Ada beberapa manfaat timun untuk ibu hamil yang bisa dinikmati
Seorang ibu hamil sedang mengirisi timun di dapur

Ibu hamil wajib mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur yang bergizi, salah satunya adalah timun. Pasalnya, manfaat timun untuk ibu hamil cukup banyak, mulai dari mencegah dehidrasi pada ibu hingga mendukung perkembangan janin secara optimal.

Kandungan utama pada timun adalah air. Ada pula beberapa vitamin dan mineral serta gula, namun tidak dalam jumlah yang signifikan.

Meski tidak lazim, ada beberapa daerah di Indonesia yang melarang ibu hamil makan timun karena dipercaya mengakibatkan muntaber. Padahal sebaliknya, timun merupakan tanaman yang baik untuk kesehatan manusia secara keseluruhan dan relatif aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat timun untuk ibu hamil

Mengalami kenaikan berat badan adalah hal yang tak terelakkan bagi ibu hamil. Namun setidaknya, makan timun untuk ibu hamil tidak akan menambah parah pertambahan bobot selama masa kehamilan karena setengah porsi timun hanya mengandung 8 kalori.

Di luar itu, berikut manfaat makan timun yang juga bisa dirasakan oleh ibu hamil:

  • Mencegah dehidrasi

Kandungan air pada timun terasa menyegarkan, apalagi bila sayuran ini dijadikan minuman es mentimun. Air pada timun juga mengandung elektrolit sehingga dapat mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi.

  • Menguatkan tulang

Timun mengandung vitamin K yang berguna untuk menguatkan dan menyehatkan tulang. Timun juga mengandung vitamin B, zat besi, asam folat, dan magnesium yang juga berguna untuk mendukung perkembangan janin.

  • Mencegah pembengkakan

Ketika dikonsumsi di trimester pertama, timun untuk ibu hamil dapat menjaga elastisitas kulit. Sedangkan bila dimakan saat trimester tiga, timun juga dipercaya dapat mencegah bengkak pada kaki maupun tangan ibu hamil.

  • Menormalkan kadar gula darah

Bagi Anda yang berisiko atau tengah mengalami diabetes gestasional, konsumsi timun untuk ibu hamil sangat baik karena dapat menyeimbangkan kadar gula darah.

  • Mencegah konstipasi

Selain kaya akan air, timun juga mengandung serat yang bermanfaat untuk pencernaan ibu hamil. Konsumsi timun untuk ibu hamil dipercaya dapat mencegah konstipasi sehingga menurunkan risiko Anda terkena wasir selama hamil.

  • Memperbaiki mood dan imunitas

Vitamin B pada timun diyakini dapat memperbaiki suasana hati. Dengan suasana hati yang kondusif, imunitas juga akan meningkat. Hal ini juga didukung dengan kandungan antioksidan dalam timun.

  • Mendukung perkembangan janin yang sehat

Manfaat timun untuk ibu hamil juga dirasakan oleh janin. Timun juga mengandung vitamin C, B1, B2, B3, asal folat, zinc, potasium, magnesium, hingga zat besi yang dapat mendukung perkembangan janin.

Meski memiliki berbagai manfaat, konsumsi timun sebaiknya juga tidak berlebihan. Timun juga belum bisa dijadikan suplemen atau obat untuk menggantikan resep dokter.

Berbagai cara menikmati timun

Untuk mendapatkan manfaat timun untuk ibu hamil di atas, Anda dapat langsung mengonsumsinya. Jangan lupa untuk mencuci bersih bagian luar timun atau kupas kulitnya untuk menjamin kebersihan sayuran mentah yang masuk ke tubuh Anda.

Timun juga dapat dikonsumsi dalam bentuk salad atau dijadikan pelengkap pada roti isi maupun nasi goreng. Alternatif lainnya adalah dengan menjadikannya sebagai minuman, misalnya es timun-jeruk nipis, es krim timun-mint, atau merendam timun semalaman dalam air putih alias infused water.

Timun biasa dijadikan acar, tapi ibu hamil harus membatasi konsumsi acar timun saat hamil karena dikhawatirkan memicu tekanan darah tinggi yang mungkin berujung pada preeklampsia. Per 100 gram penyajian, acar timun mengandung 457 mg sodium atau nyaris 20 persen dari batas konsumsi harian.

IPB. https://sipakaril.ipb.ac.id/Files/0f24e8e8-8d2e-4c46-b057-e888011c36c5/paper_0f24e8e8-8d2e-4c46-b057-e888011c36c5.pdf
Diakses pada 14 April 2020

Litbang Kemkes. https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/jek/article/download/140/45/
Diakses pada 14 April 2020

Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/cucumber-during-pregnancy-benefits-risks-and-tips/
Diakses pada 14 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber
Diakses pada 14 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325124
Diakses pada 14 April 2020

Artikel Terkait