Adakah Makanan yang Memperlambat Haid? Ini Penjelasannya


Beberapa jenis makanan, seperti cuka apel, lemon, hingga gelatin, dianggap sebagai makanan yang dapat memperlambat haid. Namun, klaim tersebut tidak didukung dengan hasil penelitian ilmiah tepercaya.

0,0
16 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada klaim seputar makanan yang dapat memperlambat haidCuka papel dianggap sebagai makanan yang dapat memperlambat haid
Sebagian perempuan mungkin pernah memiliki keinginan untuk menunda haid karena berbagai alasan. Salah satu cara alami yang mungkin sering direkomendasikan adalah konsumsi makanan yang memperlambat haid.Memang ada beberapa jenis makanan yang secara turun-temurun diklaim mampu menunda haid. Akan tetapi, hingga saat ini, belum ada jenis makanan yang benar-benar terbukti secara ilmiah dapat dijadikan cara menunda haid yang efektif.

Berbagai klaim makanan yang dapat memperlambat haid

Berikut adalah beberapa klaim mengenai makanan dapat memperlambat haid secara alami. Namun, Anda perlu ingat bahwa efektivitas makanan ‘penunda haid’ ini belum didukung data atau hasil penelitian ilmiah yang memadai.Memang tidak ada salahnya untuk mencoba. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu berharap berlebihan terhadap keberhasilannya sebagai cara menunda haid.

1. Cuka apel

Tidak dipungkiri bahwa cuka apel merupakan bahan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini semua berkat kandungan vitamin, polifenol, dan asam asetat di dalamnya yang berperan penting untuk tubuh.Akan tetapi, sejauh ini belum ada hasil penelitian yang mendukung kemampuan cuka apel sebagai makanan yang memperlambat haid.Alih-alih sebagai makanan penunda haid, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jepang malah menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu menyebabkan menstruasi pada perempuan yang belum memiliki siklus normal. Misalnya, pada perempuan yang memiliki ketidakseimbangan hormon karena sindrom ovarium polikistik (PCOS).

2. Perasan buah lemon

Klaim makanan yang memperlambat haid selanjutnya adalah perasan buah lemon. Buah ini memang merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik.Meskipun demikian, tidak ada penelitian atau bukti ilmiah apa pun yang mendukung klaim bahwa mengonsumsi perasan jeruk lemon adalah cara menunda haid yang efektif.

3. Gelatin

Gelatin banyak direkomendasikan sebagai makanan yang memperlambat haid. Makanan ini biasanya dikonsumsi dengan cara dilarutkan dalam air hangat, kemudian diminum.Cara menunda haid ini diklaim efektif untuk memperlambat menstruasi hingga empat jam. Jika ingin menunda haid lebih lama, Anda hanya perlu mengulangi cara ini beberapa kali saja selama dibutuhkan.Akan tetapi, sama halnya dengan metode-metode sebelumnya, tidak ada penelitian atau bukti ilmiah yang menegaskan bahwa cara menunda haid dengan mengonsumsi gelatin ini efektif.

4. Kacang lentil

Tidak sedikit yang menganggap kacang lentil sebagai salah satu makanan yang memperlambat haid. Kacang ini umumnya dikonsumsi dengan cara disangrai hingga lembut, lalu dihancurkan hingga bubuk menjadi tepung.Namun, lagi-lagi klaim kacang lentil sebagai makanan yang dapat memperlambat haid belum didukung oleh hasil penelitian atau bukti ilmiah apa pun.

Alternatif cara menunda haid yang lebih efektif

Ada beberapa cara menunda haid yang dianggap lebih efektif ketimbang mengonsumsi berbagai makanan di atas. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Olahraga

Olahraga berlebihan bisa berdampak pada tertundanya menstruasi. Kondisi ini umumnya terjadi jika seorang perempuan melakukan aktivitas fisik berat selama beberapa hari menjelang waktunya menstruasi. Bahkan, atlet perempuan profesional sering kali tidak mengalami menstruasi.Meski demikian, tidak ada penelitian terkait olahraga sebagai cara menunda haid dengan sengaja. Kondisi ini lebih sering terjadi sebagai dampak yang tidak direncanakan dan diperkirakan akibat ketersediaan energi yang rendah.Sehingga, tubuh kemungkinan tidak memiliki cadangan energi untuk memenuhi siklus menstruasi karena olahraga dan pemulihan diri telah menggunakan banyak energi.

2. Pil KB

Pil KB kombinasi yang mengandung progesteron-estrogen dipercaya dapat menjadi cara menunda menstruasi. Sebaiknya, periksakan diri ke dokter dan konsultasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan pil KB sebagai cara menunda menstruasi.

3. Norethisteron

Norethindrone (norethisterone) adalah obat resep penunda haid. Dokter dapat meresepkan tiga tablet sehari yang dikonsumsi 3-4 hari sebelum tanggal haid biasanya dimulai. Haid Anda dapat dimulai setelah 2-3 hari sejak Anda menghentikan konsumsi obat tersebut.Ada beberapa efek samping dari obat norethindrone meliputi mual, nyeri payudara, sakit kepala, dan gangguan suasana hati. Selain itu, orang dengan riwayat gangguan pembekuan darah sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini.Itulah beberapa cara menunda haid, baik lewat makanan hingga cara lainnya. Meski dianggap tidak efektif, Anda tentunya tidak dilarang jika tetap ingin mencoba makanan yang memperlambat haid, selama mengonsumsinya dalam batas aman dan tidak berlebihan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
haidmenstruasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-delay-period-naturally#natural-remedies
Diakses 5 Juli 2021
Health Shots. https://www.healthshots.com/intimate-health/menstruation/can-foods-delay-periods-naturally/
Diakses 5 Juli 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-cider-vinegar
Diakses 5 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait