Air Kelapa untuk Bayi, Pendamping ASI Terbaik Yang Kaya Nutrisi


Air kelapa untuk bayi bermanfaat sebagai sumber nutrisi, mineral, dan berbagai khasiat lainnya seperti melancarkan pencernaan bayi. Namun, perhatikan usia bayi, porsi pemberian air kelapa, dan adanya alergi pada bayi.

(0)
13 Nov 2019|Azelia Trifiana
Air kelapa untuk bayi cocok sebagai sumber energi dan pencegah dehidrasiAir kelapa untuk bayi hanya boleh diberikan dalam porsi yang secukupnya saja
Air kelapa untuk bayi sangat disarankan sebagai makanan pertama bayi setelah bayi menuntaskan perjalanan ASI eksklusif selama 6 bulan.Berbagai nutrisi dan khasiat yang terkandung di dalam air kelapa membuatnya layak untuk disebut sebagai minuman terbaik kedua untuk buah hati Anda setelah ASI.Meski demikian, pastikan hanya memberikan air kelapa hijau untuk bayi ketika usianya 6 bulan ke atas. Jumlah air kelapa yang diberikan pun harus sewajarnya dan jangan sampai berlebihan.

Manfaat air kelapa untuk bayi

Air kelapa untuk bayi cocok sebagai sumber energi
Berdasarkan riset yang diterbitkan pada Journal of International Society of Preventive & Community Dentistry, air kelapa mengandung monolaurin, zat dari asam laurat yang dapat membangun kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan Si Kecil.Itulah mengapa air kelapa untuk bayi sangat direkomendasikan karena manfaatnya yang melimpah. Apa saja?

1. Sumber energi

Air kelapa muda untuk bayi bisa menjadi sumber energi yang diperlukan dalam masa pertumbuhannya.Bayi minum air kelapa bisa jadi pilihan untuk menambah energi buah hati Anda secara instan. Namun, tentu saja, air kelapa tidak menjadi pengganti ASI atau susu formula melainkan hanya sebagai tambahan saja.

2. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Air kelapa untuk bayi bantu segarkan bayi yang flu
Kandungan monolaurin dalam air kelapa bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit. Bahkan, air kelapa juga bisa jadi alternatif yang menyegarkan ketika bayi sedang terkena flu.

3. Mencegah dehidrasi

Minum air kelapa juga bisa mencegah dehidrasi pada bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Jenis cairan dengan bentuk paling murni dan serupa dengan air putih adalah air kelapa. Bonusnya, ada kandungan vitamin, mineral, dan garam yang diperlukan tubuh.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Air kelapa untuk bayi bantu tambah cairan saat pencernaan bermasalah
Bayi yang baru masuk ke fase MPASI rentan mengalami mual, muntah, hingga diare karena sedang beradaptasi dengan hal-hal baru di pencernaan mereka.Air kelapa untuk bayi sangat baik untuk mencegah kekurangan cairan saat pencernaan bayi bermasalah.

5. Mengatasi konstipasi

Memang wajar jika bayi ASI jarang BAB. Namun, konstipasi bisa membuat mereka merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan air kelapa yang kaya serat dan elektrolit.

6. Mencegah infeksi saluran kemih

Air kelapa untuk bayi kurangi risiko infeksi saluran kemih
Bayi juga rentan mengalami infeksi saluran kemih. Kabar baiknya, air kelapa dapat membantu menangkal bakteri penyebab infeksi tersebut.Terkadang, infeksi saluran kemih pada bayi bisa menjadi lebih parah ketika bakteri penyebab infeksi masih ada di ginjal atau kandung kemih.

7. Membantu tumbuhnya tulang dan gigi

Mineral-mineral yang terkandung di dalam air kelapa terdiri dari zat besi, fosfor, magnesium, kalsium, dan mangan.Ditambah dengan kandungan kalium sebesar 250 mg dan natrium sebesar 105 mg dalam setiap 100 ml air kelapa, berbagai mineral dan nutrisi tersebut akan berkontribusi langsung untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Aturan pemberian air kelapa untuk bayi

Pastikan hanya memberikan air kelapa untuk bayi, tidak dengan dagingnya
Terlepas dari banyaknya manfaat memberikan air kelapa untuk bayi, tetap saja harus ekstra hati-hati saat memberikan air kelapa untuk si kecil.Sistem pencernaan mereka masih sangat sensitif dan risiko mengalami alergi tetap ada. Untuk menghindarinya, perhatikan beberapa hal ini:

1. Cara Penyimpanan

Pastikan hanya memberikan air kelapa yang segar untuk bayi Anda. Kelapa di suhu ruangan bisa bertahan 5-10 hari jika belum dibuka.Namun setelah dibuka, air kelapa harus segera dihabiskan, paling lama 24 jam jika disimpan di lemari pendingin.

2. Porsi

Pastikan hanya memberikan air kelapa untuk bayi dengan porsi yang wajar. Berlebihan mengkonsumsi air kelapa dapat mengakibatkan ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh.

3. Bukan pengganti ASI

Meskipun air kelapa sangat baik manfaatnya untuk bayi, tetap saja air kelapa bersifat suplemen dan bukan pengganti ASI.Waktu pemberian air kelapa kepada bayi yang direkomendasikan oleh para ahli adalah ketika bayi berumur 6 sampai 8 bulan atau ketika bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan pendamping ASI.

4. Berikan air kelapa saja

Mengingat bayi masih belajar mengenal berbagai tekstur makanan dan minuman, sebaiknya hanya perkenalkan air kelapa dulu kepada mereka.Jangan memberikan daging buah kelapa karena rentan menyebabkan bayi tersedak. Untuk perkenalan, Anda bisa mencampurkan air kelapa ke makanan mereka dalam jumlah sedikit.

5. Cek alergi

Meski jarang terjadi, bisa saja bayi alergi terhadap air kelapa. Untuk itu, lihat reaksi setelah Anda memberikan air kelapa untuk pertama kalinya kepada mereka.Selain dikonsumsi langsung, air kelapa juga bisa jadi pilihan campuran menu MPASI yang Anda berikan untuk buah hati. Jika tidak ada reaksi alergi, tak ada salahnya memperkenalkan air kelapa kaya manfaat ini untuk bayi Anda.

6. Risiko mineral yang berlebih dalam tubuh

Risiko terlalu banyak memberikan air kelapa untuk bayi adalah kalium terlalu tinggi
Air kelapa sarat dengan mineral, salah satunya adalah kalium. Pemberian air kelapa yang berlebih kepada bayi dapat menyebabkan tingginya kadar kalium di dalam darah, yang dikenal sebagai kondisi hiperkalemia.Risiko ini dapat dengan mudah dihindari, dengan cara memberikan air kelapa untuk bayi dengan takaran secukupnya saja.

Catatan dari SehatQ

Air kelapa untuk bayi memang kaya manfaat bagi kesehatan Si Kecil. Namun, tetap perhatikan jumlah porsi air kelapa yang diberikan kepada bayi dan reaksi bayi setelah dikonsumsinya air kelapa untuk mengecek adanya kemungkinan alergi.Jika bayi menunjukkan gejala hiperkalemia atau tanda-tanda alergi setelah mengkonsumsi air kelapa, hubungi dokter anak melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ dan segera bawa bayi ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatmpasimakanan bayiair kelapa
Being The Parent. https://www.beingtheparent.com/giving-coconut-water-to-babies/
Diakses 8 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/coconut-milk-for-babies#The-takeaway-
Diakses 8 November 2019
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/health-benefits-of-coconut-water-for-your-baby_0096629/#gref
Diakses 8 November 2019
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/coconut-water-for-babies-benefits-and-more/
Diakses 8 November 2019
Journal of International Society of Preventive & Community Dentistry. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5390578/.
Diakses pada 29 November 2020.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait