Adakah Cara Cepat Haid untuk Anak yang Bisa Dilakukan Orangtua?

(0)
14 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tidak ada cara cepat haid untuk anak yang bisa dilakukan orangtua karena putri Anda biasanya akan mendapatkan menstruasi pertamanya paling lambat di usia 16 tahunBila anak belum mendapatkan menstruasi pertama hingga usia 16 tahun, sebaiknya Anda membawanya ke dokter
Setiap anak perempuan akan mengalami menstruasi sebagai penanda bahwa ia melangkah ke usia dewasa - sehingga anak dan orangtua tentu harap-harap cemas menantikannya. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara cepat haid untuk anak yang bisa dibantu oleh orangtua. Simak untuk mencari tahu jawabannya. 

Adakah cara cepat haid untuk anak yang bisa dilakukan?

Haid merupakan proses yang terjadi secara alami, sehingga tidak ada cara cepat haid untuk anak yang bisa kita terapkan.  Pada banyak kasus, haid pertama terjadi pada usia sekitar 12 tahun. Namun, beberapa anak bisa mendapatkan haid pertamanya dalam rentang usia 10 hingga 16 tahun. Karena setiap anak bisa berbeda-beda, maka orangtua tidak perlu memusingkan cara cepat haid untuk anak. Haid pertama akan didapatkan oleh putri Anda apabila tubuhnya memang sudah siap, yakni dua tahun setelah munculnya tanda-tanda pertama fase pubertas. Seperti yang mungkin Anda tahu, tanda-tanda pertama fase pubertas pada anak perempuan dapat berupa mulai tumbuhnya payudara dan rambut kemaluan.

Bagaimana dengan kasus haid pertama yang datang terlambat?

Walau cara cepat haid untuk anak sejatinya tidak ada, orangtua tentu khawatir jika di usia 15 atau 16 tahun sang anak tak kunjung mendapatkan haid pertamanya. Di kasus datang bulan pertama yang tertunda ini, bantuan dari dokter akan diperlukan.Orangtua disarankan untuk membawa anak ke dokter apabila hingga usia 16 tahun ia belum mendapatkan menstruasi pertamanya. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan wawancara apakah putri Anda sudah mulai mengalami pertumbuhan payudara atau rambut di area kemaluan. Kemudian, untuk mencari tahu penyebab haid pertama yang terlambat, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan darah untuk mencari tahu kadar hormon anak. Dokter mungkin juga akan melakukan USG panggul untuk menggali masalah fisik pada sistem reproduksi putri Anda.Untuk mendapatkan pemahaman terkait kondisi anak secara menyeluruh, dokter akan menanyakan kondisi kesehatan fisik anak, kondisi psikologisnya, serta obat-obatan yang ia konsumsi.

Penyebab haid pertama anak tunjung datang

Ada beberapa penyebab keterlambatan haid pertama pada anak, termasuk:
  • Faktor keturunan
  • Berat badan terlalu rendah
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Terlalu banyak berolahraga
  • Menderita gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia
  • Stres berat
  • Hamil (kehamilan bisa terjadi beberapa waktu sebelum haid pertama)
  • Masalah pada vagina, rahim, atau indung telur

Cara cepat haid untuk anak pada menstruasi pertama yang terlambat

Pada kasus menstruasi yang terlambat, cara cepat haid untuk anak dari dokter akan disandarkan pada penyebabnya di atas. Beberapa cara cepat haid untuk anak tersebut, yaitu:

1. Terapi hormon

Terapi hormon akan ditawarkan dokter apabila ketidakseimbangan hormonal menjadi penyebab haid pertama terlambat pada anak. Terapi hormon tersebut dapat dilakukan seperti dengan pemberian pil kontrasepsi. 

2. Perubahan diet dan asupan kalori

Ketidakseimbangan berat badan (terlalu kurus atau terlalu gemuk) dapat memicu haid pertama menjadi terlambat. Dokter mungkin akan menyarankan agar Anda membantu mengubah pola makan anak untuk menyesuaikan berat badannya.

3. Perubahan aktivitas fisik

Menstruasi pertama yang datang terlambat juga bisa terjadi jika anak terlalu banyak berolahraga. Apabila kebiasaan ini menjadi pemicu menstruasi pertama yang tak kunjung datang, anak akan disarankan untuk mengurangi frekuensi olahraganya. 

4. Terapi untuk gangguan makan

Apabila Si Kecil mengalami keterlambatan haid pertama dan terindikasi menderita gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, dokter akan menangani gangguan makan tersebut terlebih dahulu dan akan memerlukan bantuan dari psikolog atau psikiater. Terapi yang dilakukan biasanya berupa terapi bercerita (talk therapy) serta pemberian arahan dari dokter atau ahli jiwa untuk memperbaiki pola makan anak.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada cara cepat haid untuk anak yang bisa dilakukan orangtua karena putri Anda biasanya akan mendapatkan menstruasi pertamanya paling lambat di usia 16 tahun. Apabila di usia ini anak belum mendapatkan haid pertama, berkonsultasi dengan dokter sangat dianjurkan.
siklus haidhaidmenstruasihormon
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eating-disorders/in-depth/eating-disorder-treatment/art-20046234
Diakses pada 1 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324830
Diakses pada 1 September 2020
National Health Service United Kingdom. https://www.nhs.uk/conditions/periods/delayed-periods
Diakses pada 1 September 2020
National Health Service United Kingdom. https://www.nhs.uk/conditions/eating-disorders
Diakses pada 1 September 2020
University Rochester Medical Center. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=90&ContentID=p01579
Diakses pada 1 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait