Adakah Bahaya Buah Mengkudu untuk Kesehatan?

(0)
29 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Bahaya buah mengkudu sebagian besar berhubungan dengan kandungan kalium di dalamnyaBuah mengkudu juga memiliki efek samping yang berbahaya
Siapa yang suka mengonsumsi buah mengkudu karena dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit? Jika Anda adalah salah satunya, apakah Anda sudah mengetahui ada bahaya buah mengkudu di balik khasiat tersebut?Buah mengkudu (Morinda citrifolia) adalah jenis buah yang bentuknya tidak beraturan, berwarna hijau, serta memiliki semacam totol di kulit luarnya. Dagingnya cukup tebal dan sering dimanfaatkan sebagai obat penurun tekanan darah, peradangan ginjal, diabetes, hingga cacar air dan disentri.Sejauh ini, khasiat buah mengkudu tersebut belum dikonfirmasi lewat penelitian mendalam. Pun pada beberapa orang, buah mengkudu sebaiknya tidak dijadikan obat alternatif karena justru dapat memunculkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Bahaya buah mengkudu bagi kesehatan

Secara umum, buah mengkudu aman jika dikonsumsi hanya sekali-sekali. Namun ketika mengkudu hendak dikonsumsi seperti obat, maka buah ini juga harus diperlakukan seperti obat, yakni ditentukan dosisnya sesuai dengan kondisi dan gejala Anda. Bila tidak, ada bahaya buah mengkudu yang akan mengintai Anda.Sejauh ini, terdapat laporan yang mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi jus buah mengkudu secara rutin setiap hari selama beberapa minggu mengalami kerusakan hati. Meski demikian, laporan tersebut tidak berani menyimpulkan bahwa kerusakan liver ini disebabkan langsung oleh mengkudu karena membutuhkan penelitian lebih lanjut.Bahaya buah mengkudu juga bisa datang dari kandungan kalium di dalamnya yang tinggi. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung mineral ini memungkinkan tubuh mengalami kelebihan kalium atau disebut hiperkalemia.Terlalu tingginya kadar kalium di dalam darah dapat memicu terjadinya serangan jantung hingga kematian. Apalagi, sebagain besar orang tidak menyadari bahwa tubuhnya mengalami hiperkalemia hingga gejala memburuk, salah satunya adalah terjadi kerusakan pada ginjal.

Kapan Anda sebaiknya tidak mengonsumsi buah mengkudu sebagai obat?

Pada beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu, bahaya buah mengkudu tidak main-main. Kecuali dengan persetujuan dokter, Anda sebaiknya tidak mencoba mengonsumsi buah mengkudu jika berada dalam kondisi sebagai berikut:

1. Memiliki masalah pada ginjal

Seperti disebutkan di atas, tingginya kandungan kalium di dalam buah mengkudu dapat memperberat kerja ginjal sehingga bisa sampai mengakibatkan kerusakan pada organ tersebut.

2. Memiliki masalah pada organ hati

Pun telah disebutkan di atas, minum jus atau olahan buah mengkudu secara rutin mungkin dapat mengakibatkan kerusakan hati. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi buah mengkudu bila tengah mengonsumsi obat penyakit hati.

3. Sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah

Beberapa obat penurun tekanan darah dapat sekaligus meningkatkan kadar kalium di dalam darah. Dengan kata lain, menambah dosis kalium lewat konsumsi jus mengkudu hanya akan membuat tubuh Anda kelebihan kalium.

4. Mengonsumsi obat lainnya

Bahaya buah mengkudu juga bisa hadir ketika Anda mengonsumsi obat lainnya, seperti warfarin. Obat ini ditujukan untuk memperlambat penggumpalan darah, namun konsumsi buah mengkudu berpotensi menurunkan efektivitas obat tersebut.Buah mengkudu juga harus dihindari saat Anda tengah mengonsumsi obat yang bersifat diuretik. Obat ini pun biasanya menghasilkan sejumlah kalium yang dilepas ke tubuh sehingga konsumsi buah mengkudu hanya akan menambah tingginya kadar kalium  di dalam darah.Cara paling aman untuk menghindari bahaya buah mengkudu adalah mengonsumsinya secara wajar saja. Bila Anda ingin menjadikannya sebagai obat alternatif, bicarakan dengan dokter yang menangani Anda.
buah dan sayuran
Farmasi UGM. https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/en/?page_id=389
Diakses pada 14 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-758/noni
Diakses pada 14 Juli 2020
American Kidney Fund. https://www.kidneyfund.org/kidney-disease/chronic-kidney-disease-ckd/complications/high-potassium-hyperkalemia.html
Diakses pada 14 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait