Acai Berry, Buah Asli Amerika Selatan yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Acai berry memiliki banyak manfaat, salah satunya menurunkan berat badan.
Acai berry, buah asal Amerika Selatan yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Acai berry adalah buah yang mirip seperti anggur. Memiliki warna gelap, buah ini berasal dari tumbuhan acai. Tumbuhan ini banyak dijumpai di Amerika Selatan, khususnya negara Brazil.

Di dalam dunia medis, acai berry dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Bagi Anda yang masih asing dengannya, jangan sampai melewatkan manfaat kesehatan acai berry ini.

Acai berry dan berbagai manfaatnya

Walaupun berasal dari Brazil, akhir-akhir ini acai berry menjadi populer di kalangan masyarakat dunia. Tak lain dan tak bukan karena manfaat kesehatannya.

Buah berwarna ungu gelap ini kaya akan nutrisi dan berpotensi membawa manfaat kesehatan untuk tubuh. Mari kenali acai berry dan sederat manfaatnya.

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Sampai saat ini, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit kognitif seperti Alzheimer dan Parkinson. Namun, penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan bisa menurunkan risiko berbagai penyakit kognitif.

Acai berry memiliki antioksidan bernama antosianin, yang bisa meredakan stres oksidatif dan peradangan, sehingga menyehatkan otak.

Selain itu, antosianin yang dikandung acai berry juga bisa meningkatkan kemampuan mengingat. Sebab, antosianin mampu melancarkan aliran darah ke otak.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Acai berry
Acai berry

Satu studi menemukan, mengonsumsi makanan yang mengandung antosianin, seperti acai berry, bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 32%, pada remaja wanita dan lanjut usia.

Serat dan lemak baik yang dikandung acai berry juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, lemak baik inilah yang meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

3. Mencegah kanker

Walaupun mekanisme antosianin dalam mencegah kanker masih dipertanyakan, tapi antioksidan yang dikandung acai berry ini dipercaya bisa mencegah kanker, lho.

Dalam sebuah riset, antosianin dipercaya dapat:

  • Berperan sebagai antioksidan
  • Mengaktivasi enzim detoksifikasi
  • Mencegah proliferasi atau perkembangan sel kanker
  • Menginduksi kematian sel kanker
  • Memiliki efek antiperadangan
  • Menghambat pertumbuhan tumor
  • Mencegah datangnya sel kanker

Namun sayangnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat acai berry dan kandungan antosianin-nya dalam mencegah kanker.

4. Meningkatkan performa atlet

Dalam sebuah studi, para atlet yang mengonsumsi jus acai berry selama 6 minggu, memang tidak menemukan perbedaan dalam performanya.

Namun, acai berry seringkali dikaitkan dengan peningkatan aktivitas antioksidan dalam plasma darah, membaiknya profil lipid serum, dan mencegah cedera otot yang bisa meningkatkan performa atlet.

5. Kaya akan nutrisi

Acai berry
Acai berry

Acai berry adalah buah yang kaya akan nutrisi. Uniknya, tidak seperti buah-buahan pada umumnya, acai berry mengandung lemak tinggi tapi rendah gula.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi acai berry sebagai buah yang menyehatkan tubuh.

  • Kalori: 70
  • Lemak: 5 gram
  • Lemak jenuh: 1,5 gram
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Gula: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin A: 15% dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Kalsium: 2% dari RAH

Menurut sebuah riset dari negara Venezuela, acai berry juga mengandung berbagai macam zat mineral seperti zat besi, zinc, mangan, magnesium, kalium, dan fosfor.

Anda bisa menjuampai acai berry dalam bentuk kering, segar, jus, beku, hingga pil. Sebelum mengonsumsinya, konsultasikanlah dulu pada dokter. Apalagi kalau Anda “tergiur” dengan “janji manis” pil acai berry yang katanya bisa menurunkan berat badan.

Catatan dari SehatQ:

Walaupun acai berry dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan, jangan sekali-kali “memujanya” berlebihan, apalagi menggantungkan diri pada acai berry untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Sebab, penelitian terhadap acai berry masih terbatas, dan dibutuhkan lebih banyak riset berskala besar yang melibatkan manusia sebagai subjeknya untuk membuktikan manfaat kesehatan buah tersebut.

Selain itu, saat Anda membeli acai berry, pastikan tidak ada bahan tambahan seperti gula, yang malah bisa membuat manfaat acai berry jadi tidak maksimal.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-acai-berries
Diakses pada 25 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/305576#health-benefits
Diakses pada 25 April 2020

Artikel Terkait