Akibat Kekurangan Air Bersih Bisa Sebabkan Infeksi Penyakit Menular Ini

(0)
20 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak penyakit yang bisa muncul akibat kekurangan air bersihKekurangan air bersih bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan
Kekurangan air bersih dapat menyebabkan sejumlah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan, bahkan ada yang bisa mengancam jiwa. Beberapa penyakit akibat kekurangan air bersih, seperti kolera dan berbagai penyakit penyebab diare lainnya, diperkirakan menyebabkan sekitar 1,8 juta kematian di dunia setiap tahunnya.Karena air digunakan dalam berbagai kebutuhan sehari-hari, kekurangan air bersih bisa mendatangkan berbagai dampak negatif bagi kehidupan, khususnya bagi kesehatan. Penyakit terkait kurangnya ketersediaan air bersih bahkan dianggap sebagai salah satu masalah kesehatan paling signifikan di dunia.

Dampak buruk akibat kekurangan air bersih

Pada sejumlah negara berkembang, efek kumulatif akibat kekurangan air bersih bisa berdampak pada perkembangan sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi.Banyak orang, termasuk anak-anak, harus menghabiskan waktu mereka untuk mencari dan mengambil air bersih dari lokasi yang sangat jauh. Hal ini menyebabkan tenaga dan waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja dan belajar akan habis untuk mengambil air.Berikut dampak buruk akibat kekurangan air bersih yang bisa terjadi:
  • Kesulitan minum dan membersihkan makanan
  • Fasilitas sanitasi menjadi tidak memadai karena kurangnya air bersih
  • Buruknya kebersihan pribadi.
Kondisi-kondisi tersebut bisa memicu berbagai penyakit menular yang berbahaya. Fenomena ini menjebak masyarakat di dalam siklus kemiskinan dan kesehatan yang buruk.

Penyakit akibat kekurangan air bersih

Krisis air juga merupakan krisis kesehatan. Ada lima kategori utama penyakit menular akibat kekurangan air bersih, yakni water-borne, water-washed, water-based, water-related insect vector, dan diseases caused by defective sanitation.

1. Penyakit yang ditularkan lewat air (water-borne)

Jenis penyakit ini ditularkan lewat konsumsi air yang terkontaminasi virus atau bakteri. Beberapa jenis penyakit water-borne adalah:Penyakit akibat konsumsi air terkontaminasi biasanya menyebabkan diare karena adanya infeksi saluran cerna (usus) oleh parasit. Selain itu, diare juga bisa menyebabkan demam, kram, mual, dehidrasi, dan penurunan berat badan.Penyakit ini bahkan dapat mengancam jiwa orang-orang yang memiliki sistem tubuh lemah, seperti anak-anak, orang tua, atau yang telah memiliki riwayat penyakit sebelumnya.

2. Penyakit karena kurangnya air untuk menjaga kebersihan diri (water-washed)

Jenis-jenis penyakit akibat kekurangan air bersih untuk menjaga kebersihan diri, di antaranya adalah:
  • Infeksi pencernaan, seperti infeksi Shigella yang menyebabkan disentri
  • Penyakit kulit menular, seperti kudis, frambusia, kusta, infeksi kulit, dan bisul
  • Penyakit mata, seperti trakoma dan konjungtivitis virus.
Penyakit-penyakit ini bisa menular dengan cara kontak langsung dengan penderitanya. Misalnya, bersentuhan langsung dengan luka terbuka penderita kudis atau melalui cairan air mata penderita pada penyakit infeksi mata trakoma.

3. Penyakit dari organisme yang hidup di air (water-based)

Penyakit akibat kekurangan air bersih juga bisa disebabkan oleh organisme yang berada di dalam air, misalnya cacing. Beberapa penyakit tersebut, antara lain:
  • Schistosomiasis atau penyakit akibat infeksi parasit cacing trematoda
  • Dracunculiasis atau infeksi dracunculus medinensis (cacing guinea).
Saat kekurangan air bersih, Anda mungkin terpaksa menggunakan air kotor untuk mandi. Kondisi ini memungkinkan cacing masuk ke dalam kulit dan menginfeksi tubuh.

4. Penyakit dari vektor serangga yang berkembang biak di air (water-related insect vector)

Penyakit ini disebarkan oleh serangga yang sebagian atau seluruh siklus perkembangbiakannya terjadi di dalam atau di dekat genangan air. Penyakit akibat kekurangan air bersih ini meliputi:
  • Malaria yang disebabkan oleh parasit dan disebarkan oleh gigitan nyamuk
  • Filariasis atau kaki gajah disebabkan oleh cacing filaria
  • Demam kuning yang disebarkan oleh nyamuk yang terinfeksi virus
  • River blindness/penyakit robls/onchocerciasis yang disebabkan oleh cacing onchocerca volvulus.

5. Penyakit karena sanitasi buruk

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh sanitasi buruk akibat kekurangan air bersih adalah infeksi cacing tambang. Seseorang dapat terinfeksi cacing tambang saat berjalan tanpa alas kaki dan kontak langsung dengan feses yang mengandung larva cacing tambang.Larva bisa masuk ke dalam kaki, lalu menuju ke usus halus dan berkembang biak. Telur-telur cacing kemudian ikut keluar melalui feses, dan siklus hidup cacing tambang terus berulang.
air putih
National Academy of Science. https://www.koshland-science-museum.org/water/html/en/Treatment/Water-Related-Diseases.html
Diakses 7 September 2020
Water Non Profit Organizaton. https://water.org/our-impact/water-crisis/
Diakses 7 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait