Mengenal Akantosis Nigrikans, Kondisi Kulit Menghitam dan Terasa Kasar


Akantosis nigrikans merupakan kondisi menghitamnya area kulit pada bagian tubuh tertentu dan bertekstur seperti beludru. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penyakit atau penggunaan obat-obatan.

0,0
17 May 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Akantosis nigrikans adalah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) karena munculnya bercak hitam pada bagian tubuhAkantosis nigrikans bisa muncul di area leher
Akantosis nigrikans adalah masalah pada kulit berupa perubahan warna menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) karena munculnya bercak hitam pada bagian tubuh. Selain itu, bagian yang mengalami masalah ini juga akan terasa lebih tebal (hiperkeratosis) dan kasar. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun perempuan.Gangguan kulit ini biasa muncul pada bagian lipatan tubuh, seperti di ketiak, paha dalam, leher, siku, lutut, buku jari, bibir, telapak tangan, dan telapak kaki. Akantosis nigrikans bukanlah jenis penyakit kulit. Namun, kondisi ini menandakan adanya gangguan lain pada tubuh.

Penyebab akantosis nigrikans

Setiap orang memiliki risiko yang sama mengalami akantosis nigrikans tanpa memandang etnis. Kondisi ini berpotensi muncul saat seseorang mengalami kelebihan berat badan, gangguan diabetes, atau pradiabetes. Berikut beberapa penyebab munculnya kondisi akantosis nigrikans:

1. Terlalu banyak insulin dalam tubuh

Saat Anda mengonsumsi sebuah makanan, tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi molekul glukosa. Sebagian glukosa akan dipakai untuk menghasilkan energi untuk tubuh. Sebagian lainnya akan disimpan.Tubuh orang yang kelebihan berat badan cenderung tidak bisa menggunakan insulin secara normal. Hal ini akan membuat penumpukan glukosa di dalam darah. Jika itu terjadi, insulin akan menyebabkan sel kulit normal tumbuh lebih cepat. Hal inilah yang disebut dengan resistensi insulin.Sel kulit baru mengandung melanin yang lebih banyak. Peningkatan melanin yang cepat akan membuat kulit lebih gelap di salah satu bagian. Akantosis nigrikans ini akan menjadi indikator bahwa Anda bisa jadi berisiko terkena diabetes. Saat kondisi ini muncul, Anda sebaiknya melakukan diet tepat dan olahraga teratur.

2. Penggunaan obat-obatan

Penebalan kulit ini juga bisa dipicu oleh penggunaan obat-obatan, khususnya yang berhubungan dengan hormon. Kondisi ini bisa bisa dijumpai saat mengonsumsi pil KB, pil hormon pertumbuhan, tiroid, serta suplemen otot. Obat-obatan tersebut bisa menyebabkan perubahan kadar insulin dalam tubuh. Mengonsumsi suplemen yang mengandung niasin juga bisa memicu munculnya akantosis nigrikans. Selain itu, beberapa obat yang digunakan untuk meringankan efek samping kemoterapi juga bisa menjadi penyebab akantosis nigrikans. Dalam beberapa kasus, kondisi penggelapan kulit akan segera hilang saat konsumsi obat tersebut dihentikan. 

3. Penyakit dan gangguan lainnya

Akantosis nigrikans juga bisa muncul untuk memberikan tanda bahwa ada gangguan pada tubuh. Beberapa penyebabnya bisa jadi sangat parah, seperti kanker perut serta gangguan kelenjar adrenal dan pituitari. Selain itu, rendahnya hormon tiroid dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu munculnya gejala ini.Beberapa penyakit lain yang dapat menyebabkan akantosis nigrikans adalah penyakit Addison, sindrom Cushing, hipotiroid, dan PCOS (Sindrom Polikistik Ovarium)

Cara mendeteksi akantosis nigrikans

Kondisi ini sebenarnya bisa terlihat dengan jelas melalui mata telanjang. Anda juga bisa mengetahui tanda-tandanya dengan bercermin atau meraba pada bagian lipatan tubuh. Akantosis nigrikans akan lebih terasa ada di tubuh Anda jika kondisi tersebut menimbulkan rasa gatal.Saat memeriksakan kondisi ini, dokter akan melakukan tes glukosa darah dan insulin. Selain itu, Anda harus memberitahukan sejumlah obat, vitamin, dan suplemen yang pernah atau sedang Anda konsumsi.Anda juga perlu berhati-hati dengan kondisi akantosis nigrikans yang ganas. Tanda-tandanya adalah menyebar luas ke seluruh tubuh dengan cepat. Jika Anda mencurigai munculnya akantosis nigrikans pada tubuh, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan tes darah dan biopsi kulit untuk mendiagnosis penyakit ini. 

Cara mengatasi akantosis nigrikans

Karena akantosis nigrikans bukan sebuah penyakit, Anda hanya perlu mengatasi gangguan penyakit yang menyebabkan masalah ini muncul. Saat Anda mengalami kelebihan berat badan, langkah yang bisa dilakukan adalah berolahraga teratur dan melakukan diet yang tepat.Jika kemunculan akantosis nigrikans disebabkan konsumsi obat-obatan, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat pengganti atau menurunkan dosis obat. Lakukan juga pengobatan atau terapi dengan dokter spesialis saat kondisi ini disebabkan oleh tumor atau diabetes.Dalam beberapa kasus, akantosis nigrikans mungkin akan memengaruhi penampilan. Anda bisa menggunakan obat-obatan pencerah kulit, sabun antibakteri, hingga terapi laser. Langkah ini bisa memperbaiki masalah kulit yang ada. Sayangnya, pengobatan luar tidak akan menyembuhkan kondisi penyakit yang menyebabkannya.

Catatan dari SehatQ

Akantosis nigrikans merupakan kondisi munculnya perubahan di kulit, khususnya bagian lipatan kulit. Kondisi ini bisa muncul akibat gangguan kesehatan lain pada tubuh. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengatasi masalah dan penyakit yang menjadi penyebab dari munculnya akantosis nigrikans. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar akantosis nigrikans, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitakantosis nigrikansinsulinhormon
Healthline https://www.healthline.com/health/acanthosis-nigrikans#diagnosis
Diakses pada 5 Mei 2021
DermNet NZ https://dermnetnz.org/topics/acanthosis-nigrikans/
Diakses pada 5 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait