Adakah Cara Menghilangkan Nikotin dalam Tubuh Secara Efektif?

(0)
05 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan nikotin dalam tubuh dilakukan dengan segera berhenti merokokBerhenti merokok sesegara mungkin agar nikotin dalam tubuh hilang
Nikotin umumnya masuk ke tubuh melalui rokok. Saat Anda mengisap sebatang rokok, tubuh akan menyerap hingga 90 persen nikotin. Dua jam setelahnya, tubuh Anda akan mengeluarkan setengah dari nikotin tersebut. Nikotin yang tersisa dalam tubuh kemudian dipecah menjadi lebih dari 20 zat berbeda, di antaranya kotinin, anabasin, dan nornikotin. Kemudian, sisa-sisa zat ini dikeluarkan melalui urine. Namun, dalam sebuah tinjauan dikatakan bahwa semakin banyak dan sering seseorang merokok, semakin lama waktu yang dibutuhkan nikotin untuk keluar dari tubuh. 

Cara menghilangkan nikotin dalam tubuh

Tahukah Anda kalau nikotin juga bisa masuk ke dalam tubuh perokok pasif yang sering terpapar asap rokok? Untuk membantu mengeluarkan kandungan rokok tersebut, ada sejumlah cara menghilangkan nikotin dalam tubuh yang bisa Anda lakukan.  

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat membantu membersihkan tubuh dari nikotin. Jika Anda tidak berhenti merokok, tentu saja nikotin akan terus berada di dalam tubuh. Meski bukan hal yang mudah, cobalah melakukannya secara bertahap. Alihkan perhatian Anda pada hal lain setiap kali ingin merokok, misalnya minum air putih, mengunyah permen karet, menyikat gigi, atau mengobrol dengan orang lain. Sementara itu, bagi Anda para perokok pasif, sebisa mungkin jauhkan diri dari paparan rokok. Bahaya rokok haruslah dihindari karena bisa menyebabkan Anda terkena berbagai penyakit serius.

2. Lebih banyak minum air putih

Air putih bantu bersihkan nikotin dalam tubuh
Minum lebih banyak air putih dapat membantu membersihkan nikotin melalui urine dengan lebih cepat. Anda bisa mengonsumsi sekitar 8-12 gelas air putih setiap hari. Namun, Anda juga tidak boleh terlalu berlebihan karena dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh.

3. Berolahraga secara rutin

Cara menghilangkan nikotin dalam tubuh lainnya adalah dengan berolahraga. Olahraga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk melancarkan aliran darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengeluarkan zat sisa (nikotin) melalui keringat. Cobalah berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, misalnya berlari, bersepeda, berenang, atau latihan kardio.

4. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Makanan tinggi antioksidan
Makanan sehat yang kaya akan antioksidan akan membantu mengeluarkan racun maupun zat sisa dari dalam tubuh. Berbagai makanan tinggi antioksidan yang bisa Anda konsumsi, yaitu:
  • Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, B, C, dan K yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mengonsumsi sayuran ini juga dapat membantu menghilangkan nikotin dalam tubuh. Selain dimakan langsung, Anda juga bisa menjadikannya sebagai jus yang menyehatkan.
  • Jeruk

Buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik bagi kesehatan. Buah ini juga membantu meningkatkan metabolisme yang bermanfaat dalam menghilangkan nikotin di tubuh. Apalagi untuk para perokok umumnya kekurangan vitamin C. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.
  • Kiwi

Buah berwarna hijau dengan kulit coklat berbulu ini kaya akan vitamin A, C, dan E. Konsumsi kiwi secara rutin membantu menghilangkan nikotin dari tubuh dengan mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang. Selain disantap langsung, buah kiwi juga dapat dijadikan tambahan dalam smoothie.
  • Delima

Nikotin bisa merusak proses sirkulasi darah Anda. Namun, buah delima dapat membantu melawannya. Antioksidan dalam buah ini juga bisa mendorong hilangnya nikotin dari tubuh dan membuat Anda lebih sehat.
  • Sayuran hijau

Berbagai sayuran hijau, seperti bayam, kale dan brokoli, kaya akan antioksidan yang menyehatkan tubuh. Selain itu, kandungan asam folat, vitamin B5, dan C di dalamnya mampu melindungi tubuh dari nikotin.
  • Bawang putih

Meski baunya menyengat, bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Antioksidan dalam bawang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme sehingga bisa membantu menghilangkan nikotin dalam tubuh.Lakukan berbagai cara menghilangkan nikotin di atas secara rutin supaya tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bebas dari zat berbahaya ini. 

Faktor yang memengaruhi lamanya nikotin hilang dalam tubuh

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi lamanya nikotin hilang dalam tubuh, yakni:
  • Usia: Semakin Anda berumur, semakin lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk membuang nikotin.
  • Hormon: Memiliki sedikit hormon estrogen bisa memperlambat metabolisme nikotin sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk hilang dari tubuh.
  • Fungsi hati: Kecepatan hilangnya nikotin dalam tubuh juga dapat dipengaruhi oleh enzim pemecah yang diproduksi oleh hati.
Untuk memastikan ada atau tidaknya nikotin yang tersisa dalam tubuh Anda, lakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter mungkin akan melakukan tes urine, air liur, darah, rambut, atau kuku.Sementara, jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar bahaya nikotin, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
berhenti merokokantioksidanbahaya asap rokok
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322526#testing-methods-for-nicotine
Diakses pada 19 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/quit-smoking/how-long-does-nicotine-stay-in-your-system#clearing-nicotine-from-yourbody
Diakses pada 19 Februari 2021
Insider. https://www.insider.com/how-long-does-nicotine-stay-in-your-system
Diakses pada 19 Februari 2021
Doctor ND. https://doctor.ndtv.com/living-healthy/these-foods-can-help-flush-out-nicotine-from-your-body-and-detoxify-smokers-lungs-1994251
Diakses pada 19 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait