Adakah Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam yang Bisa Dicoba?

(0)
26 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cobalah air perasan lemon hingga lidah buaya sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam.Adakah cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang bisa dicoba?
Jerawat yang bermunculan di wajah tentunya bisa mengganggu penampilan Anda. Keadaan ini mendorong banyak orang untuk mencari cara menghilangkan jerawat yang mereka alami. Bahkan, tidak sedikit yang menginginkan hasil instan lewat metode-metode yang kurang jelas kebenarannya. Benarkah ada cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang bisa dilakukan?

Apakah ada cara menghilangkan jerawat dalam semalam?

Menurut Medicine Net, ada berbagai bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dalam semalam, mulai dari teh hijau, tea tree oil, hingga lidah buaya. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing metode ini.

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan yang dipercaya memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Inilah alasan mengapa tanaman ini dipercaya bisa menghilangkan jerawat secara efektif.Saat dioleskan ke kulit, gel lidah buaya juga terbukti bisa melawan bakteri, meredakan peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan luka, yang seluruhnya bermanfaat dalam mengatasi jerawat.Untuk mencobanya, Anda hanya perlu memotong lidah buaya menjadi dua bagian dan langsung mengoleskannya ke bagian jerawat sebelum tidur.

2. Tea tree oil

Tea tree oil dipercaya sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam
Tea tree oil dipercaya bisa menghilangkan jerawat dalam semalam
Tea tree oil adalah minyak atsiri yang sering kali digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Untuk mencoba tea tree oil, Anda harus mencampurkannya terlebih dahulu dengan carrier oil, seperti minyak kelapa hingga minyak zaitunSetelah itu, Anda bisa menggunakan bola kapas untuk menyerap campuran kedua minyak tersebut dan langsung mengoleskannya ke bagian jerawat.

3. Benzoil peroksida

Anda bisa mendatpakan benzoil peroksida dalam bentuk pembersih wajah atau gel di apotek atau secara online. Obat jerawat ini dipercaya bisa menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif. Anda disarankan untuk menggunakannya di malam hari sebelum tidur.

4. Teh hijau

Teh hijau diyakini mampu menjadi cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Sebab, teh ini dianggap ampuh dalam mengatasi peradangan dan memiliki senyawa antibakteri.Sebuah riset juga membuktikan bahwa teh hijau mengandung flavonoid dan tanin. Kedua senyawa ini diyakini bisa melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat.Jika Anda ingin mencobanya, siapkan setengah cangkir air hangat dan satu kantong teh hijau. Seduhlah teh hijau selama 5 menit. Apabila teh hijaunya sudah tidak terlalu panas, masukkan bola kapas ke dalamnya, lalu oleskan langsung di bagian jerawat.

5. Daun basil

Selain aromanya wangi, ternyata daun basil juga dipercaya bisa menghilangkan jerawat. Ambil satu daun kemangi dan remas hingga teksturnya halus. Setelah itu, tempelkan langsung di bagian jerawat.Lakukan cara menghilangkan jerawat dalam semalam ini pada siang hari atau malam hari sebelum tidur. Kandungan antiradang dan antibakteri daun kemangi dianggap akan membantu mengatasi jerawat membandel di wajah.

6. Perasan air lemon

Perasan air lemon dipercaya sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam
Air perasan lemon dipercaya bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dalam semalam
Perasan air lemon mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini dipercaya bisa membantu jerawat menjadi kering. Untuk mendapatkan khasiatnya, oleskan air perasan lemon langsung ke jerawat, baik di siang hari ataupun sebelum Anda tidur.

7. Minyak daun neem

Minyak daun neem dianggap bisa menyehatkan kulit dan mampu menghilangkan jerawat karena mengandung senyawa antibakteri dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya.Sebelum mencobanya, basuh wajah Anda dengan air hangat dan oleskan minyak daun neem ke jerawat menggunakan kapas. Diamkan selama satu malam agar minyaknya dapat masuk ke dalam kulit untuk membunuh bakteri di dalamnya.

8. Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis mengandung senyawa antimikroba yang bisa membantu mengatasi masalah jerawat Anda. Ambil satu sendok teh kayu manis dan dua sendok makan madu alami, lalu oleskan di jerawat.Sebelum mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter agar terhindar dari efek samping yang tak diinginkan.

Cara mencegah jerawat agar tidak datang

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain mengenal berbagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam, ada baiknya Anda juga mengetahui berbagai cara mencegah jerawat agar kulit wajah senantiasa sehat.
  • Rutin mencuci muka dengan baik
  • Rajin melembapkan kulit
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik
  • Jangan berlebihan menggunakan make up
  • Jangan sering menyentuh wajah dengan tangan kotor
  • Jangan terlalu sering terpapar dengan sinar matahari
  • Jangan memencet jerawat
  • Hindari stres.

Catatan dari SehatQ

Meskipun berbagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam di atas cukup menggiurkan untuk dicoba, belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk membuktikan kebenarannya. Sebab, tidak ada pengobatan jerawat instan. Perawatannya harus dilakukan secara berkala agar hasilnya maksimal.Maka dari itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencobanya. Hal ini dilakukan untuk mencegah efek samping yang berpotensi merugikan Anda.Jika Anda khawatir dengan kesehatan kulit, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
jerawatpengobatan jerawatkulit dan kecantikan
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/how_do_you_get_rid_of_pimples_overnight/article.htm
Diakses pada 15 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/get-rid-of-pimples-fast#aloe-vera
Diakses pada 15 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait