dekat dengan waktu tidur Anda. Sebab mandi sebelum tidur tersebut justru memberi efek sebaliknya, yakni Anda jadi merasa segar dan terlalu berenergi sehingga sulit untuk memejamkan mata.
  • Mengurangi gejala insomnia

Bagi Anda yang menderita insomnia atau susah tidur akut, cobalah mandi di malam hari 90 menit sebelum Anda mencoba memejamkan mata. Mandi malam hari dapat meningkatkan suhu tubuh, kemudian suhu akan anjlok lagi beberapa saat setelah mandi.Perbedaan suhu tubuh yang mencolok akan membuat tubuh mempercepat proses pendinginan dari dalam sehingga Anda akan cepat merasa mengantuk.
  • Meringankan gejala rematik

Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan jika mandi malam dapat menyebabkan penyakit rematik. Justru, beberapa penderita rematik melakukan mandi di malam hari untuk meringankan sakit rematik yang mereka rasakan sehingga dapat tidur dengan lebih cepat dan berkualitas.Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa mandi malam hari tidak selamanya buruk. Meski demikian, Anda sebaiknya mandi malam selama 5-10 menit saja karena kulit yang terlalu lama terkena air juga bisa menjadi kering dan iritasi.Selain itu, mandi malam juga bukan pengganti mandi pagi. Anda tetap disarankan untuk mandi pagi mengingat manusia cenderung berkeringat saat tidur.Jika Anda ragu dan ingin mencegah dampak buruk dari mandi malam, maka gunakanlah air hangat. Sebab di malam hari suhu tubuh juga melemah dan perlu untuk istirahat sehingga menggunakan air hangat menjadi pilihan yang tepat. Sementara, mandi air dingin di malam hari bisa membuat metabolisme tubuh terganggu. 

Bolehkah bayi mandi malam?

Umumnya, orangtua di Indonesia memandikan bayi pada pagi maupun sore hari. Namun, ada pula orangtua yang memandikan anaknya di malam hari dengan alasan yang sama seperti diutarakan di atas, yakni agar ia dapat tertidur pulas. Apa akibat mandi malam bagi bayi?Memandikan bayi pada malam hari sebetulnya boleh-boleh saja, namun ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan. Sebelum memandikan bayi, siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang berhubungan dengan buah hati Anda, misalnya handuk dan baju yang akan ia gunakan setelah mandi.Pastikan air yang digunakan untuk mandi bayi memiliki suhu hangat sekitar 38 derajat. Jangan pernah menggunakan air dingin di malam hari. Pastikan juga Anda memandikannya di ruangan yang memiliki suhu udara hangat karena bayi sangat rentan mengalami kedinginan.Setelah mandi, langsung bungkus bayi dengan handuk untuk menghangatkan badannya. Jika Anda melihat kulit bayi mengering setelah mandi, pertimbangkan untuk tidak sering-sering memandikannya pada malam hari, serta gunakan pelembap khusus bayi untuk mencegah iritasi kulit.
rematikmandi
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/having-trouble-sleeping-try-a-hot-bath-before-bed
Diakses pada 11 November 2019
NY Times. https://www.nytimes.com/2017/12/22/well/showering-morning-night.html
Diakses pada 11 November 2019
WebMD. https://www.webmd.com/osteoarthritis/features/arthritis-pain-sleep
Diakses pada 11 November 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/healthy-baby/art-20044438
Diakses pada 11 November 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-basics/newborn-bathing
Diakses pada 11 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait