Ahli Gizi dan Sederet Peran Pentingnya, Apa Saja?

Ahli gizi tak hanya berperan di rumah sakit, tapi juga layanan katering sekalipun.
Ahli gizi bisa membantu Anda menjalani diet sehat.

Layanan dari ahli gizi atau nutrisionis sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Anda bisa menjumpai ahli gizi di rumah sakit, puskesmas, klinik, bahkan pusat kebugaran dan layanan katering. Profesi ini tentu saja tak boleh diremehkan.

Apa saja peran ahli gizi?

Ahli gizi merupakan salah satu profesi penting di Tanah Air. Mengapa demikian? Sebab, Indonesia maish menghadapi persoalan gizi yang kompleks. Sebut saja gizi buruk dan pola makan tidak sehat, yang bisa memicu berbagai penyakit. Di Indonesia, peran ahli gizi diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 26 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan dan Praktik Tenaga Gizi.

Berbagai peran ahli gizi antara lain:

  • Merencanakan, menyelenggarakan, mengembangkan, serta mengevaluasi penyuluhan, pelatihan, maupun edukasi mengenai gizi pada masyarakat
  • Merencanakan, melaksakanan, mengembangkan, serta mengevaluasi tindakan intervensi gizi dan diet pada individu, kelompok, dan masyarakat
  • Mengelola sistem penyelenggaranan layanan penyediaan makanan dan menjamin kualitasnya
  • Melakukan penelitian di bidang kesehatan, gizi, dan pangan

Dalam perannya tersebut, ahli gizi juga melakukan skrining status gizi individu maupun kelompok masyarakat, merencanakan menu makanan sehat, hingga mengawasi mutu makanan.

Ahli gizi beri layanan masyarakat dengan masalah ini

Ahli gizi bisa membantu individu yang alami kekurangan asupan nutrisi sehat.

Ahli gizi atau nutrisionis biasanya memberikan layanan bagi individu maupun kelompok masyarakat yang menghadapi masalah asupan, klinis, maupun perilaku atau lingkungan seperti berikut ini.

1. Masalah asupan:

  • Kekurangan atau kelebihan energi maupun protein
  • Kekurangan zat besi, vitamin A, serta yodium

2. Masalah klinis:

  • Bayi dengan berat badan lahir rendah
  • Balita dengan gizi buruk
  • Balita yang kekurangan atau kelebihan gizi
  • Obesitas
  • Balita dengan kondisi stunting
  • Anemia pada remaja, ibu hamil dan lansia
  • Ibu hamil yang kekurangan energi dalam kondisi kronis
  • Gondok
  • Kekurangan gizi pada lansia

3. Perilaku atau lingkungan:

  • Jajanan anak sekolah yang tidak sehat dan tidak aman
  • Rendahnya kebersihan dalam pengolahan dan penyajian makanan
  • Tidak menerapkan konsumsi asupan dengan gizi seimbang
  • Rendahnya kualitas makanan pendamping ASI (MPASI)

Namun, Anda juga bisa minta bantuan ahli gizi untuk hal ini

Para ahli gizi umumnya dicari oleh kelompok individu dengan alasan atau motivasi berikut ini.

1. Ingin mengatasi diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit kronis lainnya:

Ahli gizi bisa membantu memahami kondisi Anda dan pengaruh makanan terhadap penyakit tersebut. Ahli gizi akan merekomendasikan menu makanan yang dilengkapi nutrisi untuk mengatasi penyakit Anda, misalnya diabetes dan tekanan darah tinggi.

2. Merencanakan operasi bypass lambung:

Perut hanya bisa menampung sedikit makanan setelah operasi bypass lambung. Oleh karena itu, menemukan nutrisi yang sesuai, merupakan tantangan tersendiri. Ahli gizi akan membantu Anda mengubah pola makan, tanpa mengurangi cita rasa yang diinginkan.

3. Memiliki masalah pencernaan:

Biasanya, ahli gizi akan bekerja sama dengan dokter untuk mengatasi persoalan yang satu ini. Ahli gizi juga akan memberikan rekomendasi asupan yang tidak akan memperburuk kondisi Anda. Misalnya dengan menyarankan Anda membatasi makanan yang digoreng, maupun minuman berkafein dan bersoda,

4. Sedang menjalani kehamilan, merencanakan kehamilan, atau menjadi ibu baru:

Berkonsultasilah dengan ahli gizi ketika Anda hamil, merencanakan kehamilan, atau bahkan telah menjadi ibu baru. Ahli gizi akan memastikan Anda mendapat nutrisi yang diperlukan, juga untuk Si Kecil. Ahli gizi juga akan memberikan strategi dalam menyusun menu makanan yang sehat tapi tetap lezat.

5. Memiliki anak dengan gangguan makan:

Ahli gizi pun bisa memberikan saran bagi Anda dalam mengatasi anak dengan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

6. Ingin menaikkan atau menurunkan berat badan:

Diet impulsif terdengar begitu menjanjikan dalam menaikkan maupun menurunkan berat badan. Namun biasanya, efeknya tak bertahan lama. Oleh karena itu, lebih baik Anda berkonsultasi dengan ahli gizi. Sebab, ahli gizi bisa merekomendasikan sumber dan jumlah kalori untuk meningkatkan berat badan misalnya, atau rencana diet untuk penurunan bobot. Anda pun tetap bisa menyantap makanan favorit.

7. Merawat lansia:

Ahli gizi bisa membantu Anda memahami interaksi obat-obatan yang dikonsumsi lansia, asupan air yang dibutuhkan, serta diet untuk penderita tekanan darah tinggi, misalnya.

8. Ingin meningkatkan performa olahraga:

Tahukah Anda, ternyata seorang ahli gizi juga bisa membantu Anda meraih target dalam berolahraga. Entah itu sekadar jogging maupun lari marathon.

9. Membutuhkan saran tentang menu sehat:

Mengolah makanan sehat tak melulu mahal atau rumit. Anda juga tetap bisa makan di restoran, tanpa merusak diet. Godaan jajan di tempat kerja pun bukan hal mustahil untuk Anda tolak. Ahli gizi akan mengajarkan Anda berbagai triknya.

Catatan dari SehatQ:

Saat ini banyak beredar hoax mengenai manfaat berbagai bahan makanan maupun tanaman herbal yang disebut bisa mendukung kesehatan, termasuk diet. Jangan serta-merta percaya kabar tersebut, ketika ingin menjalani diet, atau ingin mengatasi anak yang kekurangan ebrat badan, misalnya. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan saran terbaik.

AIPGI.
https://aipgi.org/home/wp-content/uploads/2019/04/Starkom-NUTRISIONIS.pdf
Diakses pada 30 Maret 2020

Academy of Nutrition and Dietetics.
https://www.eatright.org/food/resources/learn-more-about-rdns/10-reasons-to-visit-an-rdn
Diakses pada 26 Maret 2020

Artikel Terkait