Adakah Bahaya Makan Mie Mentah? Kenali Faktanya

(0)
27 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada sejumlah bahaya makan mie mentah jika dikonsumsi secara berlebihanMakan mie mentah dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan ringan
Pernahkah Anda mendengar larangan makan mie mentah karena dianggap bisa membahayakan kesehatan?Walaupun demikian, sebagian orang gemar mengonsumsi mie mentah sebagai snack. Cara ini dilakukan dengan makan mie mentah tanpa dimasak terlebih dahulu, yaitu dengan dihancurkan dan ditambahkan bumbu sebelum dikonsumsi.Sebenarnya efek makan mie mentah tidak selalu memberikan gangguan kesehatan yang signifikan. Pada dasarnya, mie sudah melalui proses dimasak terlebih dahulu saat diproduksi dan dikemas dalam kondisi higienis.Meskipun demikian, tetap ada potensi bahaya makan mie instan mentah yang perlu diwaspadai, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Benarkah ada bahaya makan mie mentah?

Makan mie mentah langsung dari kemasannya bukanlah kebiasaan yang sehat. Meski demikian, kebiasaan ini tidak terbukti menyebabkan bahaya yang mengancam jiwa jika hanya dilakukan sesekali saja.Potensi bahaya makan mie instan mentah dapat timbul jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, terlalu sering, atau terjadi kontaminasi. Kondisi tersebut dapat meningkatkan berbagai risiko gangguan kesehatan berikut ini.

1. Mengandung zat antinutrisi

Mie mentah mengandung zat antinutrisi, seperti lektin dan asam fitat. Dalam jumlah besar, keduanya dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan usus, mengganggu kinerja enzim, serta menyebabkan peradangan.Asam fitat juga dapat mengikat mineral penting, seperti kalsium dan zat besi, sehingga membuatnya sulit diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, Jika Anda sering makan mie mentah dalam jangka panjang, Anda memiliki risiko kekurangan mineral dan berbagai gangguan kesehatan.

2. Gangguan pencernaan

Makan mie mentah juga dapat menyebabkan tubuh kesulitan dalam mencernanya. Hal ini dikarenakan pati yang dikandung mie mentah sulit dipecah sehingga sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras untuk mencernanya .Jika tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh, berikut adalah sejumlah bahaya makan mie instan mentah terkait gangguan pencernaan yang bisa terjadi.

3. Kontaminasi bakteri

Mie yang menggunakan telur dalam adonannya berpotensi mengandung bakteri salmonella. Maka dari itu, mengonsumsi mie telur mentah bisa saja meningkatkan risiko terinfeksi bakteri ini.Akan tetapi, bakteri umumnya akan mati dalam proses pengeringan mie sehingga risiko bahaya makan mie mentah berupa infeksi salmonella tergolong kecil.Selain itu, kontaminasi bakteri juga dapat terjadi ketika mie bersentuhan dengan berbagai permukaan yang membawa bakteri.Sama halnya dengan makanan lain, mie mentah dapat terkontaminasi bakteri dari konter, rak, atau permukaan lain yang bersentuhan, bahkan hingga tangan Anda. Khususnya, jika mie mengalami kebocoran atau disimpan di tempat lembap yang memudahkan tumbuhnya berbagai patogen.Jika Anda memasaknya terlebih dahulu, berbagai risiko kontaminasi ini bisa dihindari. Namun, jika Anda memakannya dalam kondisi mentah, tentunya risiko infeksi bakteri akan meningkat.

Cara mengonsumsi mie yang direkomendasikan

Makan mie mentah memang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Namun, memasak mie terlalu matang juga tidak sehat. Pasalnya, semakin lama mie dimasak, semakin banyak pati yang dapat diserap tubuh.Kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan, termasuk meningkatkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan risiko obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang.Oleh karena itu, pilihan terbaik mengonsumsi mie adalah dengan memasaknya dalam waktu yang tertera di kemasan. Anda juga bisa memasaknya setengah matang karena proses ini sudah cukup memberikan pemanasan yang dibutuhkan untuk membunuh patogen berbahaya.Produsen mie biasanya menganjurkan untuk memasak mie instan selama 3 menit. Durasi ini sudah cukup untuk menghindari risiko akibat makan mie mentah.Untuk menambahkan kandungan nutrisi, sebaiknya mie dikonsumsi dengan diberikan pelengkap yang menyehatkan. Menambahkan sayur-mayur, telur, atau potongan daging dapat membuat nutrisi mie lebih lengkap dan seimbang.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan tidak sehatbahaya mie instan
Kitchen Seer.https://kitchenseer.com/can-you-eat-raw-pasta-and-noodles/
Diakses 14 Juni 2021
Goody Feed. https://goodyfeed.com/the-facts-about-eating-uncooked-instant-noodles-its-consequences-2/
Diakses 14 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait