Salah satu cara agar perempuan PCOS bisa hamil adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal
PCOS memang menyebabkan ketidakseimbangan hormon, namun bukan berati tidak bisa hamil sama sekali

Sudah ada banyak perempuan yang membuktikan bahwa kondisi PCOS bisa hamil, terlepas dari risiko adanya komplikasi selama mengandung. Tak hanya itu, dokter spesialis kandungan juga bisa meresepkan obat yang dapat mengendalikan kadar hormon estrogen dan progesteron perempuan dengan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).

PCOS atau sindrom polikistik ovarium terjadi karena ketidakseimbangan hormon sehingga timbul kantung-kantung udara di ovarium dan tidak menghasilkan ovum atau telur yang optimal untuk pembuahan. Sekitar 6-15% perempuan di usia subur bisa mengalami PCOS. Namun lagi-lagi, PCOS bukan berarti akhir dari harapan memiliki keturunan.

Risiko kondisi PCOS

Memang banyak perempuan yang belum berhasil memiliki keturunan karena mengalami PCOS. Jika berhasil hamil pun, risiko terjadinya komplikasi saat mengandung dan persalinan tetap ada.

Contohnya, ibu hamil dengan PCOS tiga kali lebih rentan mengalami keguguran dibandingkan ibu hamil tanpa PCOS. Selain itu, kemungkinan mengalami preeklamsia hingga diabetes gestasional juga meningkat. Lebih jauh lagi, ibu hamil juga bisa mengalami persalinan prematur atau justru ukuran bayi yang terlalu besar.

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa 60% perempuan dengan PCOS mengalami obesitas. Itulah mengapa salah satu kunci agar penderita PCOS bisa hamil adalah dengan mengatur strategi makan.

Selain beberapa kondisi di atas, perempuan dengan PCOS juga berisiko mengalami komplikasi lain seperti:

  • Resistensi insulin
  • Diabetes tipe 2
  • Kolesterol tinggi
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Sleep apnea
  • Kanker endometrium

Meskipun perempuan dengan PCOS bisa hamil, namun dokter spesialis kandungan akan mendiskusikan risiko dan pertimbangan lain terkait kapan waktu persalinan terbaik, mempertimbangkan kondisi medis dan kematangan bayi.

Apabila ibu hamil dengan PCOS menderita preeklamsia saat mengandung, maka dokter akan mengawasi dengan ketat. Preeklamsia adalah kondisi yang sangat berbahaya, baik bagi ibu maupun bayi dalam kandungan.

Sementara bagi ibu hamil dengan PCOS yang mengalami diabetes gestasional, ada kemungkinan ukuran bayi lebih besar dari normal. Hal ini bisa menimbulkan masalah saat persalinan, seperti pundak bayi tersangkut saat ibu mengejan (shoulder dystocia).

Meski demikian, bukan berarti PCOS bisa hamil penuh dengan risiko dan keluhan medis. Selama bisa dikelola dengan baik gejalanya, maka kehamilan akan berjalan dengan baik-baik saja.

Gejala PCOS

Terkadang, seorang individu tidak menyadari memiliki PCOS, hingga merasa perlu waktu lebih lama untuk bisa mendapatkan keturunan. Apabila seorang perempuan belum berhasil memiliki keturunan setelah berupaya secara alami lebih dari satu tahun, tidak ada salahnya menjalani pemeriksaan.

Meski demikian, bukan berarti dokter bisa langsung membuat diagnosis dan mengetahui bahwa seorang perempuan memiliki PCOS. Gejalanya bisa berbeda-beda pada setiap individu.

Beberapa gejala yang mungkin dialami adalah:

  • Ada kista berbentuk butiran mutiara (string of pearl) di ovarium
  • Resistensi insulin
  • Rambut tumbuh berlebihan
  • Muncul banyak jerawat
  • Siklus menstruasi berantakan
  • Kenaikan berat badan berlebih
  • Penumpukan berat badan di pinggang
  • Kulit lebih gelap (patch) di leher, lengan, payudara, atau paha
  • Nyeri panggul
  • Cemas berlebih
  • Depresi
  • Sleep apnea

Memang tidak ada obat yang khusus bisa menghilangkan PCOS, namun tidak menutup kemungkinan perempuan dengan PCOS bisa hamil. Dokter akan memberikan beberapa pilihan untuk mengelola gejalanya, seperti memberikan pil kontrasepsi atau obat penunjang kesuburan lainnya.

Selain itu, menjaga berat badan ideal juga tak kalah penting. Setidaknya penurunan berat badan sebesar 5-10% saja sudah cukup signifikan meningkatkan kemungkinan memiliki keturunan. 

Berolahraga ringan, aktif bergerak, serta memantau siklus ovulasi untuk tahu kapan masa subur juga bisa dilakukan bagi pasangan yang sedang berusaha memiliki keturunan.

Namun perlu diingat, obat-obat tersebut tidak perlu lagi dikonsumsi apabila sudah berhasil hamil. Tanyakan kepada dokter bagaimana rencana selanjutnya apabila sudah positif hamil.

Mengingat kondisi PCOS bisa hamil rentan mengalami komplikasi, maka sepanjang kehamilan harus dipastikan kondisinya benar-benar sehat. Tanyakan kepada dokter bagaimana pola makan atau gaya hidup sehat yang harus dijalani, begitu pula dengan obat yang mungkin diperlukan.

Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/pcos-and-pregnancy
Diakses 15 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/polycystic-ovary-syndrome-fertility#1
Diakses 15 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pcos#next-steps
Diakses 15 Maret 2020

Artikel Terkait