Akar Dandelion Punya Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

(0)
20 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Akar dandelion memiliki potensi manfaat yang menarik, dari sifat antikanker hingga antidiabetesAkar dandelion yang dikeringkan dapat menjadi obat tradisional untuk kulit
Memiliki bunga imut nan cantik, tumbuhan dandelion sudah populer dalam praktik pengobatan tradisional sejak zaman dahulu. Semua bagian tumbuhan ini ternyata sudah dimanfaatkan untuk alasan kesehatan – termasuk bagian akar dandelion. Apa saja khasiat akar dandelion untuk kesehatan?

Manfaat akar dandelion untuk kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat kesehatan yang ditawarkan akar dandelion:

1. Mengatasi masalah kulit

Akar dandelion yang dikeringkan sudah menjadi “obat” tradisional untuk menenangkan kulit yang mengalami jerawat, eksim, psoriasis, ruam, hingga bisul. Dalam praktiknya, masyarakat biasanya menumbuk akar dandelion kering dan dicampur air sehingga menjadi pasta.Riset yang menyokong klaim di atas sebenarnya masih sedikit. Namun, akar dandelion diyakini memiliki sifat antiradang dan antigatal. Akar dandelion juga diyakini bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.Namun, walau menarik, penting untuk diingat bahwa tumbuhan dandelion berisiko memicu dermatitis kontak pada beberapa orang – terutama anak-anak. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat mengoleskan akar dandelion pada kulit untuk menghindari risiko alergi.

2. Memiliki sifat antidiabetes

Potensi manfaat akar dandelion lainnya yakni menawarkan sifat antidiabetes. Efek tersebut diberikan berkat kehadiran serat larut air yang disebut inulin dalam akar tumbuhan ini. Inulin mengandung karbohidrat kompleks yang disebut fruktooligosakarida atau FOS. FOS dilaporkan dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Khasiat ini diberikan FOS dengan memperlambat aliran gula dari usus menuju aliran darah. Dengan begitu, lonjakan kadar gula darah dan level insulin pun dapat dicegah.Tak sampai di situ, FOS juga mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan serta menyingkirkan bakteri yang berbahaya. 

3. Memperlambat pembentukan jaringan parut pada organ hati

Akar dandelion dilaporkan dapat bermanfaat untuk kesehatan hati. Sebuah riset pada hewan dalam Journal of Ethnopharmacology menyimpulkan, tikus yang diberikan ekstrak akar dandelion mengalami perlambatan keparahan jaringan parut di hati atau fibrosis. Menurut riset tersebut, ekstrak akar dandelion membantu menonaktifkan sel utama yang terlibat dalam fibrosis. Dengan begitu, ekstrak akar dandelion berpotensi untuk mempercepat pemulihan hati. Tak sampai di situ, rebusan tumbuhan dandelion juga sering dikonsumsi dengan klaim untuk membersihkan organ hati. Riset lanjutan tentu diperlukan untuk menguatkan manfaat-manfaat dandelion untuk hati.

4. Memiliki sifat antikanker

Akar dandelion memiliki potensi sebagai agen antikanker. Efek ini muncul karena akar tumbuhan ini dapat merangsang apoptosis atau kematian sel terprogram. Apoptosis sebenarnya penting untuk “mematikan” sel dan menggantinya dengan yang baru. Apoptosis yang tidak berjalan normal dapat membuat sel tumbuh tak terkontrol dan berkumpul menjadi tumor.Riset lanjutan tentu diperlukan untuk mengonfirmasikan potensi akar dandelion sebagai pengobatan kanker. 

Risiko efek samping dan reaksi alergi dari akar dandelion

Setiap tumbuhan yang kita manfaatkan sebagai obat dan makanan tentu memiliki risiko efek samping – dan akar dandelion tidak lepas dari pengecualian. Beberapa individu berisiko mengalami nyeri ulu hati, diare, sakit perut, dan iritasi kulit setelah mengonsumsi akar dandelion.Beberapa orang juga harus berhati-hati dengan risiko alergi yang ditimbulkan dandelion. Anda tidak dapat memanfaatkan atau mengoleskan dandelion jika memiliki alergi terhadap tumbuhan dan bunga berikut ini:Apabila Anda memiliki alergi terhadap yodium dan lateks, bunga dandelion juga tidak dapat digunakan.Karena riset masih terbatas, kelompok seperti ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak tidak disarankan mengonsumsi ramuan dari dandelion. Penggunaan berlebih dandelion juga berisiko mengurangi kesuburan pada wanita dan menurunkan kadar testosteron pada laki-laki.

Peringatan interaksi akar dandelion dengan obat-obatan tertentu

Selain risiko efek samping dan alergi, tumbuhan dandelion secara umum dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Interaksi tersebut dapat berupa bagaimana obat diserap ke aliran darah, saat obat diproses oleh hati, atau saat obat dikeluarkan dari tubuh melalui urine.Diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi akar dandelion jika Anda tengah menggunakan obat-obatan ini:
  • Antibiotik seperti ciprofloxacin dan enoxacin
  • Antidepresan seperti amitriptyline
  • Antipsikotik seperti lithium dan haloperidol
  • Diuretik seperti furosemide
  • Kontrasepsi berbasis estrogen
  • Obat statin seperti lovastatin dan atorvastatin

Catatan dari SehatQ

Akar dandelion memiliki potensi manfaat yang menarik, dari sifat antikanker hingga antidiabetes. Untuk mendapatkan informasi lain terkait potensi tanaman herbal, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia di Appstore dan Playstore yang setia mendampingi hidup sehat Anda.
pengobatan jerawatherbalinsulin
Memorial Sloan Kettering Cancer Center. https://www.mskcc.org/news/what-apoptosis
Diakses pada 7 Oktober 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378874110003661?via%3Dihub
Diakses pada 7 Oktober 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-dandelion-root-89103
Diakses pada 7 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait