Adakah Cara agar Suara Merdu? Ini Penjelasannya


Cara agar suara merdu dapat Anda mulai dari menjaga kesehatan suara. Cobalah untuk mempraktikkan teknik pernapasan yang baik, berlatih vokal, berhenti merokok, minum cukup air putih, serta hindari berteriak berlebihan.

(0)
08 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara agar suara merdu salah satunya dilakukan dengan menjaga kesehatan suaraMemiliki suara yang merdu bisa menjadi suatu kebanggaan
Siapa yang tidak ingin memiliki suara merdu? Suara merdu merupakan salah satu anugerah Tuhan yang patut disyukuri. Ketika bernyanyi atau berbicara, orang lain akan merasa suara Anda enak didengar. Tak jarang, banyak orang mencari cara agar suara merdu. Akan tetapi, faktanya suara merdu tidak bisa didapatkan secara instan. Sebagai langkah awal, Anda bisa menjaga kesehatan suara dengan melakukan sejumlah hal. 

Menjaga kesehatan suara sebagai cara agar suara merdu

Suara kita dihasilkan dari getaran pita suara. Ketika pita suara bekerja terlalu keras atau bermasalah, suara kita juga bisa terganggu. Berikut adalah sejumlah cara menjaga kesehatan suara supaya suara Anda terdengar lebih baik.

1. Mempraktikkan teknik pernapasan yang baik

Teknik pernapasan tertentu dapat membuat pita suara terbebas dari tekanan sehingga dapat dijadikan cara agar suara merdu. Cobalah bernapas dalam-dalam menggunakan diafragma atau otot perut. Dengan begitu, Anda tidak akan menyimpan terlalu banyak udara di tenggorokan yang bisa membuat suara menjadi fals atau sumbang.

2. Melakukan latihan

Berlatih vokal penting untuk memiliki suara yang merdu
Bersenandung dan berlatih dari nada rendah ke nada tinggi dengan menggunakan suara vokal yang berbeda dapat membantu membentuk suara yang merdu. Anda bisa berlatih dengan guru vokal secara langsung atau secara otodidak melalui panduan yang tepat sebagai cara agar suara merdu.

3. Berhenti merokok

Tembakau, nikotin, dan bahan kimia lainnya yang dihirup dalam rokok dapat menyebabkan pita suara bengkak dan rusak sehingga suara yang dihasilkan pun serak. Kebiasaan merokok bahkan juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena kanker laring atau tenggorokan. Jika Anda ingin memiliki suara yang merdu dan terhindar dari masalah kesehatan di atas, sebaiknya berhenti merokok sesegera mungkin. Meski tidak mudah, Anda bisa mencobanya secara perlahan. Setiap kali ingin merokok, lakukan hal lain untuk mengalihkan pikiran Anda.

4. Batasi minum alkohol dan kafein

Mengonsumsi minuman beralkohol atau berkafein dapat membuat tenggorokan terasa kering dan membebani pita suara. Alhasil, bunyi suara yang Anda keluarkan pun menjadi tidak enak didengar. Supaya hal ini tidak terjadi, lebih baik jika Anda minum air putih saja. 

5. Minum air putih yang cukup

Minum air putih 8 gelas setiap hari
Bukan hanya menghidrasi tubuh dengan baik, air putih juga bisa membantu menjaga kesehatan pita suara. Minumlah air putih sekitar 8-12 gelas setiap hari agar pita suara Anda terlumasi sepenuhnya. Di samping itu, hindari mengonsumsi makanan yang digoreng karena bisa membuat suara menjadi serak.

6. Hindari berteriak berlebihan

Ketika menonton pertandingan sepak bola tim favorit, bertarung dalam game online, atau saat emosi menggebu-gebu, Anda mungkin akan sering berteriak dengan keras. Kebiasaan ini bisa menyebabkan ketegangan pada pita suara Anda, bahkan berpotensi hingga merusaknya. Tidak apa-apa jika sesekali berteriak, tapi pastikan sebentar saja dan jangan melakukannya berlebihan.

7. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan

Konsumsilah lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian karena mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, C, dan E. Berbagai makanan tersebut bisa membantu menjaga pita suara dan selaput lendir yang melapisi tenggorokan tetap sehat.

8. Hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol

Obat kumur tertentu mengandung alkohol yang jika digunakan terlalu sering bisa menyebabkan iritasi pada pita suara. Maka dari itu, hindarilah menggunakan obat kumur tersebut. Anda bisa berkumur dengan menggunakan air biasa atau larutan air garam. 

9. Hindari sering berdeham

Sering berdehem bisa melukai pita suara
Saat tenggorokan terasa gatal dan berdahak, Anda mungkin ingin sering berdeham untuk menghilangkannya. Namun, jika dilakukan terlalu sering, kebiasaan ini bisa melukai tenggorokan dan pita suara Anda sehingga suara yang dihasilkan menjadi kurang enak didengar. Oleh sebab itu, hindari melakukan kebiasaan sering berdehem.

10. Lakukan pengobatan asam lambung jika menderita GERD

Asam lambung yang naik ke tenggorokan dapat merusak pita suara sehingga membuat suara Anda menjadi serak. Selain itu, gejala asam lambung naik yang dapat terjadi, yaitu heartburn (sensasi panas di dada), mulut terasa asam atau pahit, kembung, dan sering bersendawa. Untuk mengatasi kondisi tersebut, periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga harus hindari mengonsumsi makan pedas dan berminyak karena bisa memicu kenaikan asam lambung.

Apakah suara fals bisa jadi merdu?

Tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa memiliki suara yang merdu. Akan tetapi, ingatlah bahwa hal tersebut harus dicapai dengan usaha. Anda dapat memperolehnya dengan melakukan latihan vokal secara rutin, juga selalu menjaga kesehatan suara.Dengan begitu, kemungkinan Anda untuk memiliki suara yang enak didengar pun bisa tercapai. Namun, apabila Anda merasa suara bermasalah, misalnya, serak, tidak jelas, atau bahkan hilang, sebaiknya periksakan diri ke dokter.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
suara serakpita suaragangguan pita suarahidup sehat
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/10-ways-to-save-your-voice/
Diakses pada 25 Januari 2021
NIDCD. https://www.nidcd.nih.gov/health/taking-care-your-voice
Diakses pada 25 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait