African Black Soap, Andalan Usir Jerawat Hingga Kerutan Wajah


African black soap menuai popularitas karena khasiatnya mengatasi hiperpigmentasi atau bercak kehitaman, stretch marks, hingga jerawat. Disebut sabun Afrika karena jenis sabun ini dibuat dari bahan-bahan nabati yang berasal dari benua tersebut.

(0)
12 Mar 2021|Azelia Trifiana
Sabun hitam dari Afria sangat bermanfaat untuk kulitSabun hitam dari Afria sangat bermanfaat untuk kulit
African black soap menuai popularitas karena khasiatnya mengatasi hiperpigmentasi atau bercak kehitaman, stretch marks, hingga jerawat. Disebut sabun Afrika karena jenis sabun ini dibuat dari bahan-bahan nabati yang berasal dari benua terbesar kedua di dunia itu.Ciri khas utama sabun Afrika adalah teksturnya yang cukup kasar. Apabila akan digunakan sebagai sabun pembersih, pastikan sudah mengambil sebagian kecil kemudian gosokkan di antara kedua tangan.

Manfaat African black soap

Belum familiar dengan jenis sabun yang satu ini? Berikut beberapa manfaat menggunakan African black soap secara berkala, yaitu:

1. Antibakteri

Sabun Afrika ini mengandung khasiat antibakteri alami yang membuatnya bisa jadi alternatif pembersih dengan tambahan beragam zat kimia. Menariknya lagi, bisa jadi sabun ini justru bisa menghilangkan bakteri lebih banyak ketimbang sabun dengan kandungan kimiawi.Anda bisa menggunakan sabun dengan warna gelap ini tak hanya pada wajah, tapi juga di tangan, bahkan seluruh tubuh.

2. Meredakan iritasi

iritasi wajah
Sabun Afrika dapat redakan iritasi di wajah
Bagi orang yang mengalami masalah kulit seperti alergi, dermatitis kontak, hingga eksim, bisa mencoba sabun Afrika sebagai alternatif. Bukan hanya meredakan iritasi akibat masalah kulit itu, African black soap juga dapat menghilangkan ruam akibat eksim dan psoriasis.

3. Anti-peradangan

Black soap ini sangat kaya akan kandungan vitamin A serta vitamin E. Keduanya merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu mengimbangi radikal bebas.Ini penting mengingat radikal bebas bisa menyerang jaringan kulit yang sehat. Tak hanya itu, manfaat ini juga bisa bermanfaat bagi orang yang mengalami peradangan seperti rosacea.

4. Mengobati jerawat

Inilah khasiat yang membuat sabun Afrika disebut sebagai andalan alias holy grail di dunia produk perawatan kulit. Khasiat ini datang dari kandungan shea yang bisa merawat sel-sel kulit yang rusak.Tak hanya berhenti di situ saja, sabun Afrika ini juga dapat menyeimbangkan minyak alami kulit. Jangan lupakan pula kandungan antimikroba di dalamnya juga dapat meredakan jerawat parah akibat bakteri Propionibacterium acnes.

5. Mencegah tanda-tanda penuaan

penuaan
Membantu menyamarkan kerutan
Kandungan shea butter dan juga minyak kelapa dalam African black soap dapat mengurangi berkurangnya kolagen alami kulit. Di saat yang sama, stimulasi pembentukan kolagen terus terjadi.Hasilnya, ini dapat menyamarkan kerutan dan garis halus yang merupakan tanda-tanda penuaan. Tekstur sabun Afrika yang kasar juga sekaligus bisa membantu proses eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati yang membuat garis halus semakin kentara. 

6. Antijamur

Manfaat lain dari sabun Afrika adalah antijamur. Tak tanggung-tanggung, sabun ini bisa melawan 7 jenis jamur sekaligus termasuk tersangka utama yang kerap menyebabkan infeksi yaitu Candida albicans. Candida sebenarnya adalah flora normal pada kulit, namun jika jumlahnya sangat banyak akan menimbulkan masalah.Khasiat ini terbukti dari studi di Ibadan, Nigeria. Oleh sebab itu, sabun ini aman digunakan untuk mempercepat pemulihan pada kondisi seperti athlete’s foot dan jamur di kuku kaki.

7. Aman untuk berbagai jenis kulit

Bagi orang yang memiliki kondisi kulit sensitif atau kering, sabun dengan pewangi adalah pantangan. Untungnya, African black soap tidak mengandung pewangi apapun sehingga aman bagi semua jenis kulit, termasuk yang sensitif dan kering.Di sisi lain, orang dengan kondisi kulit berminyak atau kombinasi juga sah-sah saja menggunakannya. Justru, sabun Afrika ini bisa menyeimbangkan produksi minyak alami kulit, tidak kekurangan maupun kelebihan.Segala khasiat sabun Afrika di atas tak lepas dari komposisi di dalamnya, yaitu kombinasi:
  • Pod kakao
  • Minyak kelapa
  • Produk turunan daun pohon palem
  • Plantain bark
  • Shea butter
Meski demikian, ada kemungkinan kandungan dalam sabun Afrika ini bervariasi antara satu merek dan lainnya. Terkadang, ada pula sabun yang diberi tambahan minyak esensial seperti eucalyptus sehingga aromanya lebih menenangkan.Ada pula African black soap yang mengandung tambahan lidah buaya dan oatmeal sehingga khasiatnya pun bertambah.

Cara menggunakan sabun Afrika

Apabila Anda belum pernah sama sekali menggunakan sabun ini, jangan terkejut melihat teksturnya yang cukup kasar. Tekstur ini memang bagus untuk mengangkat sel kulit mati.Namun apabila digunakan sebagai sabun pembersih sehari-hari, ambil dulu bagian kecil dari sabun. Kemudian, gosokkan di antara kedua tangan agar hancur.Mengingat teksturnya yang kasar, ketika mengaplikasikan ke tubuh, lakukan dengan perlahan. Metode apapun yang Anda gunakan, pastikan membilasnya dengan air hangat sesudahnya.Setelah itu, aplikasikan produk pelembap andalan Anda untuk membantu mengunci kelembapan alami kulit. Apabila dirasa terlalu kering, tak ada salahnya mencoba menambahkan madu sehingga lebih lembap.

Catatan dari SehatQ

Setiap kali usai menggunakan, perhatikan apakah ada reaksi alergi yang muncul seperti ruam dan iritasi. Namun jika tidak ada keluhan, tak ada salahnya memasukkan sabun Afrika ini dalam rangkaian produk perawatan kulit Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar gejala reaksi alergi pada kulit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/african-black-soap-benefits
Diakses pada 27 Februari 2021
Academia. https://www.academia.edu/4986526/Antifungal_potentials_of_indigenous_black_soap_commonly_used_in_Ibadan_Nigeria
Diakses pada 27 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/african-black-soap-benefits
Diakses pada 27 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait