Salah satu manfaat minum air kelapa untuk bayi adalah mengatasi masalah pencernaan
Air kelapa baru boleh diberikan pada bayi di atas 6 bulan

Setelah bayi menuntaskan perjalanan ASI eksklusif selama 6 bulan, saatnya berkenalan dengan beragam makanan dan minuman yang lain. Salah satu yang disarankan adalah air kelapa untuk bayi, minuman terbaik kedua untuk buah hati Anda setelah ASI.

Meski demikian, pastikan hanya memberikan air kelapa untuk bayi ketika mereka telah berusia 6 bulan ke atas. Jumlah air kelapa yang diberikan pun harus sewajarnya dan jangan sampai berlebihan.

Manfaat air kelapa untuk bayi

Air kelapa mengandung monolaurin, zat yang dapat membantu bayi membangun kekebalan tubuhnya. Itulah mengapa air kelapa untuk bayi sangat direkomendasikan karena manfaatnya yang melimpah. Apa saja?

1. Sumber energi

Air kelapa bisa menjadi sumber energi yang diperlukan bayi dalam masa pertumbuhannya. Mengonsumsi air kelapa bisa jadi pilihan untuk menambah energi buah hati Anda secara instan. Tapi tentu saja, air kelapa tidak menjadi pengganti ASI atau susu formula melainkan hanya sebagai tambahan saja.

2. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Kandungan monolaurin dalam air kelapa bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit. Bahkan, air kelapa juga bisa jadi alternatif yang menyegarkan ketika bayi sedang terkena flu.

3. Mencegah dehidrasi

Air kelapa juga bisa mencegah dehidrasi pada bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Jenis cairan dengan bentuk paling murni dan serupa dengan air putih adalah air kelapa. Bonusnya, ada kandungan vitamin, mineral, dan garam yang diperlukan tubuh.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Bayi yang baru masuk ke fase MPASI rentan mengalami mual, muntah, hingga diare karena sedang beradaptasi dengan hal-hal baru di pencernaan mereka. Air kelapa untuk bayi sangat baik untuk mencegah kekurangan cairan saat pencernaan si Kecil bermasalah.

5. Mengatasi konstipasi

Memang wajar jika bayi ASI jarang BAB namun konstipasi bisa membuat mereka merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan air kelapa yang kaya serat dan elektrolit.

6. Mencegah infeksi saluran kemih

Bayi juga rentan mengalami infeksi saluran kemih. Kabar baiknya, air kelapa dapat membantu menangkal bakteri penyebab infeksi tersebut. Terkadang, infeksi saluran kemih pada bayi bisa menjadi lebih parah ketika bakteri penyebab infeksi masih ada di ginjal atau kandung kemih.

Aturan pemberian air kelapa untuk bayi

Terlepas dari banyaknya manfaat memberikan air kelapa untuk bayi, tetap saja harus ekstra hati-hati saat memberikan air kelapa untuk si kecil. Sistem pencernaan mereka masih sangat sensitif dan risiko mengalami alergi tetap ada.

Untuk menghindarinya, lakukan beberapa hal ini:

  • Cara penyimpanan

Pastikan hanya memberikan air kelapa yang segar untuk bayi Anda. Kelapa di suhu ruangan bisa bertahan 5-10 hari jika belum dibuka. Namun setelah dibuka, air kelapa harus segera dihabiskan, paling lama 24 jam jika disimpan di lemari pendingin.

  • Porsi

Pastikan hanya memberikan air kelapa untuk bayi dengan porsi yang wajar. Berlebihan mengonsumsi air kelapa dapat mengakibatkan ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh.

  • Bukan pengganti ASI

Meskipun air kelapa sangat baik manfaatnya untuk bayi, tetap saja air kelapa bersifat suplemen dan bukan pengganti ASI.

  • Berikan air kelapa saja

Mengingat bayi masih belajar mengenal berbagai tekstur makanan dan minuman, sebaiknya hanya perkenalkan air kelapa dulu kepada mereka. Jangan memberikan daging buah kelapa karena rentan menyebabkan tersedak. Untuk perkenalan, Anda bisa mencampurkan air kelapa ke makanan mereka dalam jumlah sedikit.

  • Cek alergi

Meski jarang terjadi, bisa saja bayi alergi terhadap air kelapa. Untuk itu, lihat reaksi setelah Anda memberikan air kelapa untuk pertama kalinya kepada mereka.

Selain dikonsumsi langsung, air kelapa juga bisa jadi pilihan campuran menu MPASI yang Anda berikan untuk buah hati. Jika tidak ada reaksi alergi, tak ada salahnya memperkenalkan air kelapa kaya manfaat ini untuk bayi Anda.

Being The Parent. https://www.beingtheparent.com/giving-coconut-water-to-babies/
Diakses 8 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/coconut-milk-for-babies#The-takeaway-
Diakses 8 November 2019

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/health-benefits-of-coconut-water-for-your-baby_0096629/#gref
Diakses 8 November 2019

Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/coconut-water-for-babies-benefits-and-more/
Diakses 8 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed